TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

5 Tips Menciptakan Dapur Fungsional ala Didiet Maulana

Menurut Didiet Maulana menentukan konsep sebelum menciptakan dapur impian perlu dilakukan

Instagram.com/didietmaulana

Menciptakan dapur impian memang menjadi dambaan banyak orang, terutama bagi yang gemar memasak. Desainer terkenal Didiet Maulana membagikan pandangannya tentang cara merancang dapur yang fungsional dan estetis.

"Kalau aku pengin sesuatu yang warm, karena sebenarnya aku juga suka masak, jadi buat aku dapur itu adalah tempat untuk menghilang sejenak dari kerjaan. Nah, jadi di dapur itu biasanya sesuatu yang hangat dengan warna netral," jelas Didiet.

Dalam wawancara bersama Didiet Maulana pada acara kolaborasinya dengan SMEG di Indonesia Design District, Selasa (15/10/2024), Didiet memberikan beberapa tips praktis untuk merancang dapur yang nyaman. Tips tersebut membantu menciptakan dapur yang sesuai dengan kebutuhan memasak.

Berikut ini Popmama.com telah merangkum terkait tips menciptakan dapur fungsional ala Didiet Maulana secara lebih detail.

Yuk, disimak informasinya!

Deretan Tips Menciptakan Dapur Fungsional ala Didiet Maulana

1. Buat rencana dan tentukan konsep sebelum menciptakan dapur impian

Freepik

Langkah awal untuk menciptakan dapur impian, yakni dengan menetapkan suasana yang ingin dihadirkan. Didiet Maulana menekankan pentingnya memahami suasana hati yang diinginkan di dapur, seperti kehangatan dan kenyamanan saat memasak.

"Oke, tips kalau buat aku, ya, dapur impian adalah kita harus mengumpulkan mood seperti apa yang diinginkan untuk dapur kita," ucap Didiet.

Menentukan mood bisa membantu fokus dalam pemilihan elemen dekorasi. Misalnya, palet warna netral seperti beige atau cokelat muda bisa dijadikan dasar, dengan tambahan aksesori berwarna cerah sebagai aksen.

Pertimbangkan juga warna yang dapat memberikan kesan luas, namun tetap menyesuaikan dengan preferensi warna masing-masing.

2. Sesuaikan dengan kebiasaan memasak

Freepik

"Kemudian adalah dengan melihat bagaimana kebiasaan kita dalam memasak. Jadi jangan mengadaptasi dapur orang lain ke kita. Kita masaknya seperti apa dan jenis masakan seperti apa yang kita masak," ucap Didiet Maulana. 

Tips kedua tentang pentingnya menyesuaikan desain dapur dengan kebiasaan memasak. Didiet menekankan pentingnya tidak meniru desain dapur orang lain karena setiap orang memiliki cara memasak yang berbeda.

"Kalau masakan Indonesia, sudah pasti akan banyak sekali repah-rempah, ngulek, dan segala macam. Jadi dapur itu harus benar-benar disesuaikan sesuai dengan kebutuhan," jelas Didiet.

Memahami kebiasaan memasak juga membantu menentukan tata letak dapur. Jika sering menggunakan banyak alat masak, misalnya area kerja yang luas sangat penting untuk memastikan semua peralatan mudah diakses. Tujuannya agar tidak mengganggu proses memasak.

3. Atur pencahayaan dan sirkulasi udara yang baik

Freepik

Pencahayaan menjadi elemen penting dalam desain dapur, menurut Didiet Maulana. Pencahayaan yang tepat tidak hanya memperindah dapur, tetapi juga mempermudah aktivitas memasak dengan memastikan area kerja seperti kompor dan meja pemotongan cukup terang.

Selain pencahayaan utama, Didiet menyarankan penggunaan lampu aksen untuk menyoroti elemen dekoratif tertentu. Ventilasi juga harus diperhatikan agar udara di dapur tetap segar dan tidak lembap selama memasak.

"Nah, selanjutnya yang penting buat aku adalah pencahayaan. Lighting itu penting banget, karena untuk masakan dan segala macam kita butuh penerangan yang cukup, jadi lighting itu penting dan juga sistem ventilasi," jelas Didiet.

4. Kelengkapan peralatan memasak dengan memperhatikan elemen fungsional dan visual

Freepik

Kelengkapan peralatan memasak adalah kunci dalam menciptakan dapur yang fungsional. Didiet Maulana menekankan pentingnya memilih peralatan yang tidak hanya memenuhi kebutuhan memasak, tetapi juga menarik secara visual.

"Kemudian juga adalah kelengkapan peralatan yang ada di sana untuk memasak, mulai dari kulkas, kompor, microwave, air fryer, dan segala macam, itu benar-benar harus. Yang pertama adalah fungsional, kemudian yang kedua adalah kalau buat aku secara visual harus menarik, karena semuanya harus cantik," ucap Didiet.

Organisasi peralatan juga perlu diperhatikan agar mudah diakses. Rak atau lemari penyimpanan dapat membantu menjaga kebersihan dan kerapihan, sehingga menciptakan lingkungan dapur yang nyaman.

"Terakhir yang penting adalah bisa terorganisasi, dengan baik, misalnya sendok-sendok, piring, garpu, semuanya segala macam, tersusun rapih gitu," jelas Didiet.

5. Desain modern dengan nuansa hangat

Freepik

"Nah, jadi kalau dari desain, aku pengin sesuatu yang mungkin modern ya tapi nggak terlalu minimalis karena aku orangnya juga. Istilahnya nggak terlalu minimalis banget gitu, jadi aku senang yang warm dan yang modern," ucap Didiet.

Didiet Maulana merekomendasikan desain modern yang tetap mempertahankan nuansa hangat di dapur. Elemen kayu atau bahan alami dengan warna netral dan aksen hangat dapat menciptakan suasana yang nyaman.

"Kemudian buat aku adalah pemilihan peralatan masak itu penting banget, mulai dari piring, alat sajinya seperti apa, dan segala macam. Itu secara visual bisa indah dipandang," jelas Didiet.

Pemilihan alat masak dan perabotan sebaiknya memperhatikan fungsi dan estetika, serta kenyamanan penggunaannya. Ini akan membuat dapur lebih menyenangkan untuk digunakan sehari-hari.

Itulah rangkuman terkait tips menciptakan dapur fungsional ala Didiet Maulana. Apakah Mama siap menciptakan dapur impian sendiri? Semoga informas di atas dapat membantu ya, Ma.

Baca juga:

The Latest