TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

7 Tips Menciptakan Ruang Tamu Minimalis Modern Bergaya Japandi

Mengusung desain Japandi, begini tips menciptakan ruang tamu minimalis

Dok. Dekoruma

Dekoruma, salah satu pelopor dalam industri home and living di Indonesia, baru merayakan ulang tahun ke-9, terus menghadirkan inspirasi desain interior modern dan fungsional. Salah satu tren yang semakin diminati adalah gaya Japandi, yang menggabungkan kesederhanaan desain Jepang dengan kehangatan gaya Skandinavia.

Dalam wawancara pada acara ulang tahun ke-9 di Dekoruma Bintaro Xchange, Jumat (11/10/2024), Salsabila Sephia dan Cliolita Azizahra, timinterior design Dekoruma, membagikan tips menciptakan ruang tamu minimalis yang harmonis dan menenangkan ala Japandi.

Dalam desain ruang tamu minimalis modern, Japandi menjadi pilihan tepat karena memadukan elemen estetika yang bersih dengan fungsi yang efisien. Penggunaan warna netral, material alami, dan perabotan yang sederhana namun elegan memberikan kesan hangat dan nyaman tanpa kehilangan karakter minimalis.

Berikut ini Popmama.com telah merangkum terkait deretan tips menciptakan ruang tamu minimalis modern bergaya Japandi secara lebih detail.

Yuk, disimak tipsnya!

Deretan Tips Menciptakan Ruang Tamu Minimalis Modern Bergaya Japandi

1. Kombinasi warna cerah dan gelap

Dok. Dekoruma

"Minimalis ya, warna cerah. Itu juga kayu didampingin sama warna yang agak gelap. Untuk warnanya sih, biasanya kayu dipadu dengan warna lain," ucap Cliolita.

Warna cerah pada dinding sangat cocok untuk ruang tamu minimalis karena menciptakan ilusi ruang yang lebih luas. Memadukan warna dinding cerah dengan furnitur kayu gelap menciptakan kontras yang menarik serta modern. 

Pilihan furnitur sederhana akan menjaga keseimbangan desain tanpa mengganggu harmoni visual. Ini membantu mempertahankan suasana segar dan teratur di ruang tamu.

2. Pilih furnitur kayu dari jenis yang sama

Instagram.com/dekoruma

"Mungkin di satu ruangan lebih baik satu jenis kayu aja sih biar nggak nabrak gitu. Atau tone-nya tuh yang sama gitu. Misalkan kayu warna cerah, itu nanti ya dipasanginnya sama," jelas Salsabila.

Menggunakan furnitur dari jenis kayu yang sama menjaga kesatuan dalam desain. Ini menghindari tampilan yang tidak selaras di antara berbagai elemen dekorasi. 

Konsistensi tone kayu memberikan harmoni visual yang membuat ruang tamu terlihat lebih teratur dan elegan. Penerapan ini juga membantu menciptakan suasana yang lebih nyaman dan rapi.

3. Pertimbangkan lantai kayu atau vinyl

Freepik/kjpargeter

Lantai kayu dapat memberikan sentuhan alami dan kehangatan pada ruang tamu. Meskipun lebih umum digunakan di kamar tidur, tekstur kayu yang natural cocok untuk menciptakan suasana nyaman. 

“Kalau lantai kayu biasanya digunakan di kamar sih emang, tapi ruang tamu juga oke. Sebenarnya tergantung keseluruhan ruangnya juga. Kembali lagi dilihat kalau dipakaiin kayu gini cocok atau nggak,” ucap Salsabila

Pemilihan jenis kayu yang tepat penting untuk menjaga tampilan tetap sederhana dan tidak berlebihan. Ini akan memperkuat nuansa minimalis tanpa mengorbankan estetika ruangan.

Walau demikian, pemilihan lantai tidak terpaku pada pemilihan kayu, melainkan sesuai dengan preferensi masing-masing.

4. Manfaatkan cermin untuk menciptakan ilusi ruangan lebih luas

Pixabay/Lisaphotos195

Cermin adalah trik efektif untuk membuat ruang kecil terasa lebih luas. Penempatan cermin dengan tepat akan memantulkan cahaya, menciptakan ilusi kedalaman dan ruang terbuka. 

Selain fungsional, cermin juga menambah nilai estetika di ruang tamu. Dengan refleksi yang baik, cermin membantu memperluas pandangan tanpa menambah elemen yang mengurangi kesederhanaan.

"Untuk cermin bisa buat ruangnya jadi lebih luas. Kalau untuk ruang tamu juga bisa. Sebenarnya di mana cerminnya jadi aksen aja," jelas Cliolita.

5. Pemilihan cahaya warm yang lebih cocok untuk ruang tamu minimalis

Freepik

"Kalau kayak ruang tamu, warm white lebih cocok ya. Baru ruang tidur itu ada kekuningannya, karena orang istirahat kan di tempat tidur. Jadi warm white lebih cocok untuk ruang tamu," ucap Cliolita.

Cahaya yang tepat dapat menciptakan suasana yang sesuai dengan fungsi setiap ruangan. Untuk ruang tamu, cahaya warm white memberikan kehangatan dan kenyamanan yang cocok untuk area berkumpul.

"Kalau misalkan di ruangan lebih cozy gitu ya, kita biasanya pakai warna warm white. Cuma kalau misalkan warna putih itu biasanya buat di dapur. Soalnya di dapur kan kita kan masak. Supaya warnanya tuh nggak kabur gitu, warna putih biasanya buat lebih fokus. Di ruangan yang kaya bekerja, ruang kerja, ruang dapur," jelas Salsabila.

Sedangkan di ruangan lain, seperti dapur atau ruang kerja, cahaya putih lebih baik karena dapat meningkatkan produktivitas. Dengan pencahayaan yang sesuai, setiap ruangan memiliki suasana yang mendukung fungsinya.

6. Pilih pencahayaan yang tepat

Freepik/mrsiraphol

Pencahayaan LED spotlight memberikan kesan minimalis yang kuat sekaligus hemat energi. Dengan menyorot area tertentu, seperti karya seni, cahaya ini menambah dimensi tanpa membuat ruangan terasa penuh. 

"Kalau minimalis itu basanya kita pakai spotlight gitu sih. Kita jarang pakai yang lampu gantung yang kayak lampu hias gitu. Itu kita jarang sih jadi kalau minimalis itu sebenarnya kita lebih mainin kayak spotlight atau LED strip di ceiling itu kita juga bisa maininkan. Jadi lebih kayak gitu yang kesannya tuh kayak hidup gitu," ucap Salsabila.

Selain itu, pemasangan LED strip di langit-langit bisa memberikan nuansa modern. Teknik ini menciptakan suasana elegan tanpa mengorbankan kesederhanaan desain minimalis.

7. Gunakan furnitur multifungsi untuk menciptakan ruang tamu minimalis

Freepik/kjpargeter

Furnitur multifungsi adalah solusi praktis di ruang yang terbatas. Perabotan yang bisa berfungsi ganda, seperti meja dengan penyimpanan tambahan, menghemat ruang sekaligus meningkatkan fungsionalitas. 

Memaksimalkan penggunaan furnitur semacam ini tidak hanya memberikan lebih banyak ruang, tetapi juga membuat ruangan tetap rapi dan teratur. Ini memungkinkan ruang tamu menjadi lebih fleksibel dan efisien.

"Minimalis itu artinnya lebih kayak bentuk-bentuk yang simpel-simpel, kayak minimalis. Jadi untuk space saving, kayak tempat tidur bawahnya bisa jadi raknya juga. Jadi space saving ini bisa menaruh storage yang lebih banyak di ruangan yang kecil. Karena zaman sekarang ruangan juga gak terlalu besar. Jadi mereka emang butuh furnitur yang fungsional bisa dua fungsi," jelas Cliolita. 

Itulah rangkuman terkait deretan tips menciptakan ruang tamu minimalis modern bergaya Japandi. Semoga informasi di atas dapat membantu memberikan inspirasi dalam menciptakan ruang tamu minimalis modern ya, Ma.

Baca juga:

The Latest