TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

7 Warna Cat Terburuk untuk Rumah Kecil yang Perlu Dihindari

Beberapa warna cat dinilai dapat membuat rumah terlihat lebih kecil dan sumpek

Freepik/rawpixel.com

Memilih warna cat untuk rumah kecil bukanlah perkara mudah. Dengan memilih warna cat yang tepat dapat memberikan ilusi ruang lebih luas, menciptakan suasana nyaman, dan meningkatkan estetika keseluruhan. 

Namun, nyatanya ada beberapa warna yang justru bisa memberikan efek sebaliknya. Pasalnya, warna-warna tertentu dapat membuat ruangan terasa lebih sempit, suram, atau bahkan membuat suasana rumah menjadi tidak nyaman.

Dengan mengetahui warna-warna kurang tepat, kamu dapat membuat pilihan lebih bijak untuk menciptakan rumah kecil yang tampak lebih luas dan menarik. 

Berikut Popmama.com siap membahas deretan warna cat terburuk untuk rumah kecil secara lebih detail. 

Kumpulan Warna Cat Terburuk untuk Rumah Kecil yang Perlu Dihindari

1. Warna gelap seperti hitam

Popmama.com/Sania Chandra Acara Pembukaan Dulux Experience Store di Jakarta Barat, Kamis (6/6/2024)

Bagi kamu pemilik rumah kecil, disarankan untuk menghindari warna cat dinding hitam. Pasalnya, warna gelap seperti hitam dapat memberikan kesan pengap pada bagian dalam rumah.

Sebagai gantinya, kamu tetap bisa menggunakan warna hitam, namun hanya berupa sentuhan atau aksen semata. Bukan sebagai warna utama bagian dalam rumah. 

“Pastinya perlu menghindari warna gelap ya. Sebenarnya, warna gelap itu bagus, cuman gunakannya untuk sentuhan saja, sebagai aksen. Misalnya, warna putih atau pink, bisa aksennya hitam,” kata Niluh Putu Ayu Setiawati, Head of Marketing PT ICI Paints Indonesia (AkzoNobel Decorative Paints Indonesia) saat ditemui di acara pembukaan Dulux Experience Store di kawasan Jakarta Barat, Kamis (6/6/2024). 

2. Putih terang

Unsplash/Derick McKinney

Melansir dari laman The Good Painter, ternyata mendekorasi rumah mungil dengan cat dinding putih bukanlah ide yang bagus. Sebab, warna putih cenderung dapat membuat ruangan terlihat membosankan dan sudut lebih terlihat.

Selain itu, warna putih secara tidak langsung dapat menimbulkan perasaan gelisah akibat pengalaman berada di rumah sakit dalam waktu lama. Jika kamu benar-benar menyukai warna satu ini, solusi terbaiknya adalah menggunakan putih sebagai warna aksen saja. 

3. Merah

Freepik/wuttichai1983

Warna merah dapat membuat ruangan kecil di dalam rumah tampak begitu berlebihan, sehingga berujung membuat area rumah terasa tidak menyenangkan dan tidak nyaman. 

Merah juga sering kali menyebabkan sakit kepala dan membuat ruangan terlihat lebih kecil. Merah adalah warna cerah, lebih disarankan untuk menghadirkannya lewat dekorasi atau pajangan yang digunakan.

4. Oranye cerah dan kuning

Freepik/wuttichai1983

Banyak yang tidak menyadari bahwa warna-warna terang cenderung dapat mengalihkan perhatian kita dari furnitur atau dekorasi di rumah. 

Meski warna oranye dan kuning kerap diterapkan untuk kamar anak, namun di ruangan kecil warna tersebut dapat menyebabkan kelelahan dan mata tegang. Dua warna ini juga membuat kamu sulit mencari dekorasi pelengkap. 

Selain itu, warna kuning biasanya digunakan sebagai alat pemasaran pada saat mengecat sebuah dekorasi restoran cepat saji karena dipercaya dapat membuat orang merasa lapar.

5. Warna kekinian yang tidak sesuai dengan selera pemilik rumah

Freepik/wuttichai1983

Sudah sepatutnya rumah harus mencerminkan kepribadian dan selaras dengan selera pemiliknya. Melihat gambar interior di internet terkadang dapat terasa membingungkan, karena sulit untuk mengetahui apakah kamu benar-benar menyukainya atau tidak. 

Tren berubah dengan cepat, maka dari itu ada baiknya pilih warna yang sesuai dengan selera alih-alih hanya mengikuti tren semata. Bagaimana pun, warna yang tidak sesuai dengan pilihanmu akan membuat suasana rumah terasa tidak nyaman. 

6. Ungu gelap

Freepik

Warna ungu gelap cenderung memberikan nuansa yang berat dan bisa membuat ruangan kecil terasa lebih sempit serta tertutup. Dinding yang dicat dengan ungu gelap sulit dipadukan dengan berbagai jenis dekorasi dan furnitur.

Selain itu, pencahayaan alami sering kali tidak cukup untuk menerangi ruangan yang dicat dengan warna ungu gelap. Ini berarti kamu perlu menambahkan lebih banyak pencahayaan buatan. 

7. Hijau zaitun

Unsplash/Nick Collins

Hijau zaitun memiliki warna yang cenderung kusam dan gelap. Di rumah kecil, warna ini bisa membuat ruangan terasa lebih tertutup dan kurang cerah. Mirip dengan warna gelap lainnya, hijau zaitun menyerap lebih banyak cahaya daripada memantulkannya.

Hal tersebut dapat membuat ruangan kecil terlihat lebih suram dan sempit. Warna ini juga tidak mudah dipadukan dengan berbagai jenis dekorasi dan furnitur, yang berujung dapat membatasi kamu dalam mendekorasi rumah. 

Nah, itu dia beberapa warna cat terburuk untuk rumah kecil. Kira-kira warna mana yang paling ingin kamu hindari dalam pewarnaan cat rumah?

Baca juga:

The Latest