TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

7 Fakta Keluarga Habib Rizieq Shihab, Keturunan Si Pitung

Selain miliki garis keturunan Nabi Muhammad SAW, ia juga keturunan Si Pitung

Islamic Brotherhood Television | IBTV

Habib Rizieq atau Muhammad Rizieq bin Hussein Shihab merupakan seorang tokoh Islam Indonesia yang dikenal sebagai pemimpin organisasi Front Pembela Islam (FPI). Laki-laki kelahiran 24 Augsuts 1965 ini merupakan anak Hussein Shihab dan Syarifah Sidah Alatas.

Sejak papanya wafat, Habib Rizieq yang masih berusia 11 bulan hanya diasuh oleh mamanya. Meskipun demikian, ia mendapatkan bimbingan dari mamanya dan ustaz di masjid tempatnya mengaji. 

Habib Rizieq juga telah membina keluarga kecilnya sendiri pasca menikah dengan Syarifah Fadlun. Dari pernikahannya itu, mereka dikaruniai 6 anak perempuan dan 1 anak laki-laki.

Berikut ini Popmama.com sajikan informasi mengenai fakta keluarga Habib Rizieq selengkapnya yang diperoleh dari sejumlah sumber.

Disimak yuk, Ma!

1. Lahir dari orangtua Betawi keturunan Hadhrami

Dok. Islamic Brotherhood Television | IBTV

Muhammad Rizieq bin Hussein Shihab lahir di Jakarta pada 24 Agustus 1965. Ia lahir sebagai anak bungsu dari lima bersaudara dari pasangan Habib Hussein bin Muhammad Shihab dan Syarifah Sidah Alatas.

Kedua orangtua Habib Rizieq merupakan orang Betawi keturunan Hadhrami, sekelompok penduduk nomaden yang berasal dari wilayah Hadhramaut, Yaman. 

2. Hussein Shihab wafat saat usia Habib Rizieq 11 bulan

Youtube.com/Islamic Brotherhood Television | IBTV

Hussein Shihab meninggal dunia pada 1966 ketika usianya 46 tahun. Saat papanya meninggal, Habib Rizieq saat itu baru berusia 11 bulan sehingga ia merasakan figur seorang papa hanya sebentar. 

Meskipun demikian, Syarifah Sidah Alatas mengambil peran sebagai mama sekaligus sebagai papa. Ia bekerja sebagai penjahit pakaian serta perias pengantin dan sangat memantau pendidikan Muhammad Rizieq Shihab dan empat anak lainnya. 

3. Papanya Habib Rizieq pendiri Gerakan Pandu Arab

Dok. Islamic Brotherhood Television | IBTV

Papanya Habib Rizieq, Habib Hussein bin Muhammad bin Hussein bin Abdullah bin Hussein bin Muhammad Shaikh bin Muhammad Shihab lahir sekitar 1920. Ia adalah seorang pendiri gerakan Pandu Arab Indonesia yang didirikan bersama rekannya pada 1937.

Pandu Arab Indonesia adalah sebuah perkumpulan kepanduan yang didirikan oleh Indonesia berketurunan Arab yang berada di Jakarta, yang kemudian berganti nama menjadi Pandu Islam Indonesia (PII).

4. Habib Rizieq juga miliki garis keturunan dari Si Pitung

Dok. Istimewa

Habib Rizieq miliki garis keturunan dari legenda tanah Betawi, Si Pitung yang merujuk pada asal usul kakek dan neneknya. 

Kakek Habib Rizieq yakni Muhammad Shihab, punya delman bertrayek dari Tanah Abang ke Kebayoran Lama yang dikisahkan diganggu oleh preman yang mengaku anak buah Si Pitung.

Kemudian Muhammad Shihab menemui Si Pitung yang merasa tak terima karena usahanya diganggu oleh preman yang mengaku sebagai anak buah Si Pitung. 

Rupanya, dari pertemuan itu justru membuat dua tokoh Betawi tersebut menjadi akrab. Akhirnya Muhammad Shihab dinikahkan dengan keponakan Si Pitung dari Kebon Nanas.

5. Salah satu keturunan Nabi Muhammad SAW

Youtube.com/Islamic Brotherhood Television | IBTV

Kebenaran mengenai Habib Rizieq sebagai keturunan Nabi Muhammad SAW sempat diperbincangkan oleh sejumlah pihak.

Ketua Lembaga Pencatatan Nasab Maktab Daimi Rabithah Alawiyah, Ustaz Alatas membenarkan bahwa Habib Rizieq adalah keturunan Rasulullah yang ke-39. 

Berdasarkan nasabnya, Habib Rizieq merupakan keturunan Nabi Muhammad dari marga atau kabilah Shihab. Terkait dengan silsilah ini bisa diketahui dari dokumen Maktab Daimi Rabithah Alawiyah yang diterbitkan 8 September 2003 dengan nomor ID nasav 19176.

6. Dikaruniai tujuh anak dari pernikahannya dengan Syarifah Fadlun

Dok. Istimewa

Rizieq Shihab dikenal sebagai Habib atau Sayyid dengan klan Shihab yang merujuk pada Shihabuddin Aal bin Syech yang silsilahnya bisa ditelusuri sampai Sayyidina Ali bin Abi Talib melalui Imam Ahmad al-Muhajir.

Sementara itu, istrinya yang bernama Syarifah Fadlun juga berasal dari keluarga Sayyid dari klan Aal bin Yahya. Habib Rizieq mempersunting Syarifah Fadlun pada 11 September 1987. 

Dari pernikahannya tersebut, Habib Rizieq dikaruniai enam anak perempuan dan satu anak laki-laki, antara lain Rufaidah Shihab, Humaira Shihab, Zulfa Shihab, Syarifah Najwa Shihab, Mumtaz Shihab, Fairuz Shihab, dan Zahra Shihab.

Di antara mereka juga ada yang sudah membangun rumah tangganya sendiri, salah satunya Syarifah Najwa Shihab yang menikah pada 2020 lalu. 

7. Istri Habib Rizieq meninggal dunia pada 16 Desember 2023

Dok. Istimewa

Habib Rizieq kehilangan sosok yang telah mendampinginya selama kurang lebih 36 tahun yakni Syarifah Fadlun. Syarifah Fadlun meninggal dunia pada Sabtu, 16 Desember 2023 sekitar pukul 15.00 WIB. 

Sepanjang hidupnya, Syarifah Fadlun adalah sosok istri yang taat dan setia pada suaminya. 

Diketahui Syarifah mengidap sejumlah penyakit, sehingga kepergiannya itu terjadi usai ia mengalami komplikasi. Sakit yang dialami Syrifah Fadlun disebut-sebut sudah terjadi sejak 2022 lalu. 

Habib Rizieq senantiasa menemani istrinya yang saat itu terbaring lemah, meskipun saat itu ia masih berstatus jadi tahanan kota usai berhasil bebas bersyarat. Almarhumah Syarifah Fadlun dikebumikan di Markas Syariah, Megamendung, Bogor, pada 17 Desember 2023.

Demikian rangkuman mengenai fakta keluarga Habib Rizieq yang didapat melalui sejumlah sumber. Dengan sejumlah fakta ini kamu bisa mengenal sosok keluarga Habib Rizieq lebih dalam. 

Baca juga:

The Latest