TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

8 Kisah Cinta yang Diangkat ke dalam Film Indonesia

Film kisah cinta nyata ini memberikan inspirasi tersendiri bagi setiap pasangan

imdb.com

Ada berbagai kisah cinta yang dialami oleh setiap pasangan. Tak jarang kisah cinta yang pernah dialami oleh beberapa pasangan diketahui publik hingga berhasil dijadikan tayangan dalam bentuk film. 

Dengan begitu, film tak hanya bisa dijadikan sebagai hiburan, tetapi juga bisa menjadi pembelajaran kepada penonton jika di dalamnya mengandung kisah yang inspiratif. Salah satunya ialah kisah cinta yang diangkat ke dalam film Indonesia berikut ini. 

Kali ini Popmama.com telah merangkum secara detail beberapa kisah cinta yang diangkat ke dalam film Indonesia.

Yuk, simak film Indonesia yang ceritanya diangkat dari kisah nyata!

1. Kisah cinta B.J. Habibie dan Ainun menjadi film 'Habibie & Ainun'

imdb.com

Kisah cinta mantan presiden ketiga Indonesia yakni Bacharuddin Jusuf Habibie dan istrinya Hasri Ainun Besari berhasil diangkat menjadi film. Film produksi Manoj Punjabi tersebut menggambarkan kisah cinta Habibie dan Ainun semasa muda hingga menua bersama. 

Film 'Habibie & Ainun' ini diperankan oleh aktor Indonesia ternama, seperti Reza Rahadian, Bunga Citra Lestari, dan Maudy Ayunda sebagai Ainun muda. Mendapatkan ulasan yang positif, film ini dibuat hingga tiga sekuel.

2. Kisah cinta Fira dan Hafez menjadi film 'Cinta Selamanya'

imdb.com

Film yang diadopsi dari novel berjudul 'Fira & Hafez' ini berkisah tentang perjalanan cinta Fira Basuki yang dikenal sebagai penulis novel. 'Cinta Selamanya' mengisahkan perjalanan Fira bertemu dengan suami keduanya yang bernama Hafez. 

Kisah cinta yang dikemas dalam bentuk film oleh Fajar Nugros memberikan kepercayaan kepada penonton kalau cinta sejati dan selamanya benar adanya. 

Film ini diperankan oleh sepasang suami istri dari kalangan artis yakni Rio Dewanto dan Atiqah Hasiholan.

3. Kisah cinta Merry Riana dan Alva menjadi film 'Merry Riana: Mimpi Sejuta Dolar'

imdb.com

Motivator perempuan Merry Riana berhasil menjadikan perjalanan kesuksesannya menjadi sebuah film. Pada film 'Merry Riana: Mimpi Sejuta Dolar' menceritakan perjuangan Merry di negara Singapura seorang diri, tepat pada kerusuhan Mei 1998. 

Di samping menempuh kesuksesan di negara tetangga, Merry Riana bertemu dengan sosok Alva yang kemudian menjadi temannya. Tak disangka, hubungan pertemanan Merry Riana dan Alva berlanjut hingga keduanya menikah.

Merry Riana dalam film diperankan oleh Chelsea Islan, sedangkan Alva diperankan oleh Rio Dewanto.

4. Kisah cinta dokter Gia dan Syafira menjadi film '#BerhentiDiKamu'

imdb.com

Kisah cinta dokter Gia yang bisa dibilang menyedihkan dituangkan olehnya melalui Twitter. Dengan susunan yang detail dan rapi, dokter Gia menceritakan kesedihannya saat putus dengan sang kekasih sampai menemukan tambatan hati lagi yang menjadi jodohnya. 

Perjalanan cinta tersebut menarik perhatian Indra Gunawan sebagai sutradara, sehingga dia menggarap cerita tersebut menjadi sebuah film dengan judul '#BerhentiDiKamu'.

Kisah cinta mereka diperankan oleh sepasang suami istri dari kalangan artis yakni Roger Danuarta dan Cut Meyriska.

5. Kisah cinta Ditto Percussion dan Ayudia menjadi film 'Teman Tapi Menikah'

imdb.com

Kisah cinta pasangan Ditto dan Ayudia berawal dari persahabatan semasa remaja. Awalnya mereka menuliskannya dalam bentuk buku, namun selanjutnya kisah mereka diangkat ke dalam film dengan judul 'Teman Tapi Menikah'.

Film tersebut terbagi menjadi dua sekuel dengan kisah yang berbeda. Pada sekuel pertama menceritakan hubungan Ditto dan Ayu yang berawal dari teman hingga menikah. 

Pada sekuel kedua menceritakan drama kehidupan Ditto dan Ayudia sebagai pengantin baru yang menanti kehadiran anak pertama. Film ini diperankan oleh Adipati Dolken dan Vanesha Prescilla. Lalu Vanesha digantikan oleh Mawar de Jongh di sekuel dua.

6. Kisah cinta Alan Tito dan Daslina menjadi film 'Until Tomorrow'

imdb.com

Sepasang kekasih Alan Tito dan Daslina Sombi sempat viral di media sosial TikTok pada tahun 2019. Mereka menjalin hubungan asmara selama dua tahun, namun Daslina divonis menderita kanker darah saat tiga hari menjelang hari pernikahan.

Kisah cinta yang begitu romantis dan menyayat hati ini dikemas dalam bentuk film yang diberi judul 'Until Tomorrow'. Tokoh Alan Tito dan Daslina diperankan oleh Deva Mahenra dan Clara Bernadeth.

7. Kisah cinta dengan identitas yang dirahasiakan menjadi film 'Dilan'

imdb.com

Kepopuleran film 'Dilan 1990' membuat para penonton penasaran dengan sosok nyata pada kisah tersebut. Pidi Baiq sebagai penulis sekaligus sutradara film 'Dilan' mengaku tak akan mengungkap identitas asli Dilan dan Milea. 

Film 'Dilan' diangkat dari kisah cinta nyata yang berlangsung di era 90-an. Kisah tersebut dikemas dengan sangat romantis, namun menggunakan nama tokoh yang berbeda dengan tokoh aslinya. 

Pada film tersebut diperankan oleh Iqbaal Ramadhan sebagai Dilan dan Vanesha Prescilla sebagai Milea. 

8. Kisah cinta Ipda Yudi dan istri dalam film 'Sayap-Sayap Patah'

imdb.com

Peristiwa kerusuhan berdarah di Mako Brimob, Depok, pada Agustus 2018 silam menewaskan lima anggota Densus 88 yang bertugas. Denny Siregar sebagai produser mengangkat peristiwa tersebut ke dalam film berjudul 'Sayap-Sayap Patah'.

Iptu Yudi Rospuji menjadi salah satu anggota kepolisian yang tewas dalam insiden tersebut. Dia meninggalkan istri bernama Lutfi Hidayah yang tengah hamil 9 bulan.

Dalam film 'Sayap-Sayap Patah', sepasang suami istri yang diperankan oleh Nicholas Saputra dan Ariel Tatum tengah menantikan kehadiran anak pertama. Namun suaminya tak bisa menemani karena pekerjaannya sebagai anggota kepolisian yang siaga.

Pasangan yang awalnya merasakan kebahagiaan berakhir dengan sebuah hal yang cukup menegangkan.

Nah, itulah deretan kisah cinta yang diangkat ke dalam film Indonesia. Kisah cinta mana nih yang paling Mama suka? 

Baca juga:

The Latest