TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

7 Pelajaran Cinta Film Seni Memahami Kekasih, Unik dan Berkesan

Agus dan Kalis tunjukkan kisah cinta yang berbeda dari pasangan pada umumnya

Instagram.com/agusmagelangan

Film Seni Memahami Kekasih garapan IDN Pictures tayang pada 5 September 2024. Diadaptasi dari perjalanan kisah cinta Agus Mulyadi dan Kalis Mardiasih, film ini menyimpan banyak pelajaran berhaga di dalamnya. 

Agus Mulyadi seolah memberi pesan berharga tentang bagaimana memperjuangkan cinta dengan cara sederhana dan bermakna. Dalam tayangan ini, pasangan tersebut juga memberi pesan bahwa cinta adalah hak setiap orang tanpa mengenal latar belakang si miskin atau si kaya. 

Apa saja pelajaran yang bisa dipetik dari film Seni Memahami Kekasih? Berikut ini Popmama.com bagikan sejumlah pelajaran cinta film Seni Memahami Kekasih

Disimak, yuk! 

Kumpulan Pelajaran Cinta dari Film Seni Memahami Kekasih

1. Cinta bisa diperjuangkan lewat cara sederhana

Dok. IDN Pictures/Seni Memahami Kekasih

Film Seni Memahami Kekasih merupakan cerita perjalanan cinta dua orang muda miskin atau menengah ke bawah.

Jika biasanya film romantis menyajikan kisah si kaya dan si miskin, film ini justru menyajikan tayangan unik dan sederhana yang bercerita tentang perjuangan si miskin mendapatkan cinta yang setara. 

Dengan demikian, penonton akan melihat bagaimana cinta itu tak selalu ditunjukan dengan hadiah mewah atau gestur besar. Terkadang, tindakan kecil seperti meluangkan waktu bersama dapat menjadi cara paling tulus untuk memperjuangkan cinta. 

2. Perlakuan unik yang bikin kisah cinta jadi lebih berwarna dan berkesan

Instagram.com/agusmagelangan

Agus Mulyadi dalam Seni Memahami Kekasih adalah sosok laki-laki yang punya sejuta cara untuk menyenangkan perempuan dambaannya dengan cara yang unik. Meskipun demikian, ia tetap melakukan hal tersebut dengan cara-cara sederhana. 

Itulah sebabnya kisah cinta Agus Mulyadi dan Kalis menyimpan banyak momen unik serta berkesan. Hal itu juga yang membuat hubungan mereka sangat berwarna. 

Dengan demikian, Seni Memahami Kekasih memberi pelajaran cinta bahwa setiap pasangan punya cara masing-masing dalam mengekspresikan perasaan mereka. 

3. Tak selalu dalam bentuk kata, cinta juga bisa dilihat dari tindakannya

Dok. IDN Pictures/Seni Memahami Kekasih

Tak langsung menyatakan cinta, Agus Mulyadi dalam Seni Memahami Kekasih menunjukkan tindakan seolah memberi makna kalau ia begitu mencintai Kalis. 

Cinta tak melulu diungkapkan dengan kata-kata manis atau janji-janji besar. Tindakan nyata, seperti selalu ada saat dibutuhkan, membantu tanpa diminta, hingga sekadar memperhatikan detail-detail kecil sering kali lebih bermakna daripada sekadar kata-kata romantis. 

4. Pentingnya memahami setiap bahasa cinta pasangan

Youtube.com/CINEMA 21

Tiap orang punya bahasa cinta yang berbeda-beda. Ada yang merasa dicintai melalui sentuhan fisik, melalui kata-kata afirmasi sebagai bentuk menghargai, hadiah, waktu berkualitas, hingga tindakan atau act of service.

Memahami bahasa cinta pasangan adalah kunci agar hubungan lebih harmonis. 

Selain itu, memahami bahasa cinta juga bisa membuat kita lebih efektif dalam mengomunikasikan atau menyampaikan rasa cinta yang sesuai dengan kebutuhan pada orang-orang terkasih. 

5. Menyayangi orang terdekatnya juga salah satu bentuk seni memahami kekasih

Dok. IDN Pictures/Seni Memahami Kekasih

Dalam hubungan, penting untuk tak hanya menyayangi pasangan tapi juga orang-orang terdekatnya, seperti keluarga dan sahabat. Pada film ini, Kalis adalah sosok yang sangat sayang terhadap keluarga dan sejumlah sahabatnya. 

Menyayangi orang terdekat kekasih menunjukkan sebuah rasa hormat dan penerimaan terhadap bagian lain dari hidup pasangan. Hal ini yang turut dilakukan Agus Mulyadi ketika ia mulai menjalin hubungan asmara dengan Kalis. 

6. Dicintai dan mencintai adalah hak semua orang

Dok. IDN Pictures/Seni Memahami Kekasih

Setiap orang memiliki haknya masing-masing untuk dicintai dan mencintai, tanpa memandang latar belakang, status sosial, atau perbedaan lainnya. 

Film Seni Memahami Kekasih mengajarkan pada penonton untuk mengetahui dua hal tersebut. Menyebut dirinya sebagai si miskin yang berhasil meraih cinta yang diinginkan, Agus Mulyadi menyatakan bahwa cinta adalah hak asasi yang boleh dimiliki semua orang.

7. Segala ketakutan dalam hubungan belum tentu jadi kenyataan

Instagram.com/agusmagelangan

Saat berhasil mendapatkan cinta Kalis, Agus Mulyadi dihadapkan dengan permasalahan lain. Ia memiliki sejuta ketakutan ketika Kalis mendesaknya untuk membawa hubungan tersebut ke jenjang yang lebih serius. 

Agus merasa perlu menyiapkan berbagai hal agar rumah tangganya dengan Kalis bisa berjalan bahagia, termasuk memikirkan dari aspek finansial. Namun film tersebut seolah memberi pesan bahwa ketakutan dan kecemasan hanya ada dalam pikiran dan belum tentu terjadi. 

Yang terpenting adalah bagaimana dua orang dalam sebuah hubungan saling berkomunikasi dan percaya satu sama lain.  

Itulah beberapa pelajaran cinta film Seni Memahami Kekasih yang berhasil dirangkum. Semoga beberapa pesan tersebut bisa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari bersama pasangan, ya. 

Baca juga:

The Latest