TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

10 Tanaman Pengusir Tikus, Tak Perlu Pakai Racun

Tak harus pakai racun, ini tanaman alami yang bisa usir tikus dari rumah

Pexels/David Kanigan

Tikus sering menjadi hewan yang menggangu di beberapa tempat, termasuk di rumah. Namun ternyata ada beberapa tanaman yang bisa dimanfaatkan untuk mengusir mereka secara alami. 

Tanaman seperti marigold, bawang putih, peppermint, hingga lavender diketahui memiliki aroma yang dibenci tikus.

Selain berfungsi sebagai hiasan dan penambah keindahan rumah, menanam tanaman ini juga bisa memberikan perlindungan tambahan untuk serangga dan hama lainnya. 

Dengan menanam atau menempatkan beberapa tanaman ini di sudut-sudut strategis, penghuni rumah bisa menjaga kebersihan dan kenyamanan tanpa harus bergantung pada cairan yang mengandung bahan kimia yang berbahaya untuk manusia.

Berikut ini Popmama.com telah merangkum beberapa tanaman pengusir tikus yang bisa ditanam di rumah.

Disimak ulasannya berikut ini, yuk!

Kumpulan Tanaman Pengusir Tikus

1. Marigold

Pexels/Eva Bronzini

Dikutip dari Mirror, seorang Pakar Hewan dari Glenlivet Wildlife, Sam Bryant menyebutkan ada sejumlah hal yang tak disukai tikus, salah satunya marigold. Marigold mengeluarkan aroma yang tak sedap bagi tikut karena aromanya yang kuat. 

Dengan menanamnya di samping sayuran atau bunga, bisa memberikan perlindungan tambahan pada tanaman tersebut. Tak hanya itu, aroma marigold juga tidak disukai oleh sejumlah serangga. 

Selain tikus, tanaman ini bisa mengusir lalat, agas, nyamuk, dan pengusir hama.

2. Tanaman bawang putih

Freepik/stockking

Tanaman bawang putih mengandung sejumlah senyawa belerang yang menghasilkan bau menyengat yang tak disukai oleh tikus. Dengan membuat cairan serat bawang, semprotkan di beberapa sudut ruangan rumah. 

Selain itu, taruh beberapa siung bawang putih di area yang menjadi lintasan tikus. Menanam tanaman bawang putih di rumah juga efektif karena tanaman ini akan mengeluarkan bau yang menyengat. 

3. Daun peppermint

Freepik/ArthurHidden

Peppermint memiliki daun yang diyakini memiliki aroma sedap hingga membuat manusia merasakan sensasi kesegarannya. Sayangnya, aroma tersebut jadi musuh bagi tikus yang tak menyukai aroma khas dari peppermint. 

Selain menanam peppermint di halaman rumah, membuat cairan dari peppermint yang disemprotkan ke tempat yang biasa dilintasi tikus juga ampuh mengusir mereka. 

4. Lavender

Unsplash/pplpw

Warna cantik dan aroma segar yang hadir dari lavender rupanya tak disukai oleh beberapa hewan, seperti tikus dan nyamuk. Bahkan, kucing juga tidak menyukai aroma lavender, sehingga cocok untuk penghuni rumah yang tidak ingin didatangi kucing liar.

Untuk mengusir tikus dari rumah hanya perlu keringkan bunga lavender dan menaruhnya di tempat-tempat yang sering dilintasi tikus. 

5. Rosemary

Freepik/Jcomp

Rosemary terkenal karena memiliki wangi yang khas, bahkan dapat mengharumkan beberapa makanan seperti steak. Tapi nyatanya, tanaman rosemary juga sangat bagus untuk mengusir tikus dari rumah. 

Caranya dengan menanam rosemary di pekarangan rumah. Jika ingin lebih efektif, potong rosemary kecil-kecil jadi beberapa bagian. 

6. Daffodil

Freepik

Tanaman daffodil yang cerah dan menarik untuk ditanam ini ternyata bisa mengusir tikus di rumah. Tanaman ini punya aroma yang dihasilkan oleh berbagai kombinasi beracun, terutama untuk tikus. 

Tanam daffodil di sekitar rumah untuk mencegah tikus masuk ke dalam rumah. 

7. Bergamot

converse-energy-future.com

Bergamot merupakan tumbuhan yang tergolong dari jeruk-jerukan. Aroma khasnya dianggap mampu mengusir tikus. 

Komponen utama minyak bergamot seperti linalool, limonene, dan linalyl acetate dapat mengusir tikus dari rumah. Selain menanamnya, membuat minyak dari serat bergamot juga jadi sarana efektif untuk mengusir hewan tersebut. 

8. Eucalyptus

cookist.com

Dalam sebuah penelitian di Journal of Entomological and Zoological Studies tentang penggunaan minyak eucalyptus menunjukkan bahwa makanan koala ini mampu mengusir tikus. 

Seorang peneliti S. Sachdeva dan N. Singla dalam Antifeedant and repellent potential of alginate based microcapsules containing eucalyptus oil against house rat, menyatakan bahwa eucalyptus ini efektif menghentikan tikus dari merusak kebun dan tanaman pertanian. 

9. Sirsak

1000ecofarms.com

Tanaman sirsak juga bisa bermanfaat untuk mengusir tikus di rumah. Adapun, bagian pohon sirsak yang bisa digunakan untuk mengusir tikus adalah bagian daunnya. 

Hal ini dikarenakan daun tanaman sirsak memiliki aroma menyengat yang dibenci tikus. Penghuni rumah bisa merobek daun sirsak dan meletakkan di beberapa sudut rumah, sehingga tikus pun tak ingin mendekat bahkan masuk ke dalam rumah. 

10. Serai

drweil.com

Serai merupakan jenis tanaman tropis seperti rumput yang dikenal dengan aroma jeruk segar dan tidak disukai oleh tikus. Idealnya, letakkan tanaman serai di luar ruangan untuk mengusir hama. 

Demikian juga, hewan pengerat tidak menyukai aroma serai yang mirip lemon, sehingga bisa digunakan dengan mudah di sekitar rumah. 

Itulah tanaman pengusir tikus alami yang bisa menjadi alternatif selain racun dengan bahan kimia berbahaya. Semoga informasi ini bermanfaat ya, Ma.

Baca juga:

The Latest