TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

Biodata dan Profil Rosano Barack, Mertuanya Syahrini

Papa mertuanya Syahrini ternyata seorang konglomerat

Instagram.com/princessyahrini

Syahrini menyambut kelahiran anak pertamanya pada 1 Agustus 2024, yang juga merupakan hari ulang tahunnya yang ke-44. Bayi yang diberi nama Princess R ini menandai awal baru bagi Syahrini dan Reino Barack sebagai orang tua.

Untuk merayakan momen berharga tersebut, Syahrini membagikan video kelahiran di Instagram, di mana Rosano Barack juga tampak hadir pada hari istimewa tersebut. Rosano Barack sendiri merupakan papa mertua dari Syahrini.

Lebih lengkapnya, Popmama.com telah merangkum terkait biodata dan profil Rosano Barack secara detail.

Biodata dan Profil Rosano Barack, Mertuanya Syahrini

Biodata Singkat Rosano Barack

Dok. Global Mediacom
  • Nama lengkap: Rosano Barack
  • Tempat lahir: Indonesia
  • Tanggal lahir: 1953
  • Profesi: Pengusaha
  • Pendidikan: Universitas Waseda

Masih ada beberapa informasi menarik yang bisa kamu ketahui terkait Rosano Barack. Untuk mengetahuinya, baca rangkuman di bawah ini, yuk!

1. Latar Belakang Rosano Barack

Instagram.com/princessyahrini

Rosano Barack adalah seorang pengusaha yang memiliki darah Jepang dan lahir pada tahun 1953. Diketahui bahwa dirinya merupakan lulusan Universitas Waseda yang berada di Tokyo, Jepang pada 1979.

Konglomerat ini menikah dengan perempuan berkewarganegaraan Jepang bernama Reiko Barack. Istrinya bekerja di bidang fashion sebagai pengusaha kerajinan batik. Pasangan ini memiliki dua anak, yaitu Rangga Maya Barack dan Reino Barack.

Keluarga Rosano Barack dikenal cukup menjaga privasi. Anak bungsu, Rangga Maya, telah menikah dengan seorang sutradara bernama Gareth Evans, sementara Reino Barack menikah dengan Syahrini.

2. Menjadi pendiri perusahaan bersama putra Presiden Soeharto

mediacom.co.id

Rosano Barack adalah salah satu pendiri PT Global Mediacom, sebuah perusahaan investasi yang bergerak di bidang media dan telekomunikasi milik MNC Group. Perusahaan ini sebelumnya dikenal dengan nama PT Bimantara Citra, yang didirikan oleh Bambang Trihatmodjo, putra dari Presiden Soeharto.

Pada tahun 1981, Bambang mengajak Rosano untuk mendirikan PT Bimantara Citra. Dikatakan bahwa Rosano dan Bambang telah berteman sejak masa sekolah dasar di Cikini, Jakarta Pusat. Rosano juga dikenal memiliki hubungan dekat dengan lingkaran kekuasaan Soeharto pada masa itu.

Ketika Soeharto mengundurkan diri pada tahun 1998, Rosano memilih untuk tetap setia sementara orang-orang terdekatnya tetap menjaga jarak. Pada Mei 1998, Rosano diamanahkan untuk memimpin PT Global Mediacom. 

Perusahaan ini berganti nama menjadi PT Global Mediacom pada 2006 silam dan sebagian sahamnya dibeli oleh Hary Tanoesoedibjo. Hingga kini, Rosano Barack masih memegang posisi sebagai Presiden Komisaris PT Global Mediacom.

3. Pernah menjadi pemilik Plaza Indonesia

Dok. Plaza Indonesia Realty

Rosano Barack juga disebut-sebut pernah menjabat sebagai Direktur Utama Plaza Indonesia Realty Tbk, perusahaan yang mengelola pusat perbelanjaan mewah di Jakarta, yaitu Plaza Indonesia.

Pada September 2020, Rosano Barack secara resmi melepas seluruh kepemilikan sahamnya di PT Plaza Indonesia Realty kepada PT Plaza Indonesia Investama, sebuah perusahaan special purpose. Jumlah saham yang dijual mencapai 44.216.600 lembar, dengan nilai sekitar Rp165 miliar.

Plaza Indonesia saat ini dipimpin oleh Franky Oesman Widjaja dari Sinarmas Group, yang merupakan generasi kedua dari keluarga konglomerat Eka Tjipta Widjaja.

4. Memegang jabatan tinggi di sejumlah perusahaan ternama

plazaindonesiarealty.com

Selama kariernya sebagai pengusaha, Rosano Barack telah menduduki berbagai posisi penting di berbagai perusahaan nasional. Berikut daftar posisi yang dipegang oleh Rosano Barack di berbagai perusahaan, antara lain: 

  • Komisaris Utama PT Global Mediacom
  • Komisaris Utama PT Nusadua Graha International
  • Komisaris PT Panasonic Gobel Indonesia
  • Komisaris PT Plaza Indonesia Jababeka
  • Komisaris Utama PT Media Nusantara Citra
  • President Director PT Plaza Indonesia Investama
  • President Commissioner PT Plaza Indonesia Mandiri
  • Komisaris PT Bursa Efek Jakarta

5. Sempat terjerat kasus dugaan korupsi

Pexels/SoraShimazaki

Rosano Barack yang dikenal sukses dengan berbagai usahanya ternyata sempat terjerat dalam dugaan kasus korupsi Pertamina yang melibatkan keluarga Cendana pada Juni 2003. 

Dari total 23 kasus, sebanyak 11 kasus diteruskan ke tahap penyidikan, sementara 10 kasus lainnya dihentikan, dan 2 kasus lagi dihentikan untuk sementara waktu.

Rosano Barack terlibat dalam kasus pipanisasi Jawa yang juga melibatkan Faisal Abdao'e dan Siti Hardiyanti Rukmana. Namun, setelah penyidikan dilakukan, kasus ini dihentikan dan dikeluarkan Surat Perintah Penghentian Penyidikan (SP3).

Itulah rangkuman terkait biodata dan profil Rosano Barack. Ternyata, mertuanya Syahrini bukanlah orang sembarangan, ya.

Baca juga:

The Latest