TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

7 Fakta dan Sinopsis Film Azzamine, Adaptasi dari Novel

Film Azzamine mengisahkan tentang percintaan anak muda di zaman sekarang

Instagram.com/Mdpictures_official

Dunia hiburan, khususnya dari dunia film sedang ramai diperbincangkan oleh para pencinta film. Hal ini karena salah satu rumah produksi Indonesia, MD Pictures telah memperkenalkan film baru ke hadapan publik berjudul Azzamine.

Nyatanya, sebelum dijadikan sebuah film, kisahnya berasal dari sebuah novel yang sempat viral di tahun 2021 lalu. Selain kisahnya dari novel, apa saja fakta menarik dari film ini?

Kali ini Popmama.com telah merangkum terkait fakta dan sinopsis film Azzamine secara lebih detail. 

Simak faktanya, yuk!

Kumpulan Fakta dan Sinopsis Film Azzamine

1. Diadaptasi dari sebuah novel

Youtube.com/MDPictures

Sebelum menjadi film, ternyata film Azzamine merupakan adaptasi dari sebuah novel fiksi romantis karya Sophie Olya. Azzamine sendiri adalah alternate universe (AU) tentang Jaemin NCT yang sempat viral di media sosial pada tahun 2021.

Para pengguna media sosial tertarik dengan alur kisah dari AU satu ini. Viralnya kisah novel ini membuat rumah produksi MD Pictures mengumumkan kalau Azzamine akan dibuat menjadi film layar lebar pada April 2024.

2. Bercerita tentang kisah percintaan anak muda

Youtube.com/MDPictures

Melihat dari sinopsisnya, film Azzamine mengisahkan tentang dua anak muda bernama Raden Azzam Al-Baihaqi, sosok laki-laki yang religius dan Haura Jasmine, sosok perempuan yang suka dengan kehidupan malam.

Tak disangka-sangka, Jasmine mendapatkan lamaran dari Azzam. Lamaran tersebut tentu membuat dirinya terkejut. Terlebih lagi, sosok Azzam adalah orang asing baginya. Namun, rupanya sang papa yang menjodohkan Jasmine dengan Azzam bertujuan agar kehidupannya lebih baik. 

Tetapi, Jasmine telah memiliki kekasih bernama Deka yang mana hubungannya telah berjalan hampir empat tahun.

3. Daftar pemain yang berbakat

Instagram.com/azzaminefilm

Film Azzamine tampaknya akan diperankan oleh beberapa aktor berbakat. Di antara banyaknya pemain, ada Arbani Yasiz selaku pemeran Dilan, lho.

Adapun daftar pemeran film lainnya ada di bawah ini, yakni: 

  • Arbani Yasiz sebagai Azzam
  • Megan Domani sebagai Jasmine
  • Axel Matthew Thomas sebagai Deka
  • Arafah Rianti sebagai Ameng
  • Dimas Putra Nurcahyo sebagai Tito
  • Aleyra Fakhira sebagai Fatimah
  • Alex Abbad sebagai Abi Farhan
  • Dina Lorenza sebagai Umi Hera

Melihat dari banyaknya pemain berbakat, apakah kamu sudah tidak sabar untuk menontonnya?

4. Arbani Yasiz menjadi sosok laki-laki religius

Youtube.com/MDPictures

Berbanding terbalik dengan karakter Dilan, Arbani Yasiz dalam film ini akan berperan sebagai Azzam, sosok laki-laki religius. Azzam sendiri merupakan seorang hafiz Al-Qur’an yang hafal 30 juz dan memiliki kemampuan berbahasa Arab.

Ia adalah salah satu mahasiswa lulusan Universitas Al-Azhar di Mesir, yang mana merupakan tempat berkumpulnya para sastrawan Arab dan para tokoh terkenal.

Dalam film Azzamine, pertama kalinya Arbani Yasiz tampil dewasa dan berjenggot. Jenggotnya itu mungkin untuk mendalami karakternya, ya.

5. Megan Domani tampil berhijab

Youtube.com/MDPictures

Jika Arbani Yasiz tampil berjenggot, maka Megan Domani tampil mengenakan hijab di film ini. Berbeda dengan penampilannya sehari-hari, Megan berhijab untuk melengkapi citra religiusnya dalam memerankan karakter Jasmine.

Megan Domani sangat semangat dengan perannya, meski ini bukan pertama kalinya ia berhijab untuk proyek akting.

6. Jadwal tayang film Azzamine di bioskop

Instagram.com/Azzaminefilm

Setelah mengetahui daftar pemain, kali ini ada informasi terkait jadwal tayang film Azzamine. Film bertemakan romansa anak muda ini akan ditayangkan serentak di layar kaca Indonesia mulai 22 Agustus 2024.

Film Azzamine akan tayang dengan durasi 1 jam 44 menit. Setelah tahu film ini akan tayang sebentar lagi, kamu bakal menontonnya bareng siapa, nih?

7. Soundtrack film Azzamine

Youtube.com/MDMUSICID

Dalam setiap film, pastinya memiliki soundtrack sendiri untuk memperkuat cerita. Seperti pada film Azzamine yang mendatangkan lagu ‘Bila Tak Denganmu’ karya GITA dan Ghatfaan sebagai soundtrack film.

Adapun lagunya sendiri diciptakan oleh Metaria Iskandar, seorang pencipta lagu pendatang baru, juga diproduseri oleh Pika Iskandar.

Makna dari lagu ‘Bila Tak Denganmu’ mengisahkan tentang dua orang yang memiliki keraguan yang besar karena punya latar belakang yang sangat berbeda.

Namun, di satu sisi mereka juga saling mencintai. Saat cinta menyentuh hati mereka, mereka akhirnya berjanji untuk saling mencintai selama-lamanya.

Sinopsis Film Azzamine

Instagram.com/Azzaminefilm

Film Azzamine mengisahkan tentang perjalanan cinta tokoh Azzam (Arbani Yasiz) dan Jasmine (Megan Domani) yang bermula dari suatu perjodohan. Kepribadian Azzam itu sosok laki-laki yang baik hati, alim, sabar, serta lemah lembut. Berbeda dengan Jasmine yang menjadi sosok perempuan tomboi dan kurang sopan.

Sebelumnya, Jasmine hidup normal hingga suatu saat mengalami perubahan usai bertemu Azzam. Kehidupannya sehari-hari usai pertemuan menjadi penuh topik agama, khususnya diucapkan oleh pasangannya.

Situasi rumit bukan terjadi di ranah pandangan hidup saja. Jasmine sebenarnya sudah mempunyai pacar yang bernama Deka (Axel Matthew), sosok laki-laki dengan pribadi yang riang dan bisa membuat keadaan menyenangkan. Berbeda dengan Azzam yang religius.

Azzam yang melakukan pendekatan perjodohan melalui proses taaruf kerap mengalami penolakan. Alasan utama Jasmine menolak Azzam karena dirinya telah memiliki pacar. Berbagai usaha pun dijalankan oleh Jasmine demi bisa menjauhkan dirinya dari Azzam. Namun demikian, Azzam yang sudah terlanjur menaruh harapan beserta rasanya tidak menyerah begitu saja.

Apakah Azzam berhasil meluluhkan hati Jasmine yang sebenarnya sudah cinta kepada orang lain? Atau sebaliknya malah mengalami patah hati akibat tidak terbalas perasaannya dalam cinta segitiga ini?

Itulah rangkuman terkait fakta dan sinopsis film Azzamine. Siapa di sini yang sudah tidak sabar dengan kehadiran film Azzamine, nih?

Baca juga:

The Latest