TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

Lirik Lagu 'Asmaralaya' Marcello Tahitoe, Dua Jiwa Terhubung

Lagu ini menjadi sebuah penghormatan yang tulus terhadap cinta antara dua kekasih

Youtube.com/MKRecordsID

Salah satu vokalis Dewa 19, Marcello Tahitoe resmi mengeluarkan lagu terbarunya berjudul ‘Asmaralaya’ pada 16 Agustus lalu. Lagunya yang satu ini tak hanya memiliki makna yang mendalam, tetapi juga dikemas dengan lirik yang puitis.

Musisi berbakat yang kerap dipanggil Ello ini menggarap lagunya bersama Vega Antares dan Bernardus Ajutor Moa. Pembuatan lagu ‘Asmaralaya’ juga ternyata sudah dipikirkan oleh Ello sudah sejak lama, lho. Tapi, mengapa baru dirilisnya sekarang, ya?

Untuk mengetahui lebih jelasnya, Popmama.com telah merangkum terkait fakta dan lirik lagu 'Asmaralaya' Marcello Tahitoe.

Simak beberapa fakta lainnya secara detail, yuk!

Makna, Fakta, dan Lirik Lagu 'Asmaralaya’ Marcello Tahitoe

Lirik Lagu 'Asmaralaya' Marcello Tahitoe

Youtube.com/MKRecordsID

POV kamarku

Kau dan aku

Mensyahdukan malam itu

Layar di TV-ku

Menyaksikan asmara biru

 

Dua menjadi satu

Raga melebur menyatu

Terhanyut dalam desahan rindu

 

Merajut cinta

Sepanjang malam bersama

Nikmati asmaralaya

Berbagi rasa

Di setiap hembusan napasnya

Seraya bercinta

 

Waktu pun berlalu

Fajar datang untuk menjemput pulangmu

Mengusik benakku

Tak ingin mengusai dekapmu

 

Dua menjadi satu

Merasuk dalam sukmamu

Menembus batas ruang dan waktu

 

Merajut cinta

Sepanjang malam bersama

Nikmati asmaralaya

Berbagi rasa

Di setiap hembusan napasnya

Seraya bercinta

1. Makna lagu 'Asmaralaya' Marcello Tahitoe

Instagram.com/mkrecordsid

Lagu ‘Asmaralaya’ menjadi sebuah penghormatan yang tulus terhadap cinta antara dua kekasih, yang menggambarkan kebahagiaan yang mereka alami bersama.

Liriknya dengan bahasa puitis menceritakan tentang hasrat dan pengabdian. Seolah menggambarkan dua jiwa yang terhubung dalam sebuah hubungan penuh cinta, bagaikan surga.

Meski menghadapi tantangan dan kebahagiaan, cinta mereka tetap menjadi sumber kebahagiaan dan kedamaian, seperti ketenangan dan keabadian surga itu sendiri.

2. Judulnya diambil dari bahasa Jawa

Popmama.com/Fx Dimas Prasetyo

Judul dari lagu 'Asmaralaya' rupanya diambil dari bahasa Jawa yang artinya “surga” atau “penghuni surga”. Makna ini dapat merepresentasikan penghargaan tulus terhadap cinta yang begitu mendalam dan memikat antara dua insan, menggambarkan kebahagiaan yang mereka rasakan bersama.

Penggambaran dari lagu ini bagaikan cinta yang murni dan dalam, seolah-olah mengangkat pasangan tersebut ke alam surgawi, di mana hubungan mereka melampaui duniawi dan menyentuh ilahi.

Judul 'Asmaralaya' yang diambil dari bahasa Jawa menghadirkan kesan lokal yang mendalam dan memperkaya arti lagu tersebut. 

Kata yang bermakna "surga" ini digunakan oleh Ello untuk merayakan cinta yang abadi dan melampaui batas, sekaligus mengekspresikan kebanggaannya terhadap budaya serta bahasa tradisional. Dengan begitu, nilai-nilai lokal dapat tersampaikan dalam karyanya yang bersifat universal.

3. Inspirasi dari lagu ‘Asmaralaya’ dari kisah asmara Marcello Tahitoe dan istri

Instagram.com/marcello_tahitoe

Lagu yang dinyanyikan oleh Ello ini terinspirasi dari kehidupan asmara dengan istrinya. Lewat lirik lagunya, Ello menunjukkan momen-momen indah terkait kebersamaannya dengan sang istri. 

Ia juga menjelaskan lagunya memang untuk istrinya. Selama pembuatan lagunya, Ello tak memberitahu istrinya kalau lagu ini ternyata persembahan untuknya. Setelah lagu ini selesai, Ello memberikan lagu 'Asmaralaya' sebagai bentuk hadiah dan rupanya istrinya sangat menyukai lagunya.

Menariknya, Ello sudah mendapatkan inspirasi lagu ini sejak 2007, namun ia simpan dalam benak saja. Sampai akhirnya di tahun 2024 ini, Ello mengingatnya lagi dan akhirnya terealisasikan sebagai lagu yang memiliki makna romantis.

Itulah rangkuman terkait fakta dan lirik lagu 'Asmaralaya' Marcello Tahitoe. Lagu ini bisa didengarkan bersama pasangan ketika sedang menikmati momen bersama, ya. 

Baca juga:

The Latest