TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

Sah, Nino RAN Resmi Menikahi Seorang Dokter Gigi

Tiba-tiba saja Nino RAN mengumumkan dirinya menikah dengan perempuan yang tak pernah diumbar olehnya

Instagram.com/thebridestory

Kabar gembira datang dari musisi Nino Kayam, yang juga dikenal sebagai Nino RAN. Dia telah resmi melepas masa lajangnya dan mengumumkan bahwa dirinya telah mengikat janji suci dengan kekasih hatinya, Dhabitannisa Auni, pada hari ini, Jumat (20/9/2024).

Nino membagikan foto dirinya mengenakan beskap putih dan blankon, busana khas pengantin Jawa. Di caption Instagram miliknya, dia mengisyaratkan penggemarnya dengan kejutan ini.

“OOTD. Setelah merilis Rahasia #1 & #2, anggap saja ini Rahasia #3. Gimana? Kaget sedikit ngga?," tulis Nino di unggahan Instagram pribadinya.

Berikut Popmama.com akan membagikan informasi terkait Nino RAN sah menikah dan akhirnya melepas masa lajangnya secara detail.

1. Ijab kabul berhasil dalam satu kali saja

Instagram.com/vidialdiano

Pernikahan dari Nino dan kekasihnya itu berlangsung di Hotel Westlin, Jakarta Selatan. Sahabatnya, Ilman Ibrahim, juga membagikan prosesi ijab kabul antar Nino dan Dhabitannisa lewat InstaStory @ilmanibrahim. 

Musisi RAN itu melafalkan ijab kabul dengan suara tegas dan dalam satu tarikan napas. Pasangan pengantin yang sama-sama mengenakan pakaian adat Jawa itu melaksanakan ijab kabul pada pukul 09.23 WIB.

“Saya terima nikah dan kawinnya Dhabitannisa Auni binti Dendi Noviardi dengan maskawinnya tersebut dibayar tunai,” ucap Nino.

Sahabat Nino yang lain, Vidi Aldiano, juga membagikan momen ketika Dhabitannisa memasuki lokasi akad nikah. Dhabitannisa, yang didampingi oleh dua saudara lelakinya, terlihat anggun dan cantik dalam balutan kebaya khas Jawa.

Berita pernikahan Nino ini cukup mengejutkan banyak orang. Apalagi Nino selama ini tidak pernah mengumbar hubungannya dengan Dhabitannisa ke publik.

2. Istrinya Nino ternyata seorang dokter gigi

Facebook.com/senyumkoo

Diketahui bahwa Dhabitannisa bukanlah dari kalangan artis, melainkan sebagai dokter gigi. Hal ini bisa diketahui lewat profilnya di Alodokter, layanan konsultasi kesehatan daring berupa situs web dan aplikasi.

Dhabitannisa menjabat sebagai dokter gigi umum yang melakukan praktiknya di Dentalosophy Senopati dan Klinik Gigi Senyum Ceria Bintaro. Dirinya biasa membantu masyarakat dalam keluhan gigi.

Adapun latar belakang pendidikan Dhabitannisa itu adalah studi Kedokteran Gigi Umum di Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama), Jakarta dan terhimpun dalam Persatuan Dokter Gigi Indonesia. 

3. Hari Jumat menjadi hari besar untuk umat Islam

Instagram.com/thebridestory

Hari Jumat, sebagai hari yang penuh berkah dalam Islam, memiliki banyak keistimewaan. Namun, penting untuk memahami bahwa keistimewaan ini tidak berkaitan dengan nasib seseorang di dunia. Hari ini juga menjadi saksi bisu atas penciptaan Nabi Adam AS dan dimasukkan ke surga.

“Hari terbaik di mana matahari terbit di dalamnya ialah hari Jumat. Pada hari itu Adam Alaihissalam diciptakan, dimasukkan ke surga, dikeluarkan daripadanya dan kiamat tidak terjadi kecuali di hari Jumat.” (HR Muslim).

Sebagai bagian dari ajaran Islam, hari Jumat juga memiliki kedudukan yang istimewa. Salah satu kewajiban umat Islam pada hari tersebut adalah melaksanakan salat Jumat.

“Barangsiapa berwudu kemudian memperbaiki wudunya, lantas berangkat Jumat, dekat dengan Imam dan mendengarkan khotbahnya, maka dosanya di antara hari tersebut dan Jumat berikutnya ditambah tiga hari diampuni.” (HR Muslim).

Beberapa referensi juga menyarankan agar akad nikah dilaksanakan pada Jumat sore, mengingat waktu ini dianggap sebagai waktu yang mustajab untuk berdoa.

“Hari Jumat itu ada 12 jam. Tidak ada seorang hamba Muslim yang meminta sesuatu kepada Allah di dalamnya, melainkan Allah memberikannya. Maka Carilah ia pada saat terakhir setelah shalat Ashar.” (HR Abu Dawud dan An-Nasa'i, sahih menurut Al-Albany).

“Carilah saat yang diharapkan pada hari Jumat setelah shalat Ashar sampai terbenamnya matahari.” (HR Tirmidzi dan Thabrani, sahih menurut Al-Albany).

Itulah informasi terkait Nino RAN sah menikah dan akhirnya melepas masa lajang. Semoga pernikahan mereka langgeng terus ya, Ma.

Baca juga:

The Latest