TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

5 Sinopsis dan Fakta Novel Laut Tengah, Kisah Religi Rasa Drama Korea

Novel ini menceritakan soal poligami dalam hubungan rumah tangga

Gramedia.com

Apakah kamu suka membaca tulisan-tulisan karya seseorang di Wattpad? Kalau iya, pasti tak asing dengan nama Berliana Kimberly, nih. Apalagi dengan novelnya yang berjudul Laut Tengah, lewat karyanya itu membuat dirinya semakin terkenal untuk para penggemar tulisan karangan fiksi.

Novel ini ditulis oleh Berliana Kimberly di tengah kesibukannya menempuh pendidikan sebagai seorang mahasiswa hukum. Kabarnya pula, novel ini diadaptasikan menjadi film dan akan tayang 3 Oktober 2024 nanti, lho.

Namun, sebelum menonton filmnya, ada baiknya kamu mengetahui fakta dan sinopsis dari novel ini dulu, ya. Berikut Popmama.comtelah rangkum terkait sinopsis dan fakta novel Laut Tengah.

Yuk, scroll hingga akhir!

Deretan Fakta dan Sinopsis Novel Laut Tengah

1. Novel Laut Tengah bernuansa romansa religi

Instagram.com/berlianakimberly

Novel Laut Tengah ini bergenre romansa religi yang mengisahkan perjalanan seorang perempuan bernama Haia dalam mengejar mimpinya mendapatkan beasiswa S2 ke Korea. Dalam usahanya, Haia harus menghadapi situasi tak biasa dengan menjadi istri kedua dari Bhumi, seorang peneliti di Universitas Nasional Seoul.

Cerita dalam novel Laut Tengah merupakan perpaduan antara pengalaman pribadi penulis dan imajinasinya. Melalui buku Laut Tengah, pembaca diajak menyaksikan perjuangan Ayla meraih mimpinya, yang dikemas dengan rumitnya alur kisah cinta.

2. Novel Laut Tengah memiliki ketebalan 352 halaman

Pexels/Pixabay

Novel dengan berjudul lengkap Laut Tengah (Dari Hagia Shopia Berlabuh ke Bumi Syam) itu terdiri dari 352 halaman dan diterbitkan oleh penerbit PT. Akad Media Cakrawala, Depok.

Novel karya Berliana Kimberly ini sudah terbit dari dua tahun yang lalu, yakni pada April 2022.

3. Berliana Kimberly bukan hanya seorang penulis

Instagram.com/berlianakimberly

Sebagai penulis dari karya novelnya yang berjudul Laut Tengah, rupanya Berliana Kimberly tak hanya memiliki profesi tersebut. Penulis yang kerap disapa Bee atau Kim itu ternyata juga seorang muslimah pembelajar, pengacara, pembicara, dan traveler.

Bee juga sudah mempublikasikan artikel ilmiah, baik dalam jurnal nasional, konferensi internasional, maupun media massa.

Karier menulis fiksi Bee dimulai dari akun Wattpad-nya, @frasaberliana. Bee berharap besar bahwa melalui kisah-kisah yang ditulisnya, ia bisa memberikan makna bagi para pembacanya. Novel Laut Tengah sendiri merupakan debutnya sebagai penulis novel.

4. Terdapat unsur Korea dalam novel Laut Tengah

Instagram.com/berlianakimberly

Pada novel Laut Tengah, terdapat berbagai unsur budaya Korea yang disajikan dengan menarik.

Beberapa di antaranya meliputi pariwisata, bahasa, budaya kerja, serta kehidupan sehari-hari di Korea. Berliana Kimberly juga menjelaskan tentang referensi serta risetnya dalam menulis novel ini. 

Dalam riset pertamanya itu lewat pengalamannya sendiri. Riset kedua, ia mencarinya lewat laman Kedutaan Besar Republik Korea, KCCI, KTO, dan KOCCA. Menurutnya, melalui empat laman tersebut membuatnya terbantu untuk mendapatkan data yang valid.

Terakhir, ia menelpon teman-teman Koreanya lewat telepon untuk menanyakan validitas.

5. Karakter yang ada di novel Laut Tengah

Instagram.com/berlianakimberly

Novel Laut Tengah adalah kisah multidimensi yang menyajikan berbagai konflik bermakna bagi empat karakter utamanya, yaitu:

  1. Haia, seorang perempuan sekaligus mahasiswa yang bercita-cita melanjutkan pendidikan ke Korea. Dalam novel Laut Tengah, ia digambarkan memiliki masa lalu yang suram dan sering menerima perlakuan tidak baik dari bibinya.
  2. Aisa, sosok istri yang saleha sekaligus seorang mama yang penuh cinta serta perhatian. Namun, sayangnya ia menderita penyakit kronis dan tidak berumur panjang. Karena itu, Aisa memiliki harapan besar agar Haia bisa menjadi mama sambung yang penuh kasih serta istri yang baik untuk suami tercintanya, Bhumi dan anaknya, Suria.
  3. Bhumi, seorang suami yang setia serta papa yang penyayang dan bertanggung jawab. Jika bukan karena keinginan kuat istrinya, Aisa, Bhumi tidak akan mempertimbangkan untuk menikah lagi. Namun, demi menjaga ketenangan hati Aisa, ia akhirnya setuju untuk menjalani poligami.
  4. Suria, anak tunggal yang sangat disayangi oleh Aisa dan Bhumi. Anak berusia lima tahun ini masih sangat lugu dan memiliki kedekatan yang erat dengan mamanya. Namun, waktu yang bisa ia habiskan bersama mamanya sangat terbatas. Takdir membuat Suria harus berpisah dengan sang mama.
  5. Tera, sosok yang membenci dan sering menyulitkan Haia. Dirinya juga menciptakan konflik yang menjadikan alur cerita dalam novel Laut Tengah lebih menarik.
  6. Prof. Fatih, orang yang menghubungkan perjalanan hidup Haia, yang sebelumnya hampir jatuh, hingga ia berhasil mencapai salah satu impiannya. Selain itu, Prof. Fatih juga menempatkan Haia dalam dilema sebagai istri kedua.
  7. Choi Haneul, laki-laki asal Korea yang menjadi teman Haia ini memiliki peran untuk membantu Haia. Terutama dalam menjalani kehidupan barunya di Korea dengan lebih baik.

Sinopsis Novel Laut Tengah

gramedia.com

Haia berkeinginan untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang S2, tetapi sayangnya, ia harus menghadapi kenyataan pahit karena beasiswanya dibatalkan oleh pemerintah. Belum pulih dari rasa sedih akibat kegagalan mendapatkan beasiswa, Haia tiba-tiba menerima tawaran tak terduga dari salah satu dosennya.

Prof. Fatih mengajukan tawaran kepada Haia untuk menjadi istri kedua suami keponakannya, Aisa. Selain itu, sebagai jalan keluar dari keputusasaannya yang disebabkan oleh kegagalan dalam memperoleh beasiswa, Aisa berjanji akan mendanai kebutuhan kuliah Haia jika diperlukan.

Keinginan Haia untuk melanjutkan pendidikannya sangat kuat, sehingga ia menerima tawaran dari Prof. Fatih dengan syarat dapat melanjutkan studinya di Korea. Haia merasa sangat bahagia saat akhirnya bisa tiba di Korea untuk mengejar pendidikan yang selalu diimpikannya.

Selama di Korea, Haia menjalani kehidupan kuliah seperti perempuan lajang dan menyembunyikan fakta bahwa ia sudah menikah. Suaminya, Bhumi, hanya memberikan dukungan materi tanpa menunjukkan ketertarikan pada Haia. Di sisi lain, Aisa, istri pertama Bhumi, menganggap Haia sebagai adik kandungnya.

Setelah merasakan kebahagiaan dari impiannya, Haia tiba-tiba dihadapkan pada kehadiran Tera dalam hidupnya. Tera sangat membenci Haia dan sering kali menyulitkannya, sementara Haia tidak mengerti alasan di balik kebencian Tera.

Tak lama kemudian, Haia memutuskan untuk mendaftar ke program beasiswa yang diadakan oleh perusahaan milik keluarga temannya, Choi Haneul, seorang laki-laki asal Korea. 

Namun, Haia juga menemukan sebuah fakta mengejutkan. Aisa ternyata telah mengidap kanker lambung selama bertahun-tahun. Aisa berharap agar Haia bisa menjadi mama sambung bagi putrinya yang masih berusia lima tahun, Suriah.

Setelah satu musim, Aisa meninggal dunia. Namun, hal ini tidak mengubah keputusan Haia untuk tetap mengajukan perceraian. Haia tetap bertekad untuk bercerai karena ia telah mendapatkan beasiswa dari perusahaan keluarga temannya. 

Meskipun demikian, ia masih merasa bingung. Seiring berjalannya waktu, Haia mulai menyadari bahwa ia memiliki perasaan untuk Bhumi. Begitu pula, Bhumi juga mampu memenuhi permintaan terakhir Aisa, yaitu mencintai Haia dengan sepenuh hati.

Itulah rangkuman terkait sinopsis dan fakta novel Laut Tengah. Jangan lupa untuk membaca karya aslinya Berliana Kimberly yang satu ini, ya.

Baca juga:

The Latest