TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

7 Cara Minta Maaf ke Teman yang Tulus, Jangan Lupa Berikan Ruang

Ingat, jangan memaksa teman untuk memaafkan kesalahan kita

Pexels/Alex Green

Setiap orang memang tidak ada yang sempurna. Oleh karena itu, setiap orang yang hidup di dunia ini bisa saja melakukan kesalahan kepada temannya sendiri. Kesalahan itu yang dilakukan tersebut bahkan bisa saja kecil maupun besar hingga fatal sekalipun.

Kesalahan yang dibiarkan secara terus-menerus dapat membuat hubungan dengan teman jadi rusak. Maka dari itu, tak ada salahnya bagi kamu untuk meminta maaf kepada teman jika memang ada kesalahan yang sudah dilakukan.

Berikut Popmama.com sudah merangkum deretan cara minta maaf ke teman yang tulus secara detail.

Yuk, disimak!

Deretan Cara Minta Maaf ke Teman yang Tulus

1. Refleksi diri dan sadar akan kesalahan

Pexels/Brett Jordan

Langkah pertama untuk dapat meminta maaf kepada teman adalah merefleksikan diri dan menyadari kesalahan yang sudah diperbuat. Ini merupakan langkah awal untuk memperbaiki hubungan yang rusak karena kesalahan.

Langkah ini berarti kamu sudah memikirkan dengan seksama tentang kesalahan apa yang sudah terjadi dan bagaimana dengan perasaan temanmu saat tahu tentang kesalahanmu.

Hal ini menjadi penting karena kita sebagai temannya juga harus mampu melihat dari perspektif teman yang merasa terluka dengan kesalahan kita. Dengan memahami itu, kamu bisa menghindari untuk melakukan kesalahan yang sama di kemudian hari.

2. Mengungkapkan rasa penyesalan dan empati

Freepik/Racool_studio

Setelah mengidentifikasi kesalahanmu, ekspresikanlah rasa penyesalanmu atas kesalahan yang sudah kamu lakukan kepadanya secara jujur dan tulus.

Dalam hal ini, kamu juga perlu menemukan cara untuk menunjukkan bahwa kamu benar-benar menyesal atas tindakan atau kata-kata yang mungkin sudah menyebabkan rasa sakit atau ketidaknyamanan kepadanya.

Untuk mengutarakan ini, kamu bisa mengatakan:

"Aku sangat menyesal telah menyebabkanmu merasa terluka dan kecewa. Aku tidak bermaksud untuk melakukan itu. Aku merasa sangat menyesal telah membuatmu merasa seperti itu."

3. Sampaikan permintaan maaf secara jelas

Freepik/azerbaijan_stockers

Saat ingin meminta maaf kepada teman atas kesalahan yang kita perbuat, penting bagi kamu untuk menyampaikannya secara jelas dan tulus.

Untuk melakukan itu, pertama kamu harus mengaku kesalahan yang sudah dilakukan kepadanya. Jangan coba-coba untuk membenarkan atau mencari alasan atas tindakanmu yang salah.

Kedua, kamu bisa mulai menyampaikan permintaan maaf dengan tulus. Hati-hatilah dalam berbicara karena itu dapat membuat teman jadi lebih menerima permintaan maaf tersebut.

Jangan lupa pula untuk memperjelas permintaan maaf yang disampaikan. Jelaskan kepadanya bahwa kamu tak lagi mengulang kesalahan yang sama di kemudian hari. Dalam memberikan penjelasan, hindari kata yang berbelit-belit atau alasan yang tak relevan.

Cara ini dapat membuat teman menjadi lebih mudah untuk memahami maksud kita dan dapat menerima permintaan maaf yang sudah disampaikan kepadanya.

4. Jangan menyalahkan orang lain

Pexels/Liza Summer

Selain menyampaikan maaf secara jelas, hal lain yang perlu kamu perhatikan dalam meminta maaf dengan tulus adalah jangan pernah menyalahkan orang lain atas kesalahanmu sendiri. Pasalnya, hal itu bisa membuat suasana semakin memburuk.

Perlu Mama ketahui, menyalahkan orang lain atas kesalahan sendiri bukanlah hal yang tepat. Umumnya, menyalahkan orang lain bisa saja terjadi karena seseorang memiliki ego yang besar untuk mengakui kesalahan sendiri.

Jika memang kesalahan itu murni kamu lakukan, akui sajalah secara terbuka tanpa menyeret nama orang lain. Tindakan ini secara tidak langsung dapat menunjukkan kepada teman kalau kamu benar-benar ingin meminta maaf dan bertanggung jawab atas kesalahanmu.

5. Memberikan ruang kepada teman untuk bereaksi

Freepik/drobotdean

Setelah kamu mengungkapkan semua rasa penyesalan dan permintaan maaf secara tulus, jangan lupa untuk memberikan temanmu ruang dan kesempatan untuk bereaksi tanpa harus menganggu atau memotongnya.

Hal ini menjadi penting untuk kamu lakukan karena mereka mungkin membutuhkan waktu dalam memproses semua hal yang sudah kamu katakan kepadanya.

Jika mereka meresponsnya, dengarkanlah respons mereka dengan penuh perhatian dan terbuka. Jangan coba sekali-kali untuk membela diri di saat mereka merespons permintaan maafmu.

6. Jangan pernah sekali-kali memaksa dan menuntut teman untuk memaafkan kamu

Pexels/alleksana

Meminta maaf atas kesalahan memang penting untuk dilakukan agar dapat menjaga hubungan dengan teman. Akan tetapi, kamu harus ingat bahwa meminta maaf tidak selamanya diikuti dengan mendapatkan pengampunan dari orang lain.

Kamu perlu tahu bahwa setiap orang memiliki proses yang berbeda-beda dalam memaafkan kesalahan orang lain. Apalagi jika kesalahan yang kamu perbuat kepadanya sudah masuk dalam kategori besar atau fatal.

Oleh karena itu, hindarilah memaksa dan menuntut mereka untuk memaafkan kamu. Tindakan memaksa atau menuntut pun tak ada gunanya untuk kamu lakukan. Pasalnya, tindakan ini bisa membuat hubunganmu dengan teman bertambah rusak.

Jika memang teman kamu belum ada jawaban, kamu bisa menghormatinya. Bersabarlah dan tunggulah mereka untuk memikirkan dan merenungkan permintaan maaf yang sudah kamu sampaikan.

7. Tunjukkan diri sungguh-sungguh mau berubah

Pexels/Suzy Hazelwood

Jika sudah menyampaikan permintaan maaf, tugasmu sekarang adalah menunjukkan diri dengan sungguh-sungguh mau memperbaiki kesalahan dan berubah. Cara ini merupakan bentuk komitmen yang bisa kamu tunjukkan kepada mereka atas permintaan maafmu.

Kamu harus tahu, bahwa menunjukkan komitmen untuk mau berubah dan memperbaiki kesalahan dapat berpotensi membangun kembali rasa kepercayaan temanmu.

Kalau berani, kamu bisa memberikan jaminan bahwa kamu akan berusaha keras untuk tak lagi mengulang kesalahan yang sama.

Jadi, itulah beberapa cara minta maaf ke teman yang tulus. Semoga informasi di atas bermanfaat ya, Ma. 

Baca juga:

The Latest