TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

7 Fakta Keluarga Iqbal Gwijangge Timnas U-19, Mamanya Mantan Atlet

Mamanya Iqbal Gwijangge ternyata merupakan seorang mantan atlet angkat besi

Instagram.com/mhhiqbal

Sosok Iqbal Gwijangge mungkin sudah tidak asing lagi di mata pencinta sepak bola tanah air. Dia memang selama ini dikenal sebagai seorang pesepak bola. Pada tahun 2024 ini, Iqbal diketahui tergabung dalam Timnas Indonesia U-19.

Dia bahkan mampu mencetak brace alias dua gol pada babak pertama saat pertandingan Timnas Indonesia U-19 vs Filipina pada grup A Piala AFF U-19 2024, Rabu (17/7/2024) malam.

Sebelumnya, nama Iqbal memang sudah menarik atensi publik. Tak sedikit orang yang penasaran dengan Iqbal dan ingin tahu lebih dekat biodata dan profil tentangnya, termasuk soal latar belakang keluarganya.

Ini dia deretan fakta keluarga Iqbal Gwijangge Timnas U-19 yang sudah Popmama.com rangkumkan dari berbagai sumber secara detail.

Yuk, disimak!

Kumpulan Fakta Keluarga Iqbal Gwijangge Timnas U-19

1. Iqbal Gwijangge punya darah Papua yang mengalir dari kedua orangtuanya

Instagram.com/mhhiqbal

Iqbal Gwijangge yang saat ini sudah dikenal publik diketahui memiliki nama lengkap Muhammad Iqbal Gwijangge. Pemain Timnas Indonesia U-19 ini memiliki darah keturunan Papua yang mengalir dari kedua orangtuanya yang merupakan orang asli Papua.

Meski memiliki darah Papua di dalam dirinya, Iqbal ternyata tidak lahir di sana. Alih-alih lahir di Papua, dia sendiri lahir di Sumedang pada tanggal 29 Agustus 2006 silam.

2. Mamanya sering pindah tugas ASN buat Iqbal habiskan masa kecilnya di Sumedang dan Bandung

Instagram.com/mhhiqbal

Sejak kecil, Iqbal menghabiskan waktunya di Jawa Barat. Sebagian besar masa kecilnya dihabiskan di Sumedang, dan sisanya di Bandung. Hal ini sebenarnya tak mengherankan karena mamanya sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN) sering berpindah tempat dinas.

Mamanya dulu pernah bertugas di Dinas Pemuda dan Olahraga Sumedang dan kemudian pindah ke Dinas Pemuda dan Olahraga Bandung.

Iqbal sendiri tinggal di Sumedang hanya sampai Taman Kanak-Kanak (TK). Dia lalu melanjutkan pendidikan Sekolah Dasar (SD) di Kota Bandung, seiring dengan perpindahan tugas sang mama kala itu.

3. Mamanya dulu diangkat menjadi anak dari seorang kolonel

Instagram.com/mhhiqbal

Tidak sedikit yang penasaran dengan latar belakang kehidupan mamanya Iqbal Gwijangge. Setelah ditelusuri, mamanya Iqbal, Besinah Haluk yang lahir di Papua ternyata sejak kecil sudah dijadikan anak angkat oleh seorang kolonel bernama Rahmat.

Kolonel Rahmat sendiri adalah warga asal Sumedang yang berdinas di Papua. Setelah selesai dinas di sana, Besinah yang juga akrab disapa dengan sebutan Teh Abes, ikut diboyong Rahmat ke Sumedang.

4. Cerai dari mamanya Iqbal, sang papa diketahui kembali ke Wamena

Instagram.com/mhhiqbal

Seiring berjalannya waktu, Besinah kemudian menikah dengan seorang lelaki asal Papua yang menjadi papa bagi Iqbal Gwijangge. Namun, sayangnya pernikahan kedua orangtua Iqbal kabarnya telah berakhir dengan perceraian.

Setelah cerai dari mamanya Iqbal, sang papa diketahui kembali ke Wamena, Papua. Sejak kecil hingga besar, Iqbal hanya dibesarkan oleh mamanya.

5. Mamanya Iqbal merupakan mantan atlet angkat besi

Instagram.com/mhhiqbal

Di keluarganya, ternyata tidak hanya Iqbal saja yang menjadi seorang atlet. Sebelum Iqbal terjun sebagai pesepak bola, mamanya jauh sudah lebih dulu terjun sebagai atlet angkat besi.

Yups, Besinah Haluk adalah seorang atlet angkat besi. Dia menekuni olahraga ini dan bahkan berhasil mewakili Provinsi Jawa Barat dalam ajang Pekan Olahraga Nasional (PON). Pada tahun 2016, Besinah putuskan pensiun sebagai atlet angkat besi.

Sebagai seorang atlet, Besinah menghabiskan banyak waktunya di GOR Padjadjaran, Bandung. Iqbal sejak masih TK bahkan sudah ikut ke sana untuk melihat mamanya latihan.

6. Ada peran mamanya di balik prestasi gemilang Iqbal di dunia sepak bola

Instagram.com/mhhiqbal

Saat ini sosok Iqbal memang sudah populer dan memiliki prestasi gemilang di dunia sepak bola. Di balik itu semua, ternyata ada mamanya yang berperan penting dalam karier seorang Iqbal Gwijangge.

Sebagai orangtua, Besinah terus mendukung perjuangan Iqbal hingga saat ini bisa menembus skuad Garuda. Besinah bahkan sempat membelikan sepatu untuk putranya saat dipanggil ke Timnas U-16. Padahal, kala itu situasi keuangan sedang tak baik karena pandemi.

Saat itu, Iqbal sebenarnya memiliki satu pasang sepatu hasil pemberian pelatih. Namun, Iqbal tetap harus memiliki cadangan sepatu lain untuk berjaga-jaga. Akhirnya, Besinah tetap memberikan Iqbal uang untuk membeli sepatu.

Menariknya, sepatu yang dibelinya itu terus dipakai selama gelaran Piala AFF U-16 2022 dan dapat membawa Indonesia menjadi juara. Tak hanya itu, Iqbal bahkan juga meraih beasiswa untuk menempuh pendidikan sepak bola di Puskas Akademia, Hungaria.

7. Mamanya bangga dengan prestasi Iqbal

Instagram.com/mhhiqbal

Prestasi Iqbal tidak hanya membuat bangga dirinya saja. Sang mama juga ikut bangga dengan prestasi Iqbal, apalagi sampai berhasil tembus di skuad Timnas Indonesia. Pasalnya, masuk ke skuad Garuda adalah cita-cita bagi Iqbal sejak kecil.

Perjalanan yang ditempuh Iqbal menjadi seperti sekarang tentu tidak mudah. Perjuangan Besinah bersama Iqbal sangat berat dan panjang. Besinah bahkan kerap mengantarkan Iqbal saat masih berlatih di SSB. Kini, perjuangan panjang itu sudah mulai terbayarkan.

Namun, perjuangan Iqbal tidak berhenti sampai di sana. Sang mama berharap agar karier Iqbal bisa berlanjut ke jenjang profesional senior, hingga ke luar negeri.

Jadi, itulah rangkuman fakta keluarga Iqbal Gwijangge. Dari fakta kali ini, ada banyak hal yang bisa diketahui lebih dekat tentang keluarga Iqbal.

Kita doakan saja yang terbaik untuk kariernya di dunia sepak bola, ya.

Baca juga:

The Latest