TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

9 Fakta Keluarga Putri Zulkifli Hasan, Anak Politisi PAN

Papanya Putri Zulkifli Hasan dikenal sebagai politisi dan menjabat Menteri Perdagangan era Jokowi

Instagram.com/putri_zulhas

Putri Zulkifli Hasan mungkin sudah tidak lagi asing. Kini, publik mengenal Putri sebagai politikus Partai Amanat Nasional (PAN). Dari bio Instagram, Putri diketahui menjabat Wakil Ketua Umum (Waketum) DPP PUAN (Perempuan Amanat Nasional).

Di balik sosoknya yang populer, ternyata masih ada banyak orang yang belum tahu banyak soal Putri Zulkifli Hasan. Padahal, di balik sosoknya ada banyak fakta menarik yang bisa membuat publik jadi lebih mengenal sosok Putri dan keluarganya.

Berikut Popmama.com telah merangkum deretan fakta keluarga Putri Zulkifli Hasan secara detail dari berbagai sumber.

Simak beberapa faktanya berikut ini, yuk!

1. Putri Zulkifli Hasan merupakan anak pertama dari empat bersaudara

Instagram.com/putri_zulhas

Putri Zulkifli Hasan terlahir dengan nama Futri Zulya Savitri. Dia adalah anak dari pasangan Zulkifli Hasan dan Soraya Mohammad Ali. Putri Zulkifli Hasan diketahui lahir di Jakarta pada tanggal 13 Mei 1988 silam.

Menariknya, Putri Zulhas bukanlah satu-satunya anak di keluarganya. Putri Zulhas diketahui merupakan anak pertama dari empat bersaudara. Sebagai kakak, Putri Zulhas memiliki adik bernama Zita Anjani, Ray Zulham Farras Nugraha, dan M. Rafi Haikal.

2. Papa dan mamanya Putri Zulkifli Hasan menikah di usia muda

Instagram.com/putri_zulhas

Masih ada fakta menarik mengenai kehidupan keluarga Putri Zulkifli Hasan. Dalam video bersama istri Raffi Ahmad, Nagita Slavina, ia pernah membongkar fakta mengenai pernikahan papa dan mamanya.

Dari situ diketahui terungkap bahwa papa dan mamanya Putri Zulhas menikah di usia muda.

"Nyokap, bokap gue itu nikahnya muda juga, Gi. Umur 22 atau 23," kata Putri Zulhas dalam video di kanal YouTube Rans Entertainment.

3. Papa dan mamanya Putri Zulkifli Hasan memiliki perbedaan sikap terhadap pendidikannya

Instagram.com/putri_zulhas

Dulu, Putri Zulhas diketahui pernah satu sekolah dengan Nagita Slavina. Keduanya yang kini sudah menjadi sahabat itu ternyata pernah bersaing secara akademik di masa sekolah, lho.

Meski demikian, sebenarnya orangtua Putri Zulkifli Hasan memiliki sikap yang berbeda mengenai pendidikannya. Dalam video bersama Nagita Slavina, Putri Zulhas menceritakan bahwa mamanya adalah orang yang santai, sementara papanya lebih mendorongnya.

"Sebenarnya kalau nyokap gue santai banget malah. Kalau bokap gue lebih pressure lebih kayak 'kalau bisa kamu gini-gini, ya', tapi nggak yang terlalu demanding, memang gue sih kayaknya kompetitif anaknya," cerita Putri.

4. Papanya yang bernama Zulkifli Hasan dikenal sebagai politisi

Instagram.com/putri_zulhas

Bila mendengar nama Zulkifli Hasan, publik pastinya sudah tidak lagi asing dengan sosok tersebut. Pasalnya, nama Zulkifli Hasan memang sudah dikenal sebagai seorang politisi dari Partai Amanat Nasional (PAN).

Zulkifli Hasan lahir di Lampung pada tanggal 17 Mei 1962. Sebelum dikenal menjadi politisi, lelaki yang akrab disapa Zulhas itu dibesarkan dalam keluarga petani. Dirinya di masa lalu sempat menjadi PNS. Dia kemudian memutuskan beralih profesi menjadi pengusaha.

Saat menjadi pengusaha, Zulhas memulai usahanya sendiri dan berhasil memimpin beberapa perusahaan di bidang retail. Karier Zulhas kemudian berlanjut menjadi seorang politisi.

Sebelum menjadi Ketua Umum PAN periode 2020-2025, Zulhas diketahui pernah menjabat sebagai Sekjen PAN tahun 2005-2010. Selain itu, dia juga pernah menjadi anggota DPR periode 2005-2009 di Komisi VI DPR RI yang membidangi industri, investasi, dan persaingan usaha.

5. Papanya Putri Zulkifli Hasan menjabat sebagai Menteri Perdagangan menggantikan Muhammad Lutfi

Instagram.com/putri_zulhas

Tidak hanya sekadar menjadi politisi, papanya Putri Zulkifli Hasan ternyata juga memiliki jabatan yang mentereng selama kariernya di dunia politik Indonesia.

Zulkifli Hasan diketahui menjabat sebagai Menteri Perdagangan di masa pemerintahan Presiden Jokowi. Dia diangkat menjadi menteri menggantikan Muhammad Lutfi. Lelaki yang juga akrab disapa Bang Zul ini dilantik oleh Presiden pada tanggal 15 Juni 2022 lalu.

Sebelum dilantik, Zulhas sempat menjabat sebagai Wakil Ketua MPR periode 2019-2022. Sebelumnya, dia juga pernah menjabat sebagai Ketua MPR periode 2014 hingga 2019 silam.

Zulhas menjadi menteri bukan baru itu saja. Pada tahun 2009 hingga 2014 silam, Zulkifli Hasan pernah menjabat sebagai Menteri Kehutanan pada era Kabinet Indonesia Bersatu jilid II di masa pemerintahan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

6. Tiba-tiba dilamar, Putri Zulkifli Hasan akhirnya menikah dengan Ahmad Mumtaz Rais

Instagram.com/putri_zulhas

Putri Zulkifli Hasan diketahui sempat nikah muda dengan anak politisi Amien Rais, Ahmad Mumtaz Rais. Putri dan Mumtaz menikah pada tahun 2011 silam. Di balik kisah asmara tersebut, ada fakta yang dibagikan oleh Putri Zulhas dalam video bersama Nagita Slavina.

Sebelum akhirnya menikah, Putri Zulkifli Hasan diketahui dilamar oleh Ahmad Mumtaz Rais setelah pulang dari Australia menyelesaikan pendidikan S2-nya. Saat itu, Putri Zulhas belum menjalin hubungan pacaran dengan Mumtaz.

Padahal, Putri mengaku kepada Nagita Slavina bahwa kala itu dirinya sudah menjalin hubungan pacaran selama tiga tahun dengan orang lain.

"Long story short, pulang dari Australia itu gue dilamar sama papanya anak-anak. Dilamar terus jadi memang nggak sempat pacaran sih," kata Putri.

Putri kemudian menikah dengan Mumtaz Rais pada bulan Oktober 2011 silam. Keputusan Putri yang memilih untuk menikah dengan Mumtaz pun didukung oleh orangtuanya saat itu.

"Karena dari keluarga gue itu kayak, 'Udah yang serius saja. Jangan yang kayak masih main-main atau belum kasih kepastian. Lebih baik tuh yang langsung serius, yang langsung kayak ya sudah dilamar langsung menikah kan nanti pacarannya bisa habis menikah'," jelasnya.

7. Pernikahan Putri Zulkifli Hasan dan Mumtaz Rais telah dikaruniai dua orang anak

Instagram.com/putri_zulhas

Dari kehidupan pernikahannya bersama Mumtaz Rais, Putri Zulkifli Hasan diketahui sudah dikaruniai dua orang anak. Putri Zulkifli Hasan memiliki satu anak perempuan bernama Illiyyuna Kamila Rais dan anak laki-laki bernama Abraham Zahavi Rais.

Setelah berpisah dari Mumtaz Rais, hak asuh anak diketahui berhasil didapatkan oleh Putri melalui sidang perceraian yang dilakukan. Sementara, Mumtaz wajib menafkahi kedua anaknya sejumlah Rp 30 juta setiap bulan hingga kelak dewasa dan mandiri.

8. Pernikahan Putri Zulkifli Hasan dan Mumtaz Rais berakhir dengan perceraian

Instagram.com/putri_zulhas

Setelah bertahun-tahun bersama, Putri Zulkifli Hasan kemudian mengajukan gugatan perceraian secara resmi ke Pengadilan Agama Jakarta Selatan pada Februari 2022. Mumtaz dan Putri kemudian resmi bercerai pada bulan Mei 2022 lalu.

"Jadi, ya kan gue menikah berarti kan 10 mau 11 tahun, menurut gue itu waktu yang lama. Untuk kita nih perempuan yang mengambil keputusan itu tuh bukan hal yang mudah karena menurut gue semua perempuan yang akhirnya mengambil keputusan untuk pisah itu pasti udah battle dalam dirinya pasti itu udah nggak tidur berapa hari udah salat apa segala macam minta petunjuk. Itu keputusan terakhir yang mungkin harus diambil," terangnya.

"Bagi gue itu ada prinsip-prinsip yang nggak bisa dilanggar. Intinya, kalau prinsip-prinsip itu dilanggar apalagi yang nggak sesuai dengan kaidah ajaran agama kita sebagai perempuan juga berhak kok untuk menyelamatkan diri kita sendiri sama anak-anak," tambahnya.

Sebelum memutuskan bercerai, Putri mengaku sempat mempertimbangkan beberapa hal, seperti nasib orangtua dan anak-anaknya. Putri bahkan sempat berkonsultasi dengan Ustaz sebelum akhirnya memutuskan berpisah.

"Akhirnya setelah itu ya sudah, ya mantap itu jalan yang terbaik untuk diambil saat itu," katanya.

Keputusan bercerai memang tidak mudah untuk diambil oleh Putri. Terlebih lagi, pernikahannya dengan Mumtaz sudah berjalan hampir 11 tahun. Saat memilih untuk bercerai, Putri mendapatkan dukungan dari papa dan mamanya hingga saudara-saudaranya.

"Ya, waktu itu pas akhirnya terakhir-terakhir itu gue ngomong, nyokap-bokap sih kayak, 'Mami sama papi support apa pun keputusan kamu yang penting kamu tuh bahagia, yang penting anak-anak bahagia. Mami sama papi yakin kamu bisa membesarkan anak-anak'," tambahnya.

9. Putri Zulkifli Hasan putuskan ganti namanya dari Futri Zulya Savitri

Instagram.com/putri_zulhas

Putri Zulkifli Hasan ternyata bukanlah nama asli darinya. Sebelumnya, Putri terlahir dengan nama Futri Zulya Savitri. Dia diketahui mengajukan pergantian nama ke Pengadilan Negeri Jakarta Selatan pada tanggal 28 Juni 2022 lalu.

Pengajuan pergantian nama tersebut lantas dikabulkan dengan sejumlah ketetapan dari majelis hakim.

"Mengabulkan permohonan pemohon untuk sebagian. Memberikan izin kepada pemohon untuk mengubah nama dalam Kutipan Akta Kelahiran Nomor: 10940/JT/1988 dari Kantor Catatan Sipil Jakarta Timur, dari semula bernama Futri Zulya Savitri menjadi Putri Zulkifli Hasan," bunyi surat keputusan PN Jakarta Selatan yang dikutip dari situs resmi.

Jadi, itulah deretan fakta keluarga Putri Zulkifli Hasan yang sudah dirangkum dari berbagai sumber secara detail. Melalui rangkuman ini, kamu tentunya jadi lebih mengenal akan sosok Putri Zulkifli Hasan dan keluarganya.

Baca juga:

The Latest