TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

9 Prosesi Pernikahan yang Dijalani Jessica Mila, Gunakan Adat Batak

Dari Mangain sampai resepsi, ini prosesi pernikahan yang dijalani Jessica Mila dan Yakup Hasibuan

Youtube.com/Jessica Mila

Suasana bahagia kini tengah menyelimuti perasaan pasangan yang baru menikah, Jessica Mila dan Yakup Hasibuan. Setelah menjalin hubungan pacaran, kini keduanya sudah secara resmi menjadi pasangan suami istri.

Seperti yang diketahui, Yakup dan Mila sudah melangsungkan ibadah pemberkatan pernikahan pada Jumat (5/5/2023) kemarin di Gereja HKBP Rawamangun Jakarta Timur.

Sebelum melangsungkan pernikahan, Yakup dan Mila memang sudah menjalani beberapa rangkaian prosesinya. Rangkaian tersebut bahkan terus berlanjut setelah mereka resmi menikah, lho.

Dari beberapa prosesi yang dijalani, melalui unggahannya, Mila mengaku acara tersebut penuh kesan dan kehangatan. Ia bahkan memiliki banyak memori yang membuat dirinya terharu.

"Dari banyaknya prosesi mulai dari Mangain, Marhusip, Marsipanganon, Martonggo Raja semuanya penuh kesan dan kehangatan," tulis Mila dalam caption pada unggahan di Instagram.

Jika kamu ingin mengetahui apa saja prosesi pernikahan yang dijalani Jessica Mila, kali ini Popmama.com sudah merangkumnya secara detail.

Penasaran? Yuk, keep scrolling untuk membacanya!

1. Mangain

Instagram.com/jscmila

Menjelang hari pernikahan, Jessica Mila diketahui sudah menjalankan prosesi mangain. Prosesi ini dilakukan karena Mila bukan merupakan suku Batak. Seperti yang diketahui, Mila memiliki darah Solo dari mendiang papanya, serta darah Belanda dan Manado dari mamanya.

Dalam prosesi mangain, Mila mendapatkan marga Batak, yakni Damanik. Marga ini sama seperti mama Yakup Hasibuan, Normawati Damanik. Marga Damanik yang diterima Mila ini diambil dari kakak laki-laki Normawati yang mengangkatnya sebagai anak secara adat.

2. Marhusip

Instagram.com/jscmila

Prosesi berikutnya yang juga sudah dilakukan Jessica Mila adalah marhusip. Acara ini bisa diartikan sebagai pembicaraan yang bersifat rahasia atau disebut juga sebagai perundingan antara utusan calon pengantin laki-laki dengan wakil dari calon pengantin perempuan.

Dalam acara ini, biasanya salah satu topik yang mereka diskusikan ialah tentang sinamot atau maskawin yang tidak boleh diketahui secara umum. Hal itu karena dikhawatirkan acara pernikahan akan terjadi kegagalan.

3. Marsipanganon

Instagram.com/jscmila

Prosesi rangkaian acara berikutnya yang juga sudah dilangsungkan oleh Mila dan Yakup menuju pernikahan ialah marsipanganon.

Marsipanganon merupakan acara makan bersama dalam tradisi pernikahan adat Batak. Acara ini dianggap sebagai momen yang sangat penting untuk menguatkan hubungan keluarga dan mempererat ikatan antar kedua keluarga pasangan.

Menariknya, bagi masyarakat suku Batak, makan bersama atau rap marsipanganon adalah ritual yang sangat penting dan bermakna khusus, Ma.

Oleh sebab itu, setiap ada pembahasan atau acara penting yang dilaksanakan, tentunya ada makan bersama yang dilakukan.

4. Martumpol

Instagram.com/jscmila

Martumpol menjadi rangkaian acara prosesi pernikahan yang dilakukan oleh Mila. Martumpol bisa disebut sebagai acara pertunangan. Namun secara harafiah, martumpol ialah acara yang dilakukan kedua pengantin untuk ikat janji pernikahan.

"Ya, dengan segenap hati, jiwa dan kekuatanku, aku mengasihi Jessica Mila Angensia Damanik dan menghendakinya menjadi istriku," ujar Yakup Hasibuan saat menjawab pertanyaan pendeta, dikutip dari kanal YouTube Jessica Mila.

"Ya, dengan segenap hati dan jiwa dan kekuatanku, aku mengasihi Yakup Putra Hasibuan dan menghendakinya menjadi suamiku," ucap Jessica Mila.

Dalam prosesi ini, kedua mempelai dengan para pihak keluarga yang mendampingi akan melakukan tanda tangan pada sebuah surat. Surat ini akan digunakan untuk melakukan proses pemberkatan pernikahan pada prosesi selanjutnya.

5. Martongo Raja

Instagram.com/jscmila

Martongo Raja juga menjadi proses pernikahan adat Batak selanjutnya yang dijalankan oleh Mila dan Yakup.

Martonggo Raja merupakan acara di mana mengumpulkan semua anggota keluarga. Hal tersebut dilakukan karena dalam adat Batak, acara pernikahan adalah urusan semua keluarga. Dengan demikian semua keluarga harus dikumpulkan untuk upacara.

Pada prosesi ini, kedua pihak dari calon pengantin yang akan menikah membahas prosesi adat hari H lebih dalam lagi.

Untuk melancarkan rangkaian pernikahan adat Batak tersebut, masing-masing keluarga kedua mempelai membentuk suatu panitia atau yang biasa disebut parhobas.

6. Pemberkatan pernikahan

Youtube.com/Jessica Mila

Setelah tahap tersebut, Mila dan Yakup menjalani prosesi pemberkatan pernikahan di gereja. Prosesi pemberkatan pernikahan Mila dan Yakup dilangsungkan di HKBP Rawamangun, Jakarta Timur, pada tanggal 5 Mei 2023.

Bila dilihat dari foto yang beredar, Mila dan Yakup tampil dalam balutan busana pengantin berwarna putih dalam acara pemberkatan pernikahan yang dilangsungkan.

Ibadah pemberkatan pernikahan mereka pun diwarnai oleh perasaan haru dan penuh bahagia.

7. Ulaon Unjuk

Instagram.com/jscmila

Setelah dilakukan pemberkatan pernikahan, Mila dan Yakup akan melanjutkan rangkaian tersebut dengan ulaon unjuk. Acara tersebut dilangsungkan pada tanggal 6 Mei 2023, atau sehari sesudah pemberkatan pernikahan.

Acara yang juga dikenal dengan nama Pesta Adat ini memiliki rangkaian prosesi yang terbilang sangat banyak dan membutuhkan waktu yang cukup panjang. Tentu saja, kedua mempelai harus memiliki kondisi yang fit.

Di penghujung acara ini, pengantin akan menerima nasihat yang diberikan oleh pihak orangtua kedua mempelai. Setelah itu pengantin memberikan ucapan rasa syukur kepada Tuhan, orangtua, keluarga, dan seluruh tamu undangan yang hadir.

8. Resepsi pernikahan

Instagram.com/jscmila

Seperti pernikahan pada umumnya, tentu akan ada rangkaian resepsi yang dilakukan. Biasanya, pasangan yang baru saja menikah akan memilih melaksanakan resepsi pernikahan di hari yang sama atau di hari yang berdekatan dari hari pemberkatan.

Hal tersebut rupanya berbeda dengan Jessica Mila dan Yakup Hasibuan. Berdasarkan informasi dari mama Mila, Jane Magdalena Baker, resepsi Yakup dan Mila akan dilaksanakan pada Sabtu, 13 Mei 2023 mendatang.

9. Rencananya akan ada after party di Bali

Youtube.com/Jessica Mila

Rangkaian acara pernikahan Jessica Mila dan Yakup Hasibuan memang tidak banyak dibocorkan oleh pihak keluarga kedua mempelai. Namun, usai resepsi, kabarnya akan ada rangkaian acara yang dilaksanakan di Bali.

"Tanggal 5 (Mei) pemberkatan, tanggal 6 (upacara adat), resepsi, baru (acara) di Bali. Memang acaranya panjang, tapi kita jalani menurut adat. Mila juga tahu sebagai orang Batak itu yang harus dijalaninya," ucap Otto Hasibuan, papa Yakup Hasibuan.

Sekadar untuk diketahui, Pulau Dewata memang menjadi tempat impian bagi Mila untuk melangsungkan pernikahan. Hal tersebut lantaran Bali banyak menyimpan memori indah bagi Mila.

Jadi, itulah rangkuman informasi soal prosesi pernikahan yang dijalani Jessica Mila. Bila dilihat, ada banyak rangkaian acara yang dijalani oleh Mila di hari bahagianya.

Sekali lagi, selamat untuk Jessica Mila dan Yakup Hasibuan yang sudah resmi menjadi pasangan suami istri. Semoga rumah tangga mereka bisa berjalan bahagia dan harmonis.

Baca juga:

The Latest