TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

Syarat dan Cara Mengganti Buku Nikah yang Salah Tulis, Bebas Biaya

Punya buku nikah yang salah tulis dan ingin menggantinya? Ketahui syarat dan cara gantinya, yuk!

kemenaglampungtimur.id

Seperti yang diketahui, buku nikah merupakan dokumen resmi dari Kantor Urusan Agama (KUA) yang paling penting dimiliki oleh pasangan yang sudah menikah. Dokumen ini menjadi bukti pernikahan mereka yang sah secara agama maupun di hadapan negara.

Meski tidak terlalu sering, kesalahan penulisan identitas pada buku nikah bisa saja terjadi dan dialami oleh beberapa orang. Kesalahan penulisan tersebut biasanya terjadi pada nama, alamat atau tempat, dan tanggal lahir.

Bila kamu mengalami hal serupa, segeralah untuk mengurus pergantian buku nikah. Jika tidak segera, hal ini akan berdampak pada kesulitan dalam mengurus keperluan lainnya, seperti pembuatan akta kelahiran anak, mengurus kartu keluarga, hingga pembuatan paspor.

Sebagai informasi, ketentuan penggantian buku nikah yang terdapat kesalahan penulisan sudah diatur pada Pasal 37 ayat 1 Peraturan Menteri Agama Nomor 20 Tahun 2019 Tentang Pencatatan Pernikahan. Pasal tersebut berbunyi:

"Apabila terjadi kesalahan dalam penulisan digital atau manual pada Buku Nikah sebagaimana dimaksud dalam Pasal 36, dapat dilakukan penggantian Buku Nikah."

Nah, kali ini Popmama.com telah merangkum informasi mengenai syarat dan cara mengganti buku nikah yang salah tulis secara lebih detail.

Yuk, disimak!

Syarat dan Cara Ganti Buku Nikah

indonesia.go.id

Sebelum kamu hendak mengganti buku nikah yang salah tulis, kamu perlu ketahui persyaratan dan caranya terlebih dahulu.

Dilansir dari unggahan di akun Instagram Kementerian Agama RI @kemenag_ri, syarat dan cara penggantian buku nikah yang salah tulis ternyata cukup mudah untuk diikuti oleh siapa pun, lho.

Bila terjadi kesalahan penulisan pada buku nikah, kamu hanya tinggal menyiapkan dan membawa beberapa dokumen yang dibutuhkan ke KUA.

Berikut dokumen yang wajib dibawa sebagai persyaratan untuk penggantian buku nikah, antara lain:

  • Buku Nikah Asli
  • Pas foto 2x3 latar biru

Jika Stok Buku Nikah terbatas, KUA akan Berikan Solusi dengan Cara Lain

kemenaglampungtimur.id

Meski tidak terlalu sering terjadi, stok buku nikah yang ada bisa saja terbatas. Bila kamu ingin melakukan penggantian buku nikah, tetapi stoknya sangat terbatas, maka KUA akan berikan solusi dengan cara lain.

Berikut langkah yang akan dilakukan oleh pihak KUA jika stok buku nikah terbatas, antara lain:

  • Mencoret dua garis pada tulisan yang salah
  • Menulis perbaikannya dengan huruf kapital
  • Kepala KUA membubuhi paraf pada ujung kanan pada kata yang dicoret
  • Kepala KUA memberi cap dinas di atas kata yang salah

Jika kamu menghadapi hal seperti ini, tenang saja tidak usah khawatir. Buku nikah yang kamu miliki tetap sah.

Penggantian Buku Nikah yang Salah Tulis Bebas Biaya

Shopee.co.id

Selain mengetahui mengenai syarat dan caranya, kamu juga perlu tahu bahwa penggantian buku nikah yang salah tulis tidak akan dipungut biaya alias gratis.

Jadi, bila kamu mengalami masalah seperti ini, jangan lupa untuk segera melakukan penggantian, ya.

Setelah mengetahui beberapa persyaratan dan caranya, kamu bisa langsung mendatangi KUA untuk melakukan penggantian buku nikah yang salah tulis.

Itulah rangkuman informasi tentang syarat dan cara mengganti buku nikah yang salah tulis. Adanya informasi ini tentu menjadi solusi bagi kamu yang mengalami kejadian tersebut.

Semoga informasi ini bermanfaat.

Baca juga:

The Latest