TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

6 Fakta Keluarga Mantan Ketua KPK Firli Bahuri, Dibesarkan Mamanya

Presiden Jokowi resmi memberhentikan Firli Bahuri sebagai Ketua KPK

Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Firli Bahuri resmi diberhentikan oleh Presiden Joko "Jokowi" Widodo.  Hal itu tertuang dalam Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 129/P Tahun 2023, tentang pemberhentian Firli Bahuri sebagai ketua merangkap anggota KPK, masa jabatan 2019-2024.

Ari Dwipayana selaku Koordinator Staf Khusus Presiden mengatakan Keppres itu ditandatangani Jokowi pada Kamis (28/12/2023).

"Keppres mulai berlaku pada tanggal ditetapkan," ujar Ari kepada wartawan, Jumat (29/12/2023).

Firli kini menyandang status tersangka yang ditetapkan oleh Polda Metro Jaya, dengan dugaan korupsi berupa pemerasan eks Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo dan gratifikasi. Usai menguaknya kasus tersebut, sosok Firli Bahuri viral di jagat media sosial.

Tak sedikit masyarakat yang penasaran terhadap background Ketua KPK itu, termasuk keluarganya. Agar lebih jelasnya, berikut Popmama.com telah merangkum sejumlah fakta keluarga Firli Bahuri yang dilansir dari berbagai sumber.

1. Berasal dari keluarga kurang mampu

Instagram.com/firlibahuriofficial

Berbicara latar belakang keluarganya, Firli Bahuri jalani kehidupan masa kecilnya dengan serba kekurangan.

Keluarga Firli bukanlah berasal dari orang berada, melainkan dari kalangan menengah ke bawah. Bersama keluarga, ia hidup di sebuah gubuk sederhana di Dusun Lontar, Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan.

Bahkan, Firli sempat banting tulang dengan berjualan, kerja, dan mencuci mobil untuk biaya sekolah karena keluarganya tak mampu membayarnya.

2. Merupakan anak bungsu dari enam bersaudara

Instagram.com/firlibahuriofficial

Dalam keluarganya, Firli bukanlah anak tunggal. Firli diketahui merupakan anak bungsu dari enam bersaudara. Adapun kakak-kakaknya yakni Rusibah, Sismiana, Iskandar, Makmulhad dan Busri.

Tetapi, salah satu kakaknya, Iskandar dikabarkan telah meninggal dunia. Diketahui kakaknya dimakamkan dekat dengan kakek dan neneknya di kampung halamannya di Desa Lontar, Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan. 

3. Papanya meninggal saat Firli berusia 5 tahun

Instagram.com/firlibahuriofficial

Sayangnya, Firli tak bisa merasakan kasih sayang yang lama dari papanya. Papanya yang bernama Bahuri, diketahui telah meninggal saat Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) itu berusia lima tahun.

Sejak saat itu, praktis hanya mamanya yang menghidupi Firli serta kakak-kakaknya hingga dewasa.

4. Mamanya menjadi orangtua tunggal untuk Firli dan saudaranya

Instagram.com/firlibahuriofficial

Sepeninggal papanya, otomatis mama Firli Bahuri juga menjadi seorang papa bagi anak-anaknya. Mamanya gigih dan berjuang keras demi menghidupi enam anaknya hingga sukses.

"Kenyataan bahwa ibu saya yang gigih dan berdaya sebagai orangtua tunggal mampu membesarkan enam anaknya, menyelamatkan kami dengan pendidikan karakter dan sekolah tinggi, semoga bisa menjadi contoh. Tanpa satu perempuan berdaya seperti Ibu, kami anak-anaknya belum tentu sampai di hari ini," ungkap Firli dalam perayaan Hari Ibu pada 22 Desember 2021 lalu.

5. Firli dididik oleh mamanya hingga menjadi anak yang berhasil

Instagram.com/firlibahuriofficial

Firli menyebut mamanya sukses mendidik enam anaknya dengan sangat baik. Ia turut bangga mamanya bisa membuat anak-anaknya memiliki jati diri, watak, dan kepribadian baik.

"Nilai-nilai ketuhanan, agama, moral, akhlak, etika dan budaya, serta kejujuran yang ditanamkan seorang ibu kepada anak-anaknya, dapat menjadi fondasi kuat dalam membentuk karakter dan integritas seorang anak, sebagai generasi penerus bangsa dan negara ini," tambahnya.

Selain itu, mamanya juga selalu menanamkan rasa benci terhadap korupsi kepada anak-anaknya. Maka dari itu, Firli teguh atas sikap antikorupsi yang dimilikinya.

6. Kakanya sempat bela Firli saat mendapat serangan pribadi

Instagram.com/firlibahuriofficial

Beberapa waktu lalu, Firli Bahuri dikabarkan sempat mendapat serangan pribadi dan fitnahan dari mantan pengawai KPK.

Kakaknya, Busri, turun tangan membela adiknya yang disebut mendapat kecaman pribadi dari eks pegawai KPK. Ia mengaku hendak membela Firli karena dinilai telah bekerja sesuai aturan.

Nah, itulah beberapa fakta keluarga Firli Bahuri yang berhasil dirangkum secara mendalam. Semoga informasi di atas dapat menambah pengetahuanmu tentang keluarga mantan Ketua KPK yang satu ini, ya.

Baca juga:

The Latest