TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

7 Fakta Keluarga Willy Dozan yang Jarang Diketahui Publik

Anak sulung Willy Dozan diduga lakukan kekerasan terhadap kekasihnya

Willy Dozan dikenal sebagai aktor dan ahli bela diri ternama tanah air. Namanya populer kala membintangi sejumlah film laga era 1980-an.

Memulai debutnya pada 1977, Willy Dozan dicap sebagai salah satu aktor senior yang masih aktif hingga saat ini. Jejaknya pun diikuti oleh salah satu anaknya yang juga terjun di dunia perfilman.

Ketenaran Willy Dozan di industri hiburan tak menyurutkan para penggemar untuk mengulik kehidupan pribadi sang aktor, tak terkecuali fakta mengenai keluarganya.

Biar tak penasaran, berikut ini Popmama.com telah merangkum sejumlah informasi seputar fakta keluarga Willy Dozan secara detail.

1. Willy Dozan anut keyakinan yang berbeda dari orangtuanya

Instagram.com/willydozan777

Melansir dari berbagai sumber, Willy Dozan mengikuti keyakinan orangtuanya saat masih kecil. Diketahui mamanya beragama Buddha, sementara papanya seorang Nasrani.

Selang beberapa waktu, laki-laki kelahiran Magelang itu memutuskan untuk berpindah keyakinan menjadi Islam. Disinyalir ia mualaf karena hendak menikah dengan salah satu penyanyi hits era 1980-an, Betharia Sonata.

2. Mamanya dukung Willy untuk menjadi mualaf

Instagram.com/willydozan777

Pada umumnya, orangtua menentang anggota keluarganya yang keluar dari agama yang mereka anut. Namun, tak demikian dengan apa yang dialami oleh Willy Dozan.

Saat memutuskan menjadi mualaf, ia justru mendapat dukungan dari mamanya walau berbeda keyakinan. Menurut Willy, mamanya bahkan kerap menegur dan menceramahinya perihal agama.

"Anehnya saya masuk Islam ibu tuh senang. Ibu saya Buddha, tetapi beliau senang dengan ajaran Islam, agama lain nggak suka dia," ujarnya kala itu.

Sang aktor juga mengaku keluarganya tak mencampuri urusannya menjadi mualaf karena agama merupakan hak masing-masing orang.

3. 12 menikah, Willy Dozan cerai dari Betharia Sonata

Instagram.com/willydozan777

Menilik kehidupan asmaranya, Willy Dozan menikah dengan Betharia Sonata pada 1990. Dari pernikahannya, mereka dikarunai dua orang anak, yakni Leon Rahman Dozan dan Nabila Rahman Dozan.

Sayangnya, pernikahan mereka tak berlangsung lama. Rumah tangga Willy dan Betharia resmi berakhir pada 2002.

Perceraian ini membuat Betharia sangat kecewa berat yang berimbas hubungan mereka tak akur selama bertahun-tahun. Demi perkembangan kedua anaknya, keduanya saling meminta maaf untuk melupakan kisah masa lalu dan hubungan mereka kembali harmonis 

4. Memiliki perbedaan usia 31 tahun dari istri terakhirnya

Instagram.com/willydozan777

Setelah bercerai dari Betharia, Willy Dozan sempat beberapa kali menikah. Tercatat, aktor lawas itu sudah pernah menikah dua kali, namun dua kali pula rumah tangganya kandas di tengah jalan.

Terakhir, ia kembali menikah dengan perempuan bernama Rumiyati Ningsih yang berjarak 31 tahun pada 2010. Keduanya dikaruniai dua anak yang bernama River Rahman Dozan dan Moana Rahman Dozan.

5. Mantan istrinya berhubungan baik dengan keluarga Willy Dozan

Instagram.com/willydozan777

Walau tak lagi terikat dalam pernikahan, hubungan Willy dan Betharia cukup harmonis. Terlebih keduanya memutuskan saling bermaaf-maafaan usai puluhan tahun tak akur.

Kedekatan Betharia tak sebatas kepada Willy dan kedua anaknya, melainkan juga dengan keluarga sang mantan suaminya. Beberapa kali Betharia terlihat berkumpul bersama Willy dan istrinya.

Willy juga bercerita kerap mengajak mantan istrinya untuk kumpul bersama Rumiyati dan anak-anaknya jika ada waktu senggang.

"Kalau pas kebetulan anak-anak nggak syuting dan saya nggak sibuk ya, dan Betha juga nggak sibuk, kita kumpul kok makan bersama gitu," tuturnya.

6. Nama anak keempat yang diberikan oleh Leon dan Nabila

Instagram.com/willydozan777

Anak keempat Willy, Moana Rahman Dozan, lahir pada 21 Januari 2017. Namun, ada cerita menarik terkait nama anak terakhirnya itu.

Willy menyebut nama 'Moana' diberikan oleh Leon dan Nabila. Hal ini karena keduanya terinspirasi dari film Moana yang telah mereka tonton.

Awalnya, Leon mengaku jika pemberian nama itu hanya candaan. Tetapi, papanya justru memberikan nama itu untuk adik bungsunya dengan harapan diberi rezeki seluas lautan dan patuh kepada orangtua.

7. Anaknya tersandung kasus kekerasan terhadap sang kekasih

Instagram.com/official.bethariasonata

Beberapa waktu lalu, tersiar kabar mengejutkan jika anak sulungnya, Leon Dozan, melakukan kekerasan terhadap kekasihnya, Rinoa Aurora.

Berita ini muncul ke publik usai cuitan dalam salah satu akun media sosial menampilkan sosok yang diduga Leon Dozan melakukan penganiayaan terhadap Putri Dirgantara 2020 itu.

"Gais, lagi ramai di Sulawesi Utara nih, Putri Dirgantara 2020 jadi korban kekerasan dari pacarnya yang artis, Leon Dozan. Ini harus di-viralin biar dia pake baju oren,"  tulis akun Twitter @tanyakanrl, Kamis (16/11/2023).

Tak hanya melakukan kekerasan, sebuah video juga merekam sosok yang diduga Leon Dozan itu menghina polisi dengan kata-kata kasar.

"Oh mau dilaporin polisi biar aku dipenjara? Nggak apa-apa, nggak takut. Polisi a*****, polisi n******," katanya ke arah kamera yang sedang merekam video.

Nah, itu tadi beberapa informasi seputar fakta keluarga Willy Dozan yang berhasil dirangkum secara detail. Melihat penjelasan di atas, semoga kamu dapat mengetahui lebih banyak tentang kehidupan serta keluarga sang aktor laga, ya.

Baca juga:

The Latest