TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

5 Fakta Shayne Pattynama, Pemain Timnas yang Lamar Pacarnya

Kekasih Shayne Pattynama dikabarkan merupakan seorang imigran

Instagram.com/s.pattynama

Kabar bahagia datang dari salah satu pesepak bola muda tanah air, Shayne Pattynama. Ia dilaporkan melamar sang kekasih pada Kamis (21/3/2024) kemarin.

Momen yang ia bagikan lewat Instagram pribadinya menuai respons positif dari para penggemar. Shayne diketahui melamar kekasihnya saat absen membela Timnas Indonesia melawan Vietnam karena cidera.

Peristiwia ini pun membuat banyak orang merasa penasaran dengan pesepak bola yang berkarier di Eropa itu. Popmama.com telah merangkum beberapa fakta Shayne Pattynama dari berbagai sumber.

1. Memiliki garis keturunan Indonesia dari papanya

Instagram.com/s.pattynama

Meski terlahir di Belanda, Shayne Pattynama memiliki darah Indonesia dari papanya. Diketahui papanya memiliki etnis Maluku dari Pulau Haruku, Maluku Tengah dan lahir di Semarang, Jawa Tengah.

Sementara itu, mamanya adalah warga asli asal Belanda. Lelaki kelahiran 11 Agustus 1998 itu besar di kampung halaman mamanya.

2. Mengawali karier sepakbola di usia 6 tahun

Instagram.com/s.pattynama

Shayne Pattynama memulai karier di dunia si kulit bundar pada usia 6 tahun di akademi kota kelahirannya, SV Lelystad '67.

Bakatnya selama bermain di klub tanah kelahirannya sempat dilirik oleh tim besar. Pemain bertinggi 1,85 meter itu kemudian hijrah ke akademi Ajax Amsterdam pada 2007.

Ia menimba ilmu selama 3 tahun di Ajax sebelum akhirnya pindah ke akademi FC Utrecht pada 2010. Shayne tercatat berhasil menembus Utrecht U-21 pada 2017.

3. Melanglang buana berseragam klub Eropa

Instagram.com/s.pattynama

Shayne Pattynama kemudian dilepas Utrecht ke Telstar pada musim 2019-2020 dengan status bebas transfer.

Namanya baru tercatat di papan skor saat melawan Excelsior di laga pekan ke-22. Sejak saat itu, kemampuan mengolah bolanya cukup baik hingga menjadi andalan SC Telstar di musim berikutnya.

Pada musim 2021-2022, pemain bek kiri itu hijrah ke liga Norwegia, Viking FK. Kariernya seketika melejit usai menjadi pilihan utama klub dengan 70 penampilan serta 3 gol di semua kompetisi.

Pada Februari 2024, Shayne menandatangani kontrak 2,5 tahun bersama klub Belgia, K.A.S Eupen.

4. Ingin banggakan mendiang papanya bermain di Timnas Indonesia

Instagram.com/s.pattynama

Meski berkewarganegaraan Belanda, Shayne Pattynama belum pernah sekalipun bermain di level Timnas. Namanya dinilai kurang tenar dibanding bek-bek Negeri Kincir Angin lain yang lebih bersinar.

Hingga akhirnya, Shayne menjalani proses naturalisasi serta pengambilan sumpah Warga Negara Indonesia (WNI) pada 2023 lalu. Hal ini mengingat Shayne masih memiliki darah nusantara dari sang papa.

Momen ini tentunya tak ingin disia-siakan Shayne untuk membela negara kelahiran papanya itu. Ia bahkan bercita-cita bermain di Timnas Indonesia untuk membanggakan mendiang sang papa.

"Cita-cita beliau ingin pergi ke Indonesia sekeluarga. Sakit rasanya tidak bersamaku lagi, karena dia tak bisa menyaksikan langkahku bermain untuk Timnas Indonesia. Saat memakai baju itu (jersey Timnas Indonesia), saya akan berjuang untuk negeri ini dan untuk ayahku," ungkapnya dalam Instagram pribadi.

5. Melamar kekasihnya yang merupakan seorang imigran

Instagram.com/s.pattynama

Saat absen membela Timnas karena cidera, Shayne Pattynama melamar sang kekasih pada Kamis (21/3/2024). Ia membagikan potret lamaran itu di Instagram pribadinya.

"SHE SAID YES!" tulis Shayne pada caption.

Kabar bahagia ini tentu membuat para penggemarnya bahagia. Banyak dari mereka yang merespons positif momen lamaran ini, termasuk rekan-rekannya sesama pesepak bola.

Beberapa sumber mengatakan kekasih Shayne Pattynama merupakan orang Afghanistan yang berimigrasi. Walau tak diketahui identitasnya, sang kekasih disebut telah pindah ke Norwegia bersama keluarganya saat berusia 10 tahun.

Itu tadi beberapa fakta Shayne Pattynama yang baru saja melamar sang kekasih. Semoga hubungan keduanya langgeng hingga menuju pelaminan, ya.

Baca juga:

The Latest