TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

Niat dan Doa Sedekah untuk Orangtua yang Sudah Meninggal

Sebagai anak, tentu kamu perlu berbakti kepada orangtua meskipun sudah tiada

Freepik/Wirestock

Setiap anak yang dilahirkan ke dunia merupakan perjuangan dari seorang mama yang rela mempertaruhkan nyawanya. Dari rahim seorang mama tentu lahirlah anak yang membawa harapan bagi orangtuanya. Seorang anak terlahir dengan berbagai macam kondisi, namun satu hal yang pasti ketika sudah lahir ke dunia harus bisa berbakti kepada orangtuanya.

Berbakti kepada orangtua merupakan ajaran yang terdapat di setiap agama. Kita sering mendengar bahwa orangtua juga perlu didoakan agar pahala kebaikan terus mengalir.

Namun, bagaimana ketika orangtua sudah meninggal dunia? Tentu ada cara untuk tetap bisa berbakti kepada orangtua, salah satunya dengan bersedekah. Seorang anak bisa bersedekah yang diniatkan untuk orangtua ketika sudah tiada.

Seperti apa niat dan sedekah untuk orangtua yang sudah meninggal? Yuk, simak penjelasan yang sudah dirangkum oleh Popmama.com kali ini!

Amalan yang Tidak Pernah Putus Pahalanya

Pexels/EmmaBauso

Menurut syariat Islam, ada beberapa amalan yang pahalanya mengalir terus-menerus. Salah satu di antaranya yaitu anak yang berbakti kepada orangtuanya dan senantiasa melakukan hal-hal kebaikan demi orangtuanya yang sudah tiada.

Misalnya seperti seorang anak yang bersedekah untuk diniatkan kepada orangtuanya yang sudah tiada, maka sejatinya pahala untuk orangtua akan terus mengalir karena kebaikan anaknya.

Dalam suatu hadisnya, Rasulullah SAW pernah menyampaikan perihal pahala yang mengalir terus dari seorang anak kepada orangtuanya, yakni: 

إِذَا مَاتَ الْإِنْسَانُ انْقَطَعَ عَمَلُهُ إِلَّا مِنْ ثَلَاثَةٍ مِنْ صَدَقَةٍ جَارِيَةٍ وَعِلْمٍ يُنْتَفَعُ بِهِ وَوَلَدٍ صَالِحٍ يَدْعُو لَهُ

Artinya:

Jika seseorang meninggal dunia, maka terputuslah amalannya kecuali tiga perkara (yaitu): sedekah jariah, ilmu yang dimanfaatkan, atau doa anak yang saleh.” (HR. Muslim no. 1631)

Niat dan Doa untuk Orangtua yang Sudah Meninggal

Pexels/VidalBalieloJr

Ketika ingin berbuat baik kepada orangtua yang sudah tiada, kamu bisa melakukan kebaikan-kebaikan agar pahalanya mengalir terus. Salah satu yang bisa dilakukan kepada orangtua yang sudah meninggal yaitu bersedekah.

Ketika bersedekah, coba kamu niatkan untuk kepada orangtuamu dengan tujuan amal jariah yang terus mengalir. Namun, seperti apa niat dan doa untuk orangtua yang sudah tiada ketika ingin bersedekah?

Menurut Syamsul Rijad Hamid dalam bukunya yang berjudul Jalan ke Hadirat Allah, adapun niatnya sebagai berikut:

“Ya Allah, aku berniat menghadiahkan pahala sedekahku ini kepada almarhum bapakku, atau almarhumah ibuku.”

Dari niat tersebut, kemudian bersedekahlah dalam bentuk apa pun. Setelah bersedekah lantas berdoa yang bunyinya sebagai berikut:

رَبَّنَا تَقَبَّلْ مِنَّا إِنَّكَ أَنْتَ السَّمِيعُ الْعَلِيمُ

Artinya:

Tuhan kami, terimalah persembahan dari kami. Sungguh Engkau maha mendengar lagi maha mengetahui.” (Imam Al-Ghazali, Ihya Ulumiddin)

Penguat tentang Sedekah untuk Orangtua yang Sudah Meninggal

Pexels/CalebOquendo

Ada penguat tentang anak yang ingin berbakti kepada orangtuanya yang sudah tiada. Ketika penguat itu digunakan, tentu menjadi landasan untuk para anak yang ingin terus berbuat baik kepada orangtuanya.

Meskipun orangtuanya sudah tiada, hal tersebut bukan menjadi penghalang untuk berbuat baik. Hal ini pernah disampaikan oleh Rasulullah SAW dalam hadisnya yang berbunyi:

Ibu saya wafat, dan saya yakin seandainya dia bisa bicara, dia bersedekah, apakah ibu saya mendapat pahala, seandainya saya bersedekah untuk ibu saya? Rasulullah menjawab, ‘Ya ada pahala bagi Ibumu.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Hadis tersebut menunjukkan bahwa tiada penghalang untuk terus berbuat baik kepada orangtua, sehingga bisa terus berbakti kepadanya meskipun sudah tiada.

Nah, itulah beberapa hal terkait niat dan doa sedekah untuk orangtua yang sudah meninggal. Semoga informasi ini bisa bermanfaat, ya. 

Baca juga:

The Latest