TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

Renungan Al-Qur'an Surat An-Nahl Ayat 72, Kenikmatan Menikah

Perlu diingat bahwa pernikahan adalah hubungan yang harus terus dijaga

Freepik

Al-Qur’an telah menjelaskan bahwa di antara tujuan pernikahan agar setiap laki-laki dan perempuan mendapatkan kedamaian dalam hidup seseorang (litaskunu ilaiha).

Islam mensyariatkan pernikahan untuk membentuk mahligai keluarga sebagai sarana untuk meraih kebahagiaan hidup. Islam juga mengajarkan pernikahan merupakan suatu nikmat yang patut disambut dengan rasa syukur dan gembira.

Islam telah memberikan konsep yang jelas tentang tata cara ataupun proses sebuah pernikahan berlandaskan Al-Qur`an dan As-Sunnah yang sahih.

Oleh karena itu, Popmama.com telah merangkum renungan Al-Qur’an surat An-Nahl ayat 72 tentang kenikmatan menikah.

Simak informasinya, yuk!

Renungan Al-Qur'an Surat An-Nahl Ayat 72

Isi Surat An-Nahl Ayat 72

Freepik

وَٱللَّهُ جَعَلَ لَكُم مِّنْ أَنفُسِكُمْ أَزْوَٰجًا وَجَعَلَ لَكُم مِّنْ أَزْوَٰجِكُم بَنِينَ وَحَفَدَةً وَرَزَقَكُم مِّنَ ٱلطَّيِّبَٰتِ ۚ أَفَبِٱلْبَٰطِلِ

يُؤْمِنُونَ وَبِنِعْمَتِ ٱللَّهِ هُمْ يَكْفُرُونَ

Wallāhu ja'ala lakum min anfusikum azwājaw wa ja'ala lakum min azwājikum banīna wa ḥafadataw wa razaqakum minaṭ-ṭayyibāt, a fa bil-bāṭili yu`minụna wa bini'matillāhi hum yakfurụn.

Artinya:

“Allah menjadikan bagi kamu istri-istri dari jenis kamu sendiri dan menjadikan bagimu dari istri-istri kamu itu, anak-anak dan cucu-cucu, dan memberimu rezeki dari yang baik-baik. Maka mengapakah mereka beriman kepada yang bathil dan mengingkari nikmat Allah?”

Makna Surat An-Nahl Ayat 72

Pexels/olia danilevich

Ayat 72 pada surat An-Nahl mengartikan bahwasanya Tuhan semesta alam, Allah SWT telah menciptakan manusia yang paling sempurna dibanding makhluk lain. Sebagai makhluk hidup, manusia memiliki akal, hawa, dan nafsu. Allah SWT menjadikan kamu, istri serta anak-anak baik yang mampu mendatangkan rezeki. 

Secara implisit, ayat tersebut menyiratkan tentang keagungan Allah SWT untuk menikmati proses dari mahligai pernikahan hingga membentuk keluarga yang berasaskan sakinah, mawaddah, dan warahmah.

Manusia juga diingatkan janganlah kamu sekali-sekali mengingkari nikmat-nikmat yang Allah SWT beri. Janganlah dari kamu sekalian menyembah apa yang seharusnya tidak disembah (berhala). Dan sesungguhnya, dialah orang yang tak mensyukuri nikmat-Nya.

An-Nahl Ayat 72, Nikmat Mana Lagi yang Kau Dustakan

Freepik/tirachardz

Menurut tafsir Al-Madinah Al-Munawwarah, Allah menyebutkan kenikmatan-kenikmatan besar yang telah diberikan kepada manusia:

“Allah telah menciptakan bagi kalian pasangan-pasangan agar kalian dapat merasa tenang, dan menciptakan anak-anak dan cucu-cucu dari pasangan-pasangan kalian itu. Dan Allah memberi kalian makanan dan minuman yang lezat dan halal. Maka apakah kalian beriman kepada berhala-berhala dan patung-patung, dan mengingkari segala kenikmatan yang telah Allah berikan kepada kalian?”

An-Nahl Ayat 72, Perkawinan Adalah Hubungan yang Suci

Pexels/Dominika Roseclay

Sedangkan menurut Cendekiawan Ilmu Al-Qur’an, Quraish Shihab menyatakan hubungan perkawinan adalah suatu bentuk ikatan yang suci sebagai asal mula terbentuknya sebuah keluarga. Keluarga yang telah dibentuk diharapkan mampu membangun fondasi umat dan masyarakat.

An-Nahl ayat 72 menjelaskan bahwa perkawinan itu salah satu bentuk pembangunan fitrah yang dititipkan Tuhan dalam diri tiap manusia dan juga binatang.

Jika tidak ada aturan-aturan normatif terkait perkawinan, maka dalam hal pemenuhan kebutuhan biologis manusia akan tidak ada bedanya dengan binatang, karena masing-masing akan menempuh jalan yang tanpa aturan dan semaunya.

Jika demikian ia bukan lagi seorang manusia yang dibekali akal pikiran, diberi keutamaan dibanding makhluk lainnya, dan ditunjuk sebagai khalifah di bumi.

Di samping sudah merupakan ketentuan Tuhan pada manusia untuk mengatur fitrah dengan perkawinan agar terhindar dari kekacauan, di sisi lain manusia juga mempunyai kecenderungan insting untuk hidup selamanya.

Nah, itu dia informasi seputar renungan Al-Qur’an surat An-Nahl ayat 72 tentang kenikmatan menikah. Selalu jaga pernikahan kamu dan pasangan agar tetap harmonis, ya.

Baca juga:

The Latest