TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

10 Fakta Keluarga Mees Hilgers, Mamanya Asli Manado

Mama Mees Hilgers kerap pulang kampung ke Indonesia dan suka masak soto untuk anaknya

Instagram.com/meeshilgerss

PSSI (Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia) menaturalisasi banyak keturunan Indonesia yang berlaga di klub besar Eropa untuk membela tanah air. Ini berkaitan dengan lolosnya Tim Nasional (Timnas) Indonesia ke ronde ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026.

Setelah Sandy Walsh, Calvin Verdonk, Thom Haye, hingga Jay Idzes ada dua orang pemain naturalisasi untuk memperkuat skuad Timnas Indonesia. PSSI melakukan naturalisasi dua pemain berdarah Belanda, Mees Hilgers dan Eliano Reijnders.

Proses naturalisasi mereka dikebut agar bisa dimainkan saat Timnas Indonesia melawan Bahrain dan China pada ronde ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 pada Oktober.

Mees Hilgers dan Eliano akan disumpah di KBRI Den Haag, Senin (23/9/2024).

Diantara dua orang itu, publik banyak yang tertarik kepada Mees Hilgers. Ia merupakan salah satu pemain yang memperkuat FC Twente, klub atas Belanda. Tidak hanya itu, harga Mees sebagai pemain sangat besar. Saat dinaturalisasi menjadi WNI ia menjadi salah satu pemain termahal di Asia Tenggara seharga Rp121,67 miliar.

Tidak hanya harganya yang mahal, silsilah keluarga Mees Hilgers juga menarik. Darah Indonesia mengalir dari mamanya yang merupakan asli Manado dan masih suka pulang kampung ke Indonesia.

Berikut Popmama.com rangkum fakta keluarga Mees Hilgers yang mamanya asli Manado.

Kumpulan Fakta Keluarga Mees Hilgers

1. Mees Hilgers punya nama akrab Hito dari Hilgers Tombeng

Instagram.com/meeshilgerss

Mees Hilgers memiliki nama lengkap Mees Victor Joseph Hilgers. Ia lahir pada 13 Mei 2001. Mees merupakan pemain sepak bola profesional asal yang saat dinaturalisasi sebagai bek tengah untuk klub Eredivisie, FC Twente.

Rupanya, Mees Hilgers punya nama akrab yakni sering dipanggil Hito. Ini merupakan singkatan dari nama keluarga papa dan mamanya, Hilgers-Tombeng.

Ia pun mengenalkan dengan bangga nama itu kepada penggemarnya melalui sosial media.

"Hito, Hilgers-Tombeng," tulisnya.

2. Punya saudara perempuan yang dekat dengan mamanya

Instagram.com/linda.tombeng

Mees Hilgers bukan anak satu-satunya anak dari Vincent Frans Hilgers asal Belanda dan Linda Tombeng. Ia memiliki saudara perempuan bernama Sarah Hilgers.

Tidak banyak informasi yang diperoleh mengenai sosok Sarah, tetapi ia beberapa kali berkunjung ke Indonesia. Ditemani sang mama, Sarah tampak menikmati 'pulang kampung' dirinya ke tanah kelahiran keluarga mamanya tersebut.

3. Mamanya Mees Hilgers asli Manado, punya banyak saudara di Indonesia

Youtube.com/FC Twente

Mees Hilgers memiliki darah Indonesia dari sang mama bernama Linda Tombeng. Mees pernah menyebutkan asal-usul mamanya yang asli Indonesia dan berasal dari Manado, Sulawesi Utara.

Mees juga menyebut kalau kakak-adik dari sang mama cukup banyak sekitar 7 orang. Sehingga keluarga besarnya di Indonesia sangat ramai. Ia juga dengan bangga menyebut kalau sang mama asli 100 persen Indonesia karena kakek dan neneknya lahir di Indonesia.

"Mamaku yang dari Indonesia, dan dia juga punya 7 saudara, jadi kita keluarga yang besar. Mamaku 100 persen Indonesia, dia berasal dari Sulawesi," ujarnya di kanal YouTube Yussa Nugraha.

4. Mamanya Mees Hilgers masih suka pulang kampung ke Indonesia

Instagram.com/linda.tombeng

Uniknya lagi selain asli 100 persen Indonesia, mamanya Mees Hilgers juga masih sering bolak-balik alias pulang kampung ke tanah air. Ini karena masih banyak keluarga dari pihak Linda yang tinggal di Sulawesi Utara.

Di tahun 2023 lalu, Linda mamanya Mees Hilgers dan saudara perempuan Mees Hilgers mengunggah foto sedang berjalan-jalan di sebuah kampung di Sulawesi Utara. Dalam unggahannya itu, Linda menyertakan sebuah keterangan berbunyi ‘Minahasa Life’. Minahasa sendiri merupakan salah satu bagian wilayah di Utara Sulawesi.

Ayah Mees Hilgers merupakan laki-laki berdarah Belanda. Namun, tidak banyak informasi tentang sosok papa dari Mees.

5. Mamanya Mees Hilgers punya yayasan di Manado

Instagram.com/linda.tombeng

Mees Hilgers lahir dari pasangan Vincent Frans Hilgers asal Belanda dan Linda Tombeng. Darah Indonesia berasal dari sang mama yang asli Manado dan lahir di Indonesia.

Berbicara mengenai keluarga besar Mees Hilgers dari Indonesia, terutama kakek dan nenek Mees dari sang mama.

Rupanya kakek Mees Hilgers dari pihak mamanya bernama Hendrick Victor Tombeng dari Manado yang lahir di Ambon. Sementara sang nenek bernama Muhija Muchtar lahir di Jakarta.

Erick Thohir pernah menyebut kalau mamanya Mees Hilgers punya yayasan tuna netra di Manado. Ini pula yang menjadi alasan mamanya Mees sering pulang kampung ke Indonesia.

6. Orangtua Mees Hilgers pernah tak merestui anaknya jadi WNI

Instagram.com/meeshilgerss

Di balik proses naturalisasi Mees Hilgers yang cepat menuju akhir tahun 2024 ini, ternyata ada fakta menarik. Konon di tahun 2022 lalu Mees sudah dibidik oleh pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae Yong.

Coach Shin sudah sempat mengajukan Mees Hilgers sebagai salah satu pemain yang dinaturalisasi pada saat itu. Namun, saat itu Mees Hilgers tidak direstui oleh orangtuanya untuk menjadi WNI.

Hal itu diungkapkan Ketua Umum PSSI saat itu, Mochamad Iriawan pada Februari 2022

Setelah batal dinaturalisasi, Mees Hilgers ternyata mendapatkan panggilan timnas Belanda U-21 di jeda internasional pada sekitar Maret 2023. Ia mendapatkan panggilan karena performanya sedang impresif.

Mees Hilgers sendiri sudah menembus skuad utama FC Twente dan menjadi pemain reguler. Berkat performanya di Liga Belanda musim terbaru saat dinaturalisasi Indonesia, Mees Hilgers sempat dirumorkan dengan tim elit di Negeri Kincir Angin tersebut, yakni FC Feyenoord.

7. Mees Hilgers mengaku sering makan masakan Indonesia di rumah

Instagram.com/meeshilgerss

Mees Hilgers rupanya sangat dekat dengan Indonesia. Ini berkat sang mama yang asli Manado sering membawa ciri khas Indonesia di rumah mereka di Belanda.

Mees Hilgers sendiri pernah beberapa kali mengunjungi Indonesia. Ia bahkan punya masakan Indonesia favorit yakni soto ayam. Konon sang mama juga sering membuat soto ayam untuk Mees Hilgers di Belanda.

"Saya ke Indonesia empat atau lima kali sebelumnya, tetapi saat saya masih sangat kecil. Makanan favorit saya adalah soto ayam, enak sekali ibuku sering membuatkannya," kata Mees Hilgers dan kanal Youtube FC Twente.

Fakta unik lainnya yakni keluarga besar Mees Hilgers yang ada di Belanda banyak yang berasal dari Manado. Ini yang membuat Mees Hilgers merasa sangat Indonesia!

8. Mees Hilgers konon bisa masak soto, lho

Instagram.com/meeshilgerss

Selain lihai sebagai pesepak bola kebanggaan FC Twente, Mees Hilgers rupanya cukup pandai dalam memasak makanan Indonesia. Dalam wawancaranya ia mengaku bisa membuat soto ayam.

"Aku juga bisa membuat soto," jelasnya.

Mees Hilgers kerap menyantap soto di pagi hari untuk menyantap hidangan itu. Sang Mama yang sering membuat soto ayam. Ini membuat Mees penasaran dan akhirnya bisa belajar dari mamanya.

9. Mees Hilgers jadi WNI berkat dukungan seluruh keluarganya

Instagram.com/meeshilgerss

Tahun 2022 mungkin orangtua Mees Hilgers belum mau anaknya menjadi WNI. namun, kini niat Mees yang ingin membela tanah air didukung penuh oleh seluruh keluarga besarnya.

Mees mengaku pengaruh keluarga sangat kuat baginya dalam menentukan pilihan. Laki-laki kelahiran Amersfoort, Belanda ini banyak keluarganya yang menanti dirinya bisa membela Timnas Indonesia dan menjadi WNI.

"Sekarang saya sudah memutuskan dan semua orang sangat bangga termasuk saya sendiri untuk memulai petualangan," jelasnya dalam sebuah wawancara.

10. Mees semangat menceritakan keluarga besarnya di Indonesia

Instagram.com/linda.tombeng/meeshilgerss

Kedekatan Mees Hilgers dengan keluarga di Indonesia tidak hanya sekedar pulang kampung, makan soto ayam atau punya darah Indonesia dari sang mama. Kedekatannya dengan Indonesia lebih dari itu, karena ia memilih dengan hatinya untuk membela Timnas Indonesia secara tulus.

Dengan bangga dalam sebuah wawancara Mees menjelaskan mengenai keluarga besar Indonesianya. Berasal dari keluarga besar. Mees justru menyebutnya situasi yang unik.

Ada banyak keluarganya dari Indonesia yang juga menetap di sekitar tempat tinggalnya, Amersfoort. Ia banyak menghabiskan waktu bersama mereka setiap minggu secara rutin saat tidak musim bertanding.

"Hal ini sangat memengaruhi saya secara pribadi Ini juga sangat penting bagi mereka, keluarga sangat senang saya akan bermain bagi Indonesia," jelasnya.

Itulah tadi fakta keluarga Mees Hilgers, mamanya asli Manado dan lahir di Indonesia. Wah, Indonesia akan punya salah satu pemain sepak bola termahal di Asia Tenggara nih.

Baca juga:

The Latest