TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

8 Fakta Keluarga Otto Hasibuan, Dibayar Sampai Rp 37 M Sekali Kasus

Pengacara kasus kopi sianida Jessica Wongso dan Mirna Salihin ini sosok hangat di keluarga

Ketika kasus kopi sianida yang melibatkan Jessica Wongso dan Mirna Salihin diangkat film dokumenter, nama Otto Hasibuan pun ikut naik. Otto adalah pengacara Jessica Wongso saat ia berkasus di pengadilan di tahun 2016 tersebut.

Sebanyak 32 kali persidangan telah diselesaikan dari awal hingga putusan majelis hakim terhadap Jessica Kumala Wongso. Otto sebagian besar menangani persidangan setelah sebelumnya pengacara Jessica adalah kerabatnya sendiri.

Di dunia hukum dan pengacara, nama Otto Hasibuan sudah tidak asing. Berbagai kasus besar pernah ia tangani termasuk kasus Djoko Tjandra di mana konon ia dibayar hingga Rp 37 miliar. 

Tidak hanya sebagai pengacara kondang, Otto merupakan orangtua dan kakek yang perhatian terhadap keluarganya. Papa dari empat anak dan kakek ini meski sibuk selalu mengusahakan waktu untuk bersama keluarganya.

Berikut Popmama.com rangkum fakta keluarga Otto Hasibuan yang pernah dibayar Rp 37 miliar untuk satu kali tangani kasus.

1. Jadi sosok papa dan kakek yang penyayang keluarga

Instagram.com/ottohasibuanprivate

Meski dikenal sebagai pengacara kondang yang membela banyak kasus besar, di keluarga sosok Otto justru berbeda jauh. Prof. (H.C.) Dr. Otto Hasibuan, S.H.,M.C.L.,M.M atau dikenal sebagai Otto Hasibuan adalah sosok yang hangat.

Tidak hanya itu saja, ia juga tidak segan menunjukkan rasa sayangnya kepada istri hingga cucunya di media sosial. Meski jarang mengunggah foto, ada beberapa momen diabadikan oleh Otto yang mengesankan begitu saling menyayangi satu sama lain.

2. Punya prinsip hidup keluarga selalu dekat dengan Tuhan

Instagram.com/ottohasibuanprivate

Agama menjadi faktor penting dalam kehidupan keluarga Otto Hasibuan. Dari beberapa interview, Otto kerap menyebut keterlibatan Tuhan dalam hidup dan berkeluarga penting untuk menjalin ikatan yang harmonis.

Hal tersebut juga terlihat dari pernikahan anak bungsunya, Yakub Hasibuan dengan Jessica Mila kemarin. Banyak pepatah dan pesan dari Otto dan istrinya agar pasangan tersebut melibatkan dan tidak lupa dengan Tuhan ketika berumah tangga.

Otto aktif di organisasi pemuda gereja NHKBP saat masih kuliah di UGM (Universitas Gadjah Mada). Saat itu Otti menjabat sebagai Sekum (sekretaria umum).

3. Menikah dengan Norwati Damanik yang harmonis hingga kini

Instagram.com/ottohasibuanprivate

Otto Hasibuan dan Norwati Damanik menikah sejak 1984 silam. Pernikahan pasangan senior ini tentunya mengalami pasang surut, tetapi di hadapan publik keduanya selalu harmonis.

Di Instagram Otto, ia sering membagikan fotonya dengan istri tercinta. Ada banyak momen keduanya liburan dan traveling ke berbagai negara, lho. Otto dan Norwati tidak segan pamer kemesraan di pernikahan mereka yang sudah lebih dari 30 tahun itu.

Norwati Damanik meski berstatus sebagai istri Otto Hasibuan yang notabene adalah pengacara kondang, ia sendiri bisa dibilang sangat jarang terekspose. Fotonya hanya ada di Instagram suami dan anak-anaknya, lho.

4. Berasal dari keluarga Batak, Otto dan istrinya punya empat anak

Instagram.com/ottohasibuanprivate

Keluarga besar Otto Hasibuan maupun Norwati Damanik memang berasal dari suku Batak. Nama Hasibuan yang melekat pada Otto Hasibuan dan anak-anaknya merupakan salah satu nama marga Batak Toba.

Pernikahan Otto dan Norwati Damanik dikaruniai empat anak. Anak pertama sampai ketiga perempuan dan anak paling bungsu laki-laki. Adapun keempat anak Otto dan Norwati bernama Putri Linardo Hasibuan, Leonie Petty, Natalia Octavia Hasibuan dan Yakub Putra Hasibuan.

5. Otto Hasibuan mengidolakan papanya dari banyak aspek

Instagram.com/ottohasibuanprivate

Lahir dari keluarga yang berwirausaha, Otto Hasibuan banyak mendapat pengaruh asuhan dari kedua orangtuanya yang bekerja keras. Toko bernama ‘Sinar Matahari’ adalah tempat tinggal keluarganya di Jalan Sutomo, Pematang Siantar.

Keluarganya dengan warga keturunan Tionghoa, sehingga dulu ia dan keluarganya bisa bahasa Hok Kian. Ia adalah anak paling bungsu dari sepuluh bersaudara, enam laki-laki dan empat perempuan. Orangtuanya, Hasibuan dan mama dari Boru Siahaan, seorang pengusaha (wiraswasta).

Otto Hasibuan kono menjadikan sang Papa idolanya. Sementara yang mengajarinya saat di rumah dan pendidikan adalah mamanya. 

Papa dari Otto Hasibuan bukan orang terkenal dan tidak aktif organisasi seperti anaknya ini. Namun, papanya tidak melarang Otto untuk aktif organisasi di manapun ia berada.

Kepada anak-anaknya, ia memberikan nasehat agar dalam hidup ini harus selalu berbuat baik. Otto juga belajar bekerja keras dari papanya.

Sama seperti papanya, Otto selalu berupaya mendamaikan orang yang bermasalah. Dalam sebuah wawancara Otto menyebut ia paling tidak suka dengan konflik.

"Di mana pun, saya ingin suasananya aman dan damai, bila perlu kita mengalah atau berkorban asal jangan terjadi konflik. Hal itulah yang paling saya wariskan dari bapak saya,” kata Otto.

Kata damai itu yang ditanamkan papanya kepada Otto. Jika di antara kami anaknya waktu kecil ada sedikit koflik, beliau selalu menganjurkan agar kami (salah satu atau kedua-duanya) berkorban dan mengalah agar kami damai.

6. Otto mengenang mamanya sebagai pengajar yang baik

Instagram.com/ottohasibuanprivate

Setelah sosok papanya, Otto Hasibuan menyebut mamanya adalah sosok yang disebutnya sebagai seorang pengajar yang baik. Ia mengaku belajar banyak dari pengorbanan mamanya tentang susah dan sulitnya hidup.

Di tengah keterbatasan, mamanya tetap mendidik dengan baik, bahkan hampir tidak pernah menikmati hidupnya demi kami anak-anaknya. Beliau mengorbankan dirinya tidak begitu nyaman asalkan anak-anaknya bisa nyaman.

7. Kompak dengan anaknya meski semuanya sudah berkeluarga

Instagram.com/ottohasibuanprivate

Keempat anak Otto Hasibuan dan Norwati Damanik sudah berkeluarga. Meski begitu, mereka semua tampak masih meluangkan waktu untuk tetap bersama-sama pada beberapa momen.

Otto dan Norwati tampaknya mengatur selalu ada kumpul keluarga rutin. Ini membuat keempat anaknya tidak kehilangan momen dengan kedua orangtuanya maupun keluarga masing-masing.

Pasalnya saat keluarga besar, keempat anak Otto dan Norwati membawa serta keluarga mereka. Momen ini tidak hanya terjadi sekali dalam setahun lho.

Kompak banget satu keluarga besar ini, ya. 

8. Rutin liburan bareng bersama anak dan cucunya

Instagram.com/ottohasibuanprivate

Salah satu hal rutin yang keluarga ini lakukan adalah liburan bersama. Ada beberapa momen Otto dan anak-anak serta pasangan masing-masing berlibur ke luar negeri.

Dari unggahan itu, keluarga Otto saat itu belum kehadiran Jessica Mila. Ditambah saat ini Yakub yang sudah menikah tentunya liburan bersama keluarga ini akan tambah ramai, ya.

Itulah tadi fakta keluarga Otto Hasibuan, pernah dibayar Rp 37 miliar. Sosok yang dingin di meja hijau saat membela kliennya, berkebalikan dengan Otto yang jadi sosok hangat di keluarganya.

Baca juga:

The Latest