TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

Bipolar Jadi Alasan Marshanda Tak Dapat Hak Asuh Anak, Ini Curhatannya

Ada banyak cerita yang baru diungkap Marshanda

Instagram.com/marshanda99

Efek dari mengonsumsi obat Xanax ternyata berakibat cukup fatal bagi kehidupan Marshanda hingga dewasa. Marshanda sampai di titik dirinya mendapatkan diagnosis mengidap penyakit bipolar disorder, sehingga ada beberapa perubahan yang terjadi pada kepribadiannya.

Orang-orang di sekitarnya pun mengakui hal tersebut, Marshanda ketika itu berubah menjadi pribadi yang sangat sensitif dan tidak nyambung saat diajak berbicara.

Meski begitu, Marshanda terus berupaya agar kondisinya bisa kembali seperti sedia kala. Ia pun berupaya untuk berhenti mengonsumsi obat Xanax, lalu mulai rutin mengunjungi psikiater. Kondisinya pun perlahan-lahan semakin membaik.

Akan tetapi, usahanya untuk kembali pulih sangatlah tidak mudah. Tentu ada banyak tantangan sulit yang hadir selama perjalanan memulihkan diri dari penyakit bipolar disorder.

Salah satu dari sekian banyak tantangannya yang terjadi dalam hidupnya, yakni ketika ia tidak mendapatkan hak asuk anaknya setelah bercerai dengan Ben Kasyafani. Hak asuh tidak didapatkan Marshanda karena dirinya mengidap penyakit bipolar disorder.

Berikut Popmama.com telah merangkum informasi seputar curhatan hati Marshanda tak dapat hak asuh anak karena bipolar secara detail.

Marshanda Tidak Dapat Hak Asuh Anak ketika Bercerai

Instagram.com/marshanda99

Setelah dua tahun membina rumah tangga bersama Ben Kasyafani, Marshanda memutuskan untuk berpisah pada 2013. Diketahui hubungan rumah tangga keduanya sering kali dihadapkan pada konflik internal.

Padahal di pernikahan mereka, Marshanda dan Ben Kasyafani telah dikaruniai seorang putri bernama Sienna Ameerah Kasyafani. Namun, kehadiran seorang anak tak mampu mencegah perceraian di antara keduanya.

Melalui sebuah video yang diunggah di kanal YouTube pribadinya, Marshanda mengakui bahwa salah satu tantangan terberatnya saat menjalani masa pemulihan dari penyakit bipolar, yakni tidak mendapatkan hak asuh anak ketika pengadilan sidang cerai.

Alasan hakim tidak memberikan hak asuh anak kepada Marshanda karena ia mengidap bipolar disorder.

Padahal Marshanda telah mengasuh Sienna tanpa bantuan pengasuh sejak bayi hingga putrinya hampir menginjak umur 2 tahun. Namun, hal tersebut seolah dianggap tidak ada oleh hakim. Akhirnya hak asuh anak jatuh kepada mantan suaminya, Ben Kasyafani.

Apa Itu Bipolar Disorder?

Pexels/Pixabay

Bipolar disorder adalah gangguan mental yang ditandai dengan adanya perubahan drastis pada suasana hati. Penderita gangguan ini bisa merasa sangat gembira atau euphoria, kemudian berubah menjadi sangat sedih.

Ada banyak hal yang menjadi faktor munculnya gangguan bipolar. Beberapa ahli pun menyimpulkan bahwa gangguan bipolar bisa disebabkan oleh faktor genetik atau keturunan, ketidakseimbangan kimia di otak, lingkungan, perubahan hormonal, perubahan siklus tidur, dan konsumsi zat-zat psikoaktif.

Proses Penerimaan Marshanda ketika Menghadapi Masalah Ini

Instagram.com/siennakasyafani

Meski dihadapkan pada banyak kondisi sulit, namun Marshanda percaya bahwa ia memang diciptakan untuk menghadapi berbagai permasalahan tersebut. Marshanda yakin dilahirkan untuk memberikan inspirasi, kekuatan, dan pengetahuan untuk banyak orang melalui segelintir pengalaman pahit yang berhasil ia lalui.

Dengan pengalaman tersebut, Marshanda bisa selalu bangkit dan tak lupa untuk mengambil intisari pembelajaran, sehingga ia bisa menjadi yang kuat dan selalu mendapatkan kebahagiaan.  

Itulah rangkuman informasi seputar curhatan hati Marshanda tak dapat hak asuh anak secara detail. Semoga pengalaman yang dialami oleh Marshanda ini bisa jadi pelajaran untuk kita semua, ya.

Baca juga:

The Latest