TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

5 Fakta dan Sinopsis Kupu-Kupu Kertas, Kisah Cinta Anggota NU dan PKI

Film Kupu-Kupu Kertas mengangkat kisah cinta antara anggota NU dan simpatisan PKI

Instagram.com/kupukupukertasfilm

Film Kupu-Kupu Kertas menjadi perbincangan hangat di antara para pencinta film tanah air, karena mengangatkan isu yang cukup sensitif, yakni berkaitan dengan Partai Komunis Indonesia (PKI). Hanya saja film ini akan berfokus pada kisah cinta salah seorang laki-laki yang berlatar belakang keluarga NU dan gadis perempuan yang keluarganya merupakan simpatisan Partai Komunis Indonesia (PKI). 

Selain karena alur ceritanya yang bikin penasaran, film besutan Emil Heradi ini juga akan dibintangi oleh beberapa aktor dan aktris ternama tanah air, seperti Amanda Manopo, Reza Arap, dan nama-nama beken lainnya. Kabarnya film ini akan tayang di layar lebar pada 7 Februari 2024. 

Berikut Popmama.com telah merangkum beberapa fakta dan sinopsis Kupu-Kupu Kertas, kisah cinta anggota NU dan PKI secara detail. 

Sinopsis Film Kupu-Kupu Kertas

Instagram.com/kupukupukertasfilm

Film Kupu-Kupu Kertas mengisahkan sosok Ikhsan (Chicco Kurniawan) yang berasal dari keluarga NU terlibat dalam hubungan asmara dengan Ning (Amanda Manopo), seorang gadis perempuan yang memiliki latar belakang dari keluarga anggota Partai Komunis Indonesia (PKI).

Pada awalnya, Ikhsan tidak terlalu peduli terhadap latar belakang ideologi komunis, tapi suasana tiba-tiba berubah mencekam ketika konflik pertikaian pecah, sehingga menyebabkan keluarga Ikhsan menjadi korban dari pembantaian Partai Komunis Indonesia (PKI). Perasaan Ikhsan pun berubah seketika, dirinya langsung dihadapkan pada perasaan bimbang antara balas dendam atau menyelamatkan nyawa Ning.

Lantas bagaimana kelanjutan kisah asmara antara Ikhsan dan Ning? Apakah keduanya akan tetap memperjuangkan cintanta? Nantikan dan saksikan film Kupu-Kupu Kertas yang akan tayang di layar lebar pada 7 Februari 2024.

1. Mengangkat sejarah konflik berdarah PKI 1965

Instagram.com/kupukupukertasfilm

Film Kupu-Kupu Kertas sedang menjadi perbincangan hangat, karena mengangkat salah satu sejarah kelam di Indonesia, yaitu konflik berdarah pada tahun 1965. Pada saat itu, beberapa daerah di Indonesia salah satunya di Banyuwangi sedang terjadi pembantaian 62 pemuda dari Gerakan Pemuda Ansor yang dilakukan oleh kelompok bromocorah yang bernaung di bawah Partai Komunis Indonesia (PKI).

Gerakan Pemuda Ansor pun kemudian melakukan pembalasan dengan nama Operasi Gagak Hitam yang semakin menimbulkan banyak korban berjatuhan, sebab hal tersebut sulit untuk dihindari. Peristiwa ini akhirnya diabadikan dalam sebuah monument yang dikenal dengan Lubang Buaya Cemetuk.

2. Syuting di Banyuwangi

Instagram.com/kupukupukertasfilm

Peristiwa pembantauan 62 pemuda dari Gerakan Pemuda Ansor pada tahun 1965 terjadi di Banyuwangi. Oleh karena itu, proses syuting ini pun dilakukan secara total di Banyuwangi. Terlihat sekilas bahwa lokasi syuting film Kupu-Kupu Kertas berlokasi di sebuah pedesaan yang dekat sekali dengan hutan.

Namun, salah satu scene dalam film ini diambil di sebuah bukit bukit bernama Kawah Wurung. Tempat ini dikenal dengan padang savana yang luas dan pemandangannya yang indah.

3. Film terbaru Amanda Manopo

Instagram.com/kupukupukertasfilm

Sempat vakum tampil di film layar lebar, Amanda Manopo akhirnya come back di film Kupu-Kupu Kertas yang akan tayang pada Februari 2024. Teaser film ini sempat viral, karena mengankat isu yang cukup sensitif yakni berkaitan dengan Partai Komunis Indonesia (PKI).

Dalam film Kupu-Kupu Kertas, Amanda Manopo akan memerankan tokoh Ning, yang merupakan seorang gadis perempuan yang tumbuh di keluarga simpatisan Partai Komunis Indonesia pada 1965 silam.

4. Debut pertama Reza Arap

Instagram.com/kupukupukertasfilm

Youtuber serta influencer bernama Reza Arap akan memulai debutnya di industri seni peran di sebuah film berjudul Kupu-Kupu Kertas. Dalam film besutan sutradara Emil Heradi ini, Reza Arap akan memainkan peran sebagai tokoh Muso yang memiliki karakter antagonis.

Bagi Emil Heradi, tokoh ini dirasa akan sangat cocok untuk diperankan oleh Reza Arap. Kesempatan ini tentu disambut baik oleh Reza Arap. Momentum ini diyakini sangat tepat baginya untuk mencoba hal baru.

5. Dibintangi oleh aktor dan aktris ternama

Instagram.com/kupukupukertasfilm

Selain karena memiliki alur cerita yang menarik, film Kupu-Kupu Kertas juga akan dibintangi oleh aktor dan aktris ternama tanah air. Hal ini tentu menjadi daya tarik bagi para pecinta film tanah air. Adapun aktor dan aktris kenamaan yang akan terlibat dalam film Kupu-Kupu Kerta di antaranya Amanda Manopo, Chicco Kurniawan, Reza Arap, Iwa K, Fajar Nugra, Seroja Hafiedz, dan sejumlah nama besar lainnya.

Itulah rangkuman beberapa fakta dan sinopsis Kupu-Kupu Kertas tentang kisah cinta anggota NU dan PKI. Wah siapa nih yang udah nggak sabar menanti perilisan film Kupu-Kupu Kertas?

Baca juga:

The Latest