TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

5 Ucapan Salam dalam Bahasa Jerman untuk Menyapa Orang

Bisa jadi referensi untuk menyapa orang yang dikenal

Freepik

Mengucapkan salam sangatlah dianjurkan ketika bertemu dengan teman atau sanak saudara di mana pun itu berada.

Selain karena dapat mempererat hubungan pertemanan atau kekeluargaan, mengucapkan salam juga termasuk ke dalam norma kesopanan. Maka dari itu, wajib bagi seseorang untuk mengucapkannya sewaktu bertemu dengan sosok yang dikenalnya. 

Di Indonesia ada banyak sapaan salam yang bisa digunakan untuk menyapa seseorang. Bahkan setiap agama di Indonesia memiliki ucapan salam yang berbeda-beda. Begitu juga dengan bahasa Jerman, ada banyak variasi ucapan salam yang bisa diterapkan, terlebih kepada penutur bahasa Jerman asli. 

Berikut Popmama.com telah merangkum beberapa ucapan salam dalam bahasa Jerman secara detail.

1. Moin

Freepik

Tak perlu menggunakan istilah yang sulit untuk memberikan sapaan kepada seseorang.

Dalam bahasa Jerman, hal ini bisa dilakukan dengan mengucapkan moin. Jika diartikan ke dalam bahasa Indonesia, maka moin memiliki arti "halo". Sangat mudah, bukan?

Jadi kamu sangat bisa menerapkan ungkapan ini untuk menyapa teman terdekat atau keluarga. 

2. Guten morgen

Freepik/jcomp

Ketika matahari baru saja terbit, maka hari yang baru telah tiba dan sudah saatnya untuk memulai aktivitas kembali. Biasanya hal yang pertama kali terucap sewaktu bertemu dengan orang lain di pagi hari adalah "selamat pagi".

Dalam bahasa Jerman, ungkapan "selamat pagi" bisa diutarakan dengan guten morgen. Biasanya para penutur asli bahasa Jerman selalu menggunakan ungkapan tersebut untuk memberikan sapaan kepada siapa pun orang yang ditemui saat pagi hari. 

3. Guten tag

Pexels/Helena Lopes

Matahari akan semakin beranjak seiring dengan berjalannya waktu menuju posisi yang paling tertinggi. Pancaran sinarnya akan semakin panas dan orang-orang tentu akan memilih berdiam di ruangan dingin agar lebih sejuk. Ketika momen tersebut telah tiba, maka waktu sudah berganti menjadi siang hari.

Biasanya penutur asli bahasa Jerman menggunakan ungkapan guten tag untuk menyapa orang yang dikenal saat siang hari. Secara harfiah, guten tag memiliki arti "selamat siang" dalam bahasa Indonesia.  

4. Guten abend

Freepik/tirachardz

Sore hari memang waktunya bagi kebanyakan orang serentak berbondong-bondong meninggalkan kantor kemudian segera bergegas pulang ke rumah. Tak terhitung berapa banyak wajah yang terlihat lesu dan lelah akibat bergelut dengan pekerjaan sepanjang hari.

Oleh sebab itu, jarang sekali terdengar ungkapan "selamat sore" untuk menyapa orang lain. Namun, bagi penutur bahasa Jerman ungkapan ini sangat lazim untuk dilontarkan meskipun hari telah menjelang sore.

Dalam bahasa Jerman ungkapan "selamat sore" bisa diutarakan dengan guten abend. 

5. Gute nacht

Freepik/wavebreakmedia_micro

Sore beranjak malam dan langit mulai menunjukkan sisi gelapnya. Setelah melakukan banyak aktivitas di luar rumah selama seharian penuh, akan terasa lebih nikmat jika segera beranjak ke ranjang tidur untuk melepas lelah.

Biasanya sebelum benar-benar terlelap, sebagian orang tak lupa untuk mengucapkan "selamat malam". Entah itu diucapkan ke sahabat, pasangan atau mungkin keluarga. Dalam bahasa Jerman ungkapan "selamat malam" bisa diutarakan dengan gute nacht

Itulah rangkuman informasi terkait beberapa ucapan salam dalam bahasa Jerman. Semoga dengan adanya informasi ini bisa membantu kamu dalam memahami bahasa Jerman, ya. 

Baca juga:

The Latest