TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

50 Ayat Alkitab yang Menyentuh Hati untuk Orang Lain

Kumpulan ayat Alkitab ini bisa menyentuh hati

Freepik

Dalam perjalanan spiritual, kata-kata Alkitab sering kali menjadi sumber penghiburan dan kekuatan yang mendalam. Ayat-ayat ini memiliki kekuatan istimewa untuk menyentuh dan menguatkan hati, membawa kedamaian, dan pengharapan dalam kehidupan sehari-hari.

Dengan berbagi ayat-ayat tersebut, kita menyebarkan kasih dan inspirasi, menjadikan firman Tuhan sebagai sumber pencerahan serta dukungan bagi orang-orang di sekitar. Setiap ayat dapat menjadi berkat dan penyemangat dalam perjalanan iman diri sendiri dan orang lain.

Nah, kali ini Popmama.com telah merangkum terkait kumpulan ayat Alkitab yang menyentuh hati untuk orang lain secara lebih detail.

Jadikan ayat-ayat Alkitab kali ini sebagai renungan, yuk! 

Kumpulan Ayat Alkitab yang Menyentuh Hati untuk Orang Lain

1. Ayat Alkitab yang menyentuh hati orang lain tentang besarnya cinta Tuhan

Freepik

Setiap manusia menurut Alkitab diciptakan oleh Tuhan menurut rupa Allah sendiri. Hal ini menjadi salah satu bukti cinta Tuhan kepada manusia sebagai hamba-Nya.

Cinta Tuhan kepada umat-Nya begitu besar dan tak terukur. Kasih Sang Pencipta melampaui segala pengertian manusia. Walaupun terkadang tidak jarang manusia merasa sendiri dan tak ada yang mencintai, ingatlah bahwa Tuhan selalu ada mencintai semua hamba-Nya. 

Yohanes 3:16

"Karena begitu besar kasih Allah akan dunia ini, sehingga Ia telah mengaruniakan Anak-Nya yang tunggal, supaya setiap orang yang percaya kepada-Nya tidak binasa, melainkan beroleh hidup yang kekal."  

Roma 5:8

"Tetapi Allah menunjukkan kasih-Nya kepada kita, oleh karena Kristus telah mati untuk kita, ketika kita masih berdosa."  

1 Yohanes 4:10

"Inilah kasih itu: Bukan kita yang telah mengasihi Allah, tetapi Allah yang telah mengasihi kita dan telah mengutus Anak-Nya sebagai pendamaian untuk segala dosa kita."  

Yeremia 31:3

"Dengan kasih yang kekal Aku mengasihimu, sebab itu Aku menarik engkau dengan kasih setia."

Efesus 2:4-5

"Tetapi Allah, yang kaya akan rahmat, oleh karena kasih-Nya yang besar terhadap kita, telah menghidupkan kita bersama-sama dengan Kristus, sekalipun kita telah mati dalam kesalahan-kesalahan kita, oleh kasih karunia kamu telah diselamatkan."

Mazmur 103:13

"Seperti bapa sayang kepada anak-anaknya, demikian Tuhan sayang kepada orang yang takut akan Dia."

1 Petrus 1:3

"Terpujilah Allah dan Bapa Tuhan kita Yesus Kristus, yang karena rahmat-Nya yang besar telah melahirkan kita kembali untuk hidup yang penuh pengharapan, oleh kebangkitan Yesus Kristus dari antara orang mati."  

Yohanes 15:13

"Tidak ada kasih yang lebih besar daripada kasih seorang yang memberikan nyawanya untuk sahabat-sahabatnya."  

Roma 8:38-39

"Aku yakin bahwa baik maut maupun hidup, baik malaikat-malaikat maupun pemerintah-pemerintah, baik yang ada sekarang maupun yang akan datang, baik kuasa-kuasa, baik tinggi maupun dalam, ataupun sesuatu makhluk lain, tidak akan dapat memisahkan kita dari kasih Allah, yang ada dalam Kristus Yesus Tuhan kita."

1 Korintus 13:4

"Kasih itu sabar; kasih itu murah hati; ia tidak cemburu; ia tidak memegahkan diri dan tidak sombong."  

2. Ayat Alkitab yang menyentuh hati orang lain agar tetap rendah hati

Pexels/Eduardo Braga

Tinggi hati atau sombong sering kali menghalangi hubungan manusia dengan Tuhan dan sesama.

Ayat-ayat ini memberikan nasihat bijaksana tentang pentingnya kerendahan hati dan bagaimana sikap ini dapat membawa kita lebih dekat kepada Tuhan. Selain itu, bisa juga memperbaiki hubungan dengan orang lain.

Yakobus 4:6

"Tetapi Allah memberikan kasih karunia yang lebih besar lagi; sebab itu firman-Nya berbunyi: "Allah menentang orang yang sombong, tetapi Ia memberikan kasih karunia kepada orang yang rendah hati."

Amsal 16:18

"Sebelum kehancuran berjalan keangkuhan, dan sebelum kejatuhan datang kesombongan."

1 Petrus 5:5

"Demikian juga kamu, hai orang-orang muda, tunduklah kepada orang-orang yang lebih tua. Dan kamu semua, rendahkanlah dirimu seorang terhadap yang lain, sebab Allah menentang orang yang sombong, tetapi Ia memberikan kasih karunia kepada orang yang rendah hati."

Matius 23:12

"Barangsiapa meninggikan diri, ia akan direndahkan, dan barangsiapa merendahkan diri, ia akan ditinggikan."

Mazmur 138:6

"Meskipun Tuhan tinggi, namun Ia memperhatikan orang yang rendah hati, tetapi orang yang sombong, Ia mengenal dari jauh."

Amsal 3:34

"Sebab Tuhan mencemooh orang yang sombong, tetapi Ia memberikan kasih karunia kepada orang yang rendah hati."

Yeremia 9:23-24

"Beginilah firman Tuhan: 'Janganlah orang bijak bermegah karena kebijaksanaannya, janganlah orang kuat bermegah karena kekuatannya, janganlah orang kaya bermegah karena kekayaannya; tetapi biarlah orang yang mau bermegah bermegah karena hal ini: bahwa ia mengerti dan mengenal Aku, yaitu bahwa Akulah Tuhan, yang menunjukkan kasih setia, keadilan dan kebenaran di bumi; sebab Aku berkenan akan semuanya itu,' demikianlah firman Tuhan."  

Lukas 14:11

"Karena setiap orang yang meninggikan diri, akan direndahkan, dan setiap orang yang merendahkan diri, akan ditinggikan."

1 Korintus 1:31

"Sebab oleh Dialah kamu ada dalam Kristus Yesus, yang telah menjadi hikmat bagi kita dari Allah: oleh Dia kita dibenarkan, dan oleh Dia kita dikuduskan, dan oleh Dia kita dimerdekakan."

Filipi 2:3

"Janganlah melakukan sesuatu karena mementingkan diri atau keangkuhan, tetapi dengan rendah hati hendaklah yang seorang menganggap yang lain lebih utama daripada dirinya sendiri."

3. Ayat Alkitab yang menyentuh hati orang lain untuk tetap mengandalkan Tuhan dalam mencapai kesuksesan

Freepik

Kesuksesan sejati menurut perspektif Alkitab adalah hidup yang selaras dengan rencana Tuhan.

Ayat-ayat berikut menyoroti bagaimana Tuhan menjamin keberhasilan dan memberikan dukungan dalam setiap langkah ketika kita menyerahkan rencana kita kepada Sang Pencipta.

Yosua 1:9

"Bukankah telah Kuperintahkan kepadamu: Jadilah kuat dan teguhlah hatimu? Janganlah takut dan janganlah kecut, sebab Tuhan, Allahmu, menyertai engkau, ke mana pun engkau pergi."

Filipi 4:13

"Segala perkara dapat kutanggung dalam Kristus yang memberi kekuatan kepadaku."

Yeremia 29:11

"Sebab Aku tahu akan rancangan-rancangan yang Kupikirkan untuk kamu, demikianlah firman Tuhan, yaitu rancangan untuk kesejahteraanmu dan bukan untuk kecelakaanmu, rancangan untuk memberikan kepadamu masa depan yang penuh harapan."

3 Yohanes 1:2

"Aku sangat bersukacita karena aku telah menemukan beberapa orang dari antara anak-anakmu yang hidup sesuai dengan kebenaran, sama seperti kita telah menerima perintah dari Bapa."

Mazmur 37:5

"Serahkanlah hidupmu kepada Tuhan dan percayalah kepada-Nya, dan Ia akan bertindak."

Kolose 3:23

"Apa pun juga yang kamu perbuat, lakukanlah dengan sekuat tenaga, seperti untuk Tuhan dan bukan untuk manusia."

1 Korintus 10:31

"Jadi, baik kamu makan, baik kamu minum, baik apa pun juga yang kamu lakukan, lakukanlah semuanya itu untuk kemuliaan Allah."

Amsal 16:3

"Serahkanlah segala pekerjaanmu kepada Tuhan, maka segala rancanganmu akan berhasil."

Yohanes 15:5

"Akulah pokok anggur, kamu adalah cabang-cabangnya. Barangsiapa tinggal di dalam Aku dan Aku di dalam dia, ia akan menghasilkan banyak buah, sebab tanpa Aku kamu tidak dapat berbuat apa-apa."

2 Tesalonika 3:5

"Tetapi kami telah memberi perintah kepadamu: Barangsiapa tidak mau bekerja, janganlah ia makan."

4. Ayat Alkitab yang menyentuh hati orang lain tentang Tuhan Sang Pemaaf yang besar

Freepik

Kasih karunia Tuhan yang tak terhingga memungkinkan-Nya untuk mengampuni segala dosa kita. Sebesar apa pun kesalahan manusia, Tuhan akan selalu memaafkan.

Ayat-ayat ini menekankan betapa besar pengampunan Tuhan dan bagaimana Ia selalu siap untuk menyucikan dan memperbarui kita. Bahkan tidak peduli seberapa berat kesalahan kita.

Matius 12:31

"Sebab itu Aku berkata kepadamu: Segala dosa dan hujat manusia akan diampuni, tetapi hujat terhadap Roh Kudus tidak akan diampuni."

1 Yohanes 1:9

"Jika kita mengaku dosa kita, maka Ia adalah setia dan adil, sehingga Ia akan mengampuni segala dosa kita dan menyucikan kita dari segala kejahatan."  

Yesaya 1:18

"Marilah dan marilah kita berperkara! Demikianlah firman TUHAN: Sekalipun dosamu semerah darah, akan menjadi putih seperti salju; sekalipun berwarna merah seperti kain kirmizi, akan menjadi putih seperti bulu domba."

Efesus 1:7

"Dalam Dia kita mempunyai penebusan oleh darah-Nya, yaitu pengampunan dosa, menurut kekayaan kasih karunia-Nya."

Roma 3:23

"Karena semua orang telah berbuat dosa dan telah kehilangan kemuliaan Allah."

1 Yohanes 1:8

"Jika kita berkata, bahwa kita tidak berdosa, maka kita menipu diri kita sendiri dan kebenaran tidak ada di dalam kita."  

Lukas 7:47

"Karena itu Aku berkata kepadamu: Banyak dosanya telah diampuni, sebab ia telah banyak mengasihi. Tetapi di mana sedikit pengampunan, di situ sedikit kasih."

2 Korintus 5:17

"Jadi, siapa yang ada di dalam Kristus, ia adalah ciptaan baru: yang lama sudah berlalu, sesungguhnya yang baru sudah datang."  

Mazmur 51:2

"Cucilah aku seluruhnya dari kesalahanku, dan tahirkanlah aku dari dosaku!"

1 Petrus 2:24

"Ia sendiri telah menanggung dosa kita dalam tubuh-Nya di kayu salib, supaya kita, yang telah mati terhadap dosa, hidup untuk kebenaran. Oleh bilur-bilur-Nya kamu telah sembuh."  

5. Ayat Alkitab yang menyentuh hati orang lain tentang kebesaran Tuhan

Pexels/Pixabay

Tuhan sebagai Sang Pencipta memiliki kuasa mutlak atas segala sesuatu yang ada di bumi dan langit. Kuasanya tak terbatas di atas segala sesuatu.

Ayat-ayat Alkitab ini mengungkapkan kebesaran dan keagungan Tuhan, memperlihatkan kekuatan-Nya yang luar biasa dan pengaruh-Nya yang mendalam dalam segala ciptaan.

Mazmur 93:1

"Tuhan memerintah, Ia berpakaian keagungan; Tuhan telah berpakaian, Ia telah mengikat kekuatan sebagai ikat pinggang-Nya; dunia tetap teguh, tidak goyah."

Yesaya 40:22

"Dialah yang duduk di atas bulatan bumi, dan penduduknya seperti belalang; Dialah yang mengembangkan langit seperti kain kapan dan membentangkannya seperti kemah untuk didiami."

Roma 1:20

"Karena apa yang tidak nampak pada-Nya, yaitu kekuatan-Nya yang kekal dan keilahian-Nya, dapat terang dilihat dari alam semesta yang tercipta, sehingga mereka tidak mempunyai alasan untuk tidak mengenal Allah."

Mazmur 148:13

"Bintang-bintang dan terang rembulan, pujilah Tuhan!"

Ayub 42:2

"Aku tahu, bahwa Engkau dapat melakukan segala sesuatu, dan tidak ada sesuatu pun yang tidak dapat Engkau lakukan."

Mazmur 115:3

"Tetapi Allah kita di langit; Ia melakukan segala yang dikehendaki-Nya."

Ulangan 33:27

"Allah yang tinggi, yang diam kekal, nama-Nya yang mahakudus."

Yesaya 45:18

"Sebab beginilah firman Tuhan, yang menciptakan langit, yaitu Allah yang membentuk bumi dan membuatnya, yang meneguhkannya dan tidak menciptakannya dengan sia-sia, yang membentuknya untuk didiami: "Akulah Tuhan, dan tidak ada lagi selain dari pada-Ku."

Kolose 1:16

"Karena di dalam Dialah telah diciptakan segala sesuatu di langit dan di bumi, yang kelihatan dan yang tidak kelihatan, baik takhta, maupun kerajaan, maupun pemerintah, maupun kuasa; segala sesuatu telah diciptakan oleh Dia dan untuk Dia."

Wahyu 4:11

"Ya Tuhan kami dan Allah kami, Engkau layak menerima kemuliaan dan hormat dan kuasa, sebab Engkau telah menciptakan segala sesuatu, dan oleh karena kehendak-Mu semuanya ada dan telah diciptakan."

Itulah rangkuman terkait kumpulan ayat Alkitab yang menyentuh hati untuk orang lain. Semoga ayat-ayat Alkitab di atas dapat menjadi inspirasi bagi semua orang ya, Ma.

Baca juga:

The Latest