TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

Film Buya Hamka Tolak Poligami, Najwa Shihab Anggap Itu Pesan Penting

Buya Hamka menolak ajakan poligami dalam salah satu adegan filmnya

Instagram.com/buya_hamka_official

Sosok Buya Hamka dikenal sebagai ulama, sastrawan, dan jurnalis yang berkharisma. Hal ini yang membuat film Buya Hamka mendapatkan perhatian dari berbagai kalangan.

Salah satu yang menarik dari sosok Buya Hamka ialah perannya sebagai seorang suami yang begitu setia pada istrinya, Siti Raham. Memang, Buya memiliki dua istri. Namun, pernikahan kedua Buya Hamka dilaksanakan setahun setelah Siti Raham meninggal.

Dalam film Buya Hamka, salah satu yang cukup menjadi sorotan penonton tentang bagaimana Buya Hamka menyikapi soal poligami. Berikut ini Popmama.com telah merangkum sosok Buya Hamka saat menjalani perannya dalam rumah tangga.

Yuk, disimak!

1. Buya Hamka pernah ditawari poligami

Instagram.com/buya_hamka_official

Diceritakan, saat menjalani masa-masa awalnya berumah tangga, Buya Hamka pernah ditawari untuk poligami. Keluhuran budi, kewibawaan serta luasnya ilmu Buya Hamka membuat seseorang menawarkan anak gadisnya bernama Ola untuk dinikahi sebagai istri kedua.

Namun, Buya menolak tawaran tersebut dengan sopan. Meski Ola sempat menyebut surat an-Nisa ayat 3, Buya menegaskan bahwa surat tersebut ada lanjutannya, yaitu untuk melakukan poligami, syaratnya harus adil.

Sebagai laki-laki, Buya Hamka merasa takut tidak bisa berbuat adil.

2. Najwa Shihab mengatakan adegan poligami menjadi hal penting

Instagram.com/najwashihab

Najwa Shihab telah menonton saat gala premiere film Buya Hamka mengatakan bahwa adegan menolak poligami yang dilakukan Buya Hamka semasa awal berumah tangga merupakan hal penting.

"Ada momen-momen penting di film yang menurut saya juga menarik ketika Buya Hamka menolak berpoligami, itu bagian penting. Saya senang banget bagian itu masuk di dalam film ini," ujar perempuan yang akrab disapa Nana ini.

3. Fakta menarik Buya Hamka

muhammadiyah.or.id

Buya Hamka adalah salah satu tokoh Indonesia yang sepanjang hidupnya tidak pernah berpoligami, tercatat beliau menikah lagi beberapa tahun kemudian setelah istrinya berpulang. Hal ini ia lakukan setelah berdiskusi dengan seluruh anak-anaknya.

Atas pertimbangan Buya Hamka yang sudah mulai berumur dan seluruh anak-anaknya telah berkeluarga, akhirnya Buya Hamka menikah lagi dengan Siti Khadijah, perempuan yang menemaninya hingga akhir hayat sang Sufi.

Satu lagi yang menarik dari Buya Hamka adalah di semasa hidupnya, ia beberapa kali ditawarkan untuk melakukan poligami oleh papanya. Namun, ia dengan halus menolaknya. Apa yang dilakukan Buya Hamka semata karena ia mengambil pelajaran dari apa yang dialami orangtuanya, khususnya mama kandungnya akibat perceraian.

Sudah film Buya Hamka belum nih, Ma?

Bacajuga:

The Latest