TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

9 Fakta Keluarga Tom Lembong, Memiliki Papa Dokter Ahli Jantung

Tom Lembong merupakan mantan Menteri Perdagangan RI yang berasal dari keluarga terpandang

Instagram.com/tomlembong

Thomas Trikasih Lembong atau yang lebih dikenal sebagai Tom Lembong belakangan ini tengah menjadi perbincangan hangat banyak orang. Terlebih, saat namanya beberapa kali disebut Gibran Rakabuming saat Debat Pilpres ke-4, Minggu (21/1/2024). 

Terlepas dari itu semua, Tom Lembong merupakan mantan Menteri Perdagangan RI yang kini menjadi Co-Captain Tim Pemenangan Nasional (Timnas) Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar. 

Latar belakang keluarga Tom Lembong pun berhasil menyedot perhatian publik. Nah, kali ini Popmama.com siap membahas lebih lanjut mengenai fakta keluarga Tom Lembong secara lebih detail. 

1. Tom Lembong lahir dari pasangan asal Manado dan Tuban

Instagram.com/tomlembong

Dalam sejumlah video podcast yang tersebar di YouTube, Tom Lembong tak menampik kenyataan bahwa dia berasal dari keluarga dengan privilege dan berkecukupan. 

Lelaki kelahiran 1971 ini memiliki seorang papa bernama Yohanes Lembong (Ong Joe Giel) asal Manado. Sedangkan, mamanya bernama Yetty Lembong, seorang ibu rumah tangga asal Tuban. 

2. Papa dari Tom Lembong merupakan seorang dokter ahli jantung

Instagram.com/tomlembong

Di zaman dulu, mayoritas masyarakat Indonesia hanya tamatan sekolah dasar (SD). Mengambil pendidikan yang tinggi cukup sulit diraih pada saat itu. 

Namun, berbeda dengan papa dari Tom Lembong yang merupakan seorang dokter ahli jantung dan THT lulusan Universitas Indonesia. Tak sampai di situ, dikabarkan Yohanes Lembong juga memiliki gelar doktor di bidang radiologi.

3. Paman Tom Lembong merupakan pendiri PT. Pharos Indonesia

Instagram.com/tomlembong

Selain papanya, sosok paman Tom Lembong juga tak kalah menuai sorotan. Pasalnya, Tom Lembong memiliki seorang paman yang merupakan sosok penting di dunia farmasi Indonesia. 

Pamannya yang bernama Eddie Lembong adalah pendiri PT. Pharos Indonesia. Pamannya merupakan lulusan Farmasi dari Institut Teknologi Bandung (ITB). Ia berstatus sebagai pendiri sekaligus CEO PT. Pharos Indonesia pada 30 September 1971.

4. Paman Tom Lembong memiliki peranan besar di dunia farmasi Indonesia

Instagram.com/tomlembong

Bisa dibilang, PT. Pharos Indonesia merupakan perusahaan farmasi tertua dan terbesar di Indonesia. Tak hanya berfokus pada pabrik obat, Eddie juga membangun jaringan pemasaran produknya melalui apotek Century Pharma pada tahun 1993. 

Sejak didirikan oleh Eddie Lembong, apotek Century sudah tersebar di berbagai kota-kota besar di Indonesia. Melalui jaringan PT. Pharos Indonesia, Eddie Lembong juga mendirikan Century Healthcare. 

5. Tom Lembong dan istrinya menikah pada tahun 2002

Instagram.com/tomlembong

Kisah cinta Tom Lembong dengan istrinya, Franciska Wihardja atau dikenal Ciska Wihardja, juga tidak kalah mencuri perhatian. Tom Lembong menikah dengan istrinya pada tahun 2002 silam. 

Perjalanan cinta keduanya ternyata cukup unik karena sama-sama tidak menyadari bahwa mereka berada di SMP yang sama. Tom Lembong dan Ciska baru mengenal setelah dewasa. Pertemuan mereka terjadi lantaran dijodohkan temannya.

6. Mengenyam pendidikan SMP dan kuliah yang sama, Tom Lembong justru baru mengenal istrinya saat dijodohkan

Instagram.com/tomlembong

Ternyata, Tom Lembong dan Ciska merupakan teman satu SMP. Namun, keduanya sama-sama tidak saling kenal satu sama lain karena tidak pernah bertemu pada saat itu. 

Tak sampai di situ, pasangan ini ternyata berkuliah di satu kampus yang sama di Boston, Amerika Serikat. Lagi-lagi mereka tidak saling kenal hingga keduanya sama-sama lulus. 

Ketika bekerja di Badan Penyelenggara Perbankan di Jakarta, barulah Tom Lembong dijodohkan dengan Ciska yang kala itu bekerja di Hongkong dan tengah berkunjung ke Indonesia. 

Perkenalan tersebut menjadi awal dari kisah cinta mereka yang kemudian mengarah pada keputusan untuk menikah. Tom Lembong mengungkapkan bahwa perbedaan usia mereka hanya dua tahun. 

7. Papa mertua Tom Lembong merupakan CEO dan pendiri perusahaan produsen kasur

Instagram.com/tomlembong

Kehidupan pribadi Ciska Wihardja cukup terbatas mengingat Tom Lembong cenderung menjaga privasi keluarganya. Namun, diketahui Ciska saat ini berprofesi sebagai konsultan di Serta Internasional, sebuah perusahan manufaktur kasur. 

Istri Tom Lembong ini juga merupakan anak dari pengusaha produsen kasur. Papa dari Ciska adalah Andreas Wihardja yang merupakan CEO sekaligus pendiri PT Duta Abadi Primantara. 

8. Tom Lembong dan Ciska telah dikaruniai dua anak

Instagram.com/tomlembong

Dari pernikahannya tersebut, Tom Lembong dan Ciska telah dikaruniai dua orang anak. Anak perempuannya bernama Thalia yang merupakan kelahiran 2004, sedangkan anak laki-lakinya bernama Maxwell kelahiran 2006. 

Sosok Ciska senantiasa mendampingi suaminya ketika bekerja. Ia juga pernah menemani Tom Lembong saat menjadi Jubir Presiden Jokowi tahun 2019-2024. 

9. Keluarga Tom Lembong menganut agama Katolik

Instagram.com/tomlembong

Tom Lembong dan keluarganya merupakan penganut agama Katolik. Sejak kecil, ia mengenyam pendidikan di Jerman hingga berusia 10 tahun. Saat kembali di Indonesia, Tom meneruskan pendidikannya hingga SMP di Jakarta. 

Ketika SMA, Tom pindah ke Boston, Amerika Serikat. Ia menempuh kuliah dalam bidang arsitektur dan perancang kota di Universitas Harvard yang lulus pada tahun 1994.

Nah, jadi itu dia beberapa fakta keluarga Tom Lembong yang ternyata memiliki latar belakang tak main-main. Bagaimana menurutmu? 

Baca juga: 

The Latest