TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

Hal yang Harus Diperhitungkan sebelum Memilih Rumah Sakit Bersalin

Simak mengenai hal apa saja yang harus diperhitungkan sebelum memilih rumah sakit bersalin berikut!

Freepik/KamranAydinov

Alasannya, Mama dan Papa harus memastikan fasilitas layanan kesehatan yang Mama dan Papa pilih sebagai tempat untuk bersalin memberikan pelayanan yang sesuai dengan keinginan Mama dan Papa, dengan harga yang sesuai perencanaan, serta tentunya dengan tenaga medis yang mumpuni juga berbagai fasilitas lainnya yang menunjang dan mendukung selama proses bersalin. 

Oleh karenanya, berikut telah Pomama.com rangkumkan informasi mengenai hal apa saja yang harus diperhitungkan sebelum memilih rumah sakit untuk bersalin! Yuk disimak! 

1. Reputasi Rumah Sakit

Pexels/Pixabay

Salah satu hal yang terpenting sebelum Mama dan keluarga memutuskan untuk memilih satu rumah sakit tertentu sebagai tempat bersalin adalah mengetahui bagaimana reputasi rumah sakit tersebut.

Reputasi rumah sakit dapat Mama nilai dan akses melalui laman resmi milik rumah sakit. Cobalah untuk memerhatikan lebih detail apa saja layanan kebidanan dan maternity yang diberikan, apakah rumah sakit tersebut tergolong rumah sakit "ramah anak" dan "Pro ASI Ekslusif"  sehingga Mama akan diprioritaskan untuk bisa lebih dekat bahkan melakukan skin to skin contact dengan bayi baru lahir, juga Pro ASI Eksklusif dimulai dengan penegakan Inisiasi Menyusui Dini (IMD) segera setelah bayi lahir. 

Perhatikan juga daftar tenaga medis yang dimiliki rumah sakit, karena dengan begini akan memudahkan Mama untuk memilih dokter yang tepat yang memang Mama inginkan untuk dapat membantu selama proses persalinan.

2. Paket Layanan Bersalin yang ditawarkan Rumah Sakit

freepik/partystock

Ma, biasanya tiap rumah sakit akan menawarkan paket layanan bersalin tertentu yang dapat Mama pilih sesuai dengan planning dan kebutuhan Mama. 

Tidak jarang, pada waktu-waktu tertentu, rumah sakit juga memberikan promo dan penawaran menarik dengan cuma-cuma untuk paket layanan persalinan.

Mulai dari harga yang lebih murah, tambahan layanan pra hingga pasca bersalin, bahkan hingga fasilitas candle light dinner hingga voucher belanja gratis.

Di luar dari semua penawaran tersebut. Melalui mencari dan membandingkan berbagai paket layanan bersalin yang ditawarkan rumah sakit, Mama dapat mengetahui dengan mudah mana yang paling sesuai dengan kebutuhan dan keinginan Mama. 

Mama bisa selalu mengecek informasi ini melalui laman-laman resmi akun sosial media rumah sakit atau laman web resmi mereka.

3. Ulasan terkait rumah sakit

Pexels/Vlada Karpovich

Ma, salah satu poin yang tidak kalah penting untuk dipertimbangkan dalam hal pemilihan fasilitas layanan kesehatan untuk bersalin adalah ulasan mengenai layanan pada rumah sakit tersebut.

Ulasan menjadi penting, karena hal ini dapat menjadi masukan bagi Mama akan pengalaman langsung pelayanan yang diberikan rumah sakit berdasarkan apa yang dirasakan oleh pasien.

Ulasan terbaik memang sebaiknya diambil dari beberapa orang ya, Ma, dan bukan hanya salah seorang saja. Beberapa orang yang memberikan jawaban serupa dapat dikategorikan sebagai ulasan riil mengenai kondisi sebenarnya di rumah sakit tersebut.

Artinya, apabila banyak dari pasien merasa puas dengan layanan yang diberikan rumah sakit, tandanya rumah sakit tersebut memang benar-benar melaksanakan layanan atau fasilitas yang sebelumnya ditawarkan.

Ulasan dapat Mama tanyakan kepada keluarga atau rekan-rekan di sekitar Mama. Minta mereka untuk memberikan testimoni aslinya, dan Mama juga dapat meminta kepada mereka saran yang harus atau hal berikutnya yang harus Mama lakukan jika Mama juga berencana bersalin di rumah sakit tersebut.

4. Jarak lokasi rumah sakit dari rumah

Pixabay/1662222

Persalinan adalah suatu kondisi yang memerlukan penanganan dengan cepat. Walaupun Mama dan Papa sudah mengetahui tanggal taksiran persalinan dari dokter, sesuatu yang disebut taksiran tentu hanyalah perkiraan, dan sangat mungkin untuk meleset dengan terjadi sesuai atau justru lebih cepat.

Oleh karenanya, memilih rumah sakit dengan lokasi yang tidak terlalu jauh dengan tempat tinggal Mama dan Papa dapat menjadi pilihan yang terbaik untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan nantinya.

Pelajari juga rute tercepat yang bisa dilalui kendaraan Mama dan Papa untuk menuju rumah sakit tersebut dari rumah.

Hal ini, akan sangat bermanfaat untuk efisiensi waktu saat proses persalinan datang secara tiba-tiba, sekaligus menghindari melaju pada rute-rute yang tergolong ramai sehingga Papa dan Mama bisa sampai ke rumah sakit lebih cepat dan bebas halangan.

5. Teknologi dan Fasilitas yang disediakan rumah sakit

Freepik/DragenZigic

Terakhir hal yang harus Mama pertimbangkan dengan matang sebelum memilih rumah sakit untuk bersalin ialah mengenai teknologi dan fasilitas yang disediakan oleh pihak rumah sakit.

Khususnya bagi Mama yang menjalani kehamilan berisiko tinggi, beberapa fasilitas seperti tersedianya anestesi epidural, PONEK (Pelayanan Obstetri Neonatal Emergency Komprehensif), dan fasilitas lain-lainnya merupakan suatu hal yang wajib untuk ada di rumah sakit tempat Mama bersalin.

Belum lagi berbagai kemungkinan yang sangat mungkin untuk mengubah plan awal Mama yang tadinya berencana bersalin secara normal, namun karena situasi dan kondisi khusus mengharuskan Mama untuk menjalani tindakan operatif Sectio Caesaria, maka untuk mengatasi hal-hal yang seperti haruslah dipersiapkan dengan upaya preventif memilih rumah sakit dengan fasilitas dan teknologi yang baik.

Pastikan juga rumah sakit menyediakan ruang NICU atau Neonatal Intensive Care Unit yang diperlukan untuk memberikan perawatan khusus bagi bayi baru lahir dengan kondisi atau kebutuhan tertentu.

Itulah Ma, informasi mengenai hal apa saja yang harus diperhitungkan sebelum memilih rumah sakit untuk bersalin yang telah dirangkumkan Popmama.com!

Semoga bermanfaat ya, Ma!

Baca Juga :

The Latest