TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

Viral! Seorang Ibu Melahirkan di Atas Perahu saat Banjir di Muratara

Seorang ibu berhasil melahirkan bayi laki-laki di atas perahu

Pexels/Steven Morrissette

Beredar di media sosial kisah seorang ibu yang melahirkan di atas perahu ketek. Diketahui, ia melahirkan saat banjir melanda pemukimannya di Desa Pauh, Kecamatan Rawas Ilir, Kabupaten Musi Rawas Utara (Muratara), Sumatera Selatan.

Banjir terus melanda daerah tersebut. Sebelumnya, bencana banjir sempat melanda delapan desa akibat luapan sungai Rupit dan Rawas. Sejauh ini ada empat wilayah di Sumatera Selatan yang masih terendam, antara lain, Kabupaten Muratara, Muara Enim, Prabumulih, dan Musi Banyuasin.

Akibat dari banjir yang melanda, seorang ibu bernama Ani (30) terpaksa melahirkan di atas perahu ketek karena sulitnya akses menuju pelayanan kesehatan.

Berikut ini Popmama.comberikan informasi selengkapnya mengenai seorang ibu melahirkan di atas perahu saat banjir di Muratara.

1. Kronologi melahirkan di atas perahu

Pexels/Rene Asmussen

Sejumlah kecamatan dilanda bencana banjir, salah satunya Kecamatan Rawas Hilir selama lebih dari satu pekan. Akibat dari banjir tersebut, ibu Ani terpaksa melahirkan di atas perahu ketek karena sulitnya akses menuju pelayanan kesehatan. Menurut keterangan dari Kepala Desa setempat, awalnya ibu Ani mengeluh hendak melahirkan. 

Kemudian, ia dibantu oleh warga untuk dievakuasi menuju Puskesmas Pauh dengan menggunakan transportasi perahu karena desa tersebut masih terendam banjir.

Namun, ketika di tengah perjalanan, ibu 30 tahun tersebut mengaku sudah tidak kuat menahan lagi dan ia pun terpaksa melahirkan di atas perahu.

2. Bidan Puskesmas membantu melahirkan di atas perahu

Pexels/Jonathan Borba

Sudah tidak sanggup menahan saat di tengah perjalanan menuju ke Puskesmas, ibu Ani terpaksa melahirkan di atas perahu.

Lantas, warga segera menghubungi pelayanan kesehatan untuk meminta pertolongan kepada bidan.

"Warga langsung menghubungi Puskesmas. Bidan dan perawat akhirnya ke lokasi dan membantu melahirkan di atas perahu," kata Acis, Kepala Desa Pauh.

3. Ibu dan anak masih di Puskesmas

Pexels/Kampus Production

Bayi yang dilahirkan oleh ibu Ani berjenis kelamin laki-laki. Ia beserta anaknya hingga kini masih tetap tinggal di Puskesmas sementara waktu karena rumahnya yang masih terendam banjir. 

Kepala Desa setempat menjelaskan bahwa kondisi keduanya sama-sama sehat. 

"Itu anak ketiga Mereka, kondisinya sekarang sehat, ibunya juga sehat," ungkapnya.

Demikian informasi mengenai seorang ibu melahirkan di atas perahu saat banjir di Muratara. 

Baca juga:

The Latest