TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

Demam saat Pertama Menyusui, Apa Penyebabnya?

Bisa karena beberapa alasan berbeda

Freepik

Selain melahirkan, menyusui pun jadi masa-masa yang penuh tantangan dan kejutan. Mungkin saja, Mama mengalami demam saat pertama menyusui. 

Demam merupakan salah satu cara tubuh memberi sinyal bahwa ada hal yang tidak sesuai atau ada suatu infeksi. Biasanya, demam disertai gejala lain yang menjadi penyebab utama demam. 

Namun bagaimana dengan demam yang terjadi saat pertama kali menyusui, apakah berbahaya? 

Agar tidak bingung, Popmama.com akan mengumpulkan penyebab mengenai demam saat pertama menyusui. 

1. Puting yang terluka

Freepik

Di awal masa menyusui, hampir semua ibu menyusui mengalami lecet puting. Hal ini disebabkan terjadinya gesekan yang tidak biasa pada puting oleh mulut bayi.

Jika puting sampai terluka atau lecet parah, tubuh akan memberikan sinyal tanda bahaya, salah satunya dengan cara demam. 

Segera obati puting dan biasakan untuk membasahi puting dan areola dengan ASI sebelum menyusui si Kecil. 

2. ASI tidak keluar dengan baik

freepik

Saat pertama menyusui, tubuh pun menyesuaikan diri untuk si Kecil. Bukan tidak mungkin, Mama mengalami kesulitan untuk mengeluarkan ASI. Selain payudara yang terasa sakit, Mama juga mungkin sampai meriang dan demam. 

Hal ini disebabkan karena adanya sumbatan di puting yang bisa menyebabkan mastitis. Segera pijat payudara dan kompres dengan air hangat agar sumbatan bisa keluar dan ASI pun bisa keluar dengan normal. 

Jika keadaan memburuk, segera minta bantuan dokter, ya. 

3. Mengalami gejala anemia

Freepik.com/freepik

Banyak ibu menyusui tidak menyadari kalau dirinya mengalami anemia. Kondisi tubuh saat anemia akan lebih mudah jatuh sakit dibanding yang memiliki asupan nutrisi lengkap dan seimbang. 

Sehingga, kelelahan sedikit pun bisa langsung demam. Konsultasikan dengan dokter untuk penanganan yang tepat, ya. 

4. Kesalahan penggunaan bra

Freepik/senivpetro

Karena perubahan yang terjadi pada payudara selama masa menyusui, sampai-sampai ada bra khusus untuk menyusui. Kalau Mama tetap bersikeras ingin pakai bra sebelum hamil saat sedang menyusui, maka bersiaplah menghadapi beberapa masalah. 

Mama bisa merasa sesak, lecet di area tali dan cup bra, atau merasa demam karena mengalami penyumbatan pada aliran susu. Usahakan gunakan bra nyaman selama menyusui, ya. 

5. Kelelahan

Freepik/user18526052

Setelah melahirkan, Mama hampir tidak bisa istirahat cukup karena ada si Kecil yang harus diberikan ASI secara intensif. Belum lagi kalau si Kecil masih menyesuaikan diri dengan jadwal tidur, makin lelah lagi. 

Kelelahan dan pikiran yang stres bisa memberikan efek psikosomatis pada tubuh. Akhirnya, Mama merasa demam padahal tubuh sebenarnya baik-baik saja. 

Usahakan untuk menarik nafas, buat prioritas, dan istirahatlah saat si Kecil juga tertidur. 

itu dia beberapa alasan kenapa Mama demam saat pertama menyusui. Jika mengalami gejala mastitis, segera konsultasikan dengan dokter agar tidak makin parah, ya!

Baca juga:

The Latest