TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

6 Jenis Perawatan Luka Keloid karena Bekas Caesar

Obat atau laser, Ma?

mamsa.ru

Luka keloid bisa terjadi saat menjalani operasi, mengalami luka, atau kecelakaan tertentu. Inilah beberapa jenis perawatan luka bekas caesar. 

Beberapa faktor risiko seseorang bisa mengalami keloid adalah karena luka sayat, luka bakar, jerawat parah, dan lainnya. Namun pada kasus tertentu, keloid bisa timbul karena proses menindik telinga dan tato. 

Banyak orang merasa khawatir akan tumbuh keloid karena merasa akan sulit menyembuhkannya. Namun, banyak orang juga terlambat merawat luka keloid karena baru mulai saat luka sudah lama kering. 

Agar tidak salah, inilah beberapa jenis perawatan luka bekas caesar yang bisa dilakukan seperti yang dirangkum Popmama.com

1. Suntikan kortikosteroid

Pixabay/frolicsomepl

Cara pertama yang bisa dilakukan adalah dengan melakukan suntikan kortikosteroid. Suntikan ini bisa mengecilkan bekas luka hingga keloid tidak terlihat lagi. 

Cara memberikannya adalah dengan melalui suntikan sekali setiap tiga sampai empat minggu, demikian menurut Mayo Clinic. 

Suntikan pertama dibuat untuk meredakan gejala dan membuat keloid terasa lebih lembut. Pada suntikan selanjutnya, akan terlihat perubahan ukuran keloid yang semakin menyusut. 

2. Operasi keloid

Freepik/stefamerpik Hanya ilustrasi

Untuk Mama yang ingin masalah keloid diselesaikan secara cepat, maka bisa memilih operasi keloid, Namun prosedur ini dianggap kurang optimal karena keloid bisa tumbuh kembali meski sudah operasi. 

Namun ada cara untuk mengurangi risiko kembalinya keloid yaitu dengan melakukan suntikan kortikosteroid atau crytherapy. Cara lainnya adalah dengan melakukan perawatan radiasi pasca operasi pengangkatan keloid. 

3. Perawatan laser

Pixabay/maleni_ferrari

Selain operasi, Mama bisa juga melakukan perawatan laser untuk menghilangkan keloid. Selain menghilangkan gundukan daging, laser juga bisa memudarkan warna keloid. 

Biasanya, laser dikombinasikan dengan perawatan lain seperti suntikan kortikosteroid untuk menekan kemungkinan keloid kembali tumbuh. 

4. Cryotherapy

cryosauna-icetube.gr

Terapi yang satu ini bisa jadi pilihan juga, lho. Caranya adalah dengan membekukan keloid menggunakan zat yang disebut dengan cryogens. Terapi ini mampu melembutkan keloid dan juga mengecilkan ukurannya. 

Cryotherapy sangat cocok untuk menghilangkan keloid yang berukuran kecil. Setelah terapi, biasanya Mama akan diberikan suntikan kortikosteroid. 

5. Perawatan radiasi

Freepik/nensuria

Ini merupakan salah satu perawatan lanjutan pasca melakukan operasi pengangkatan keloid. Perawatan ini dilakukan untuk mencegah tumbuhnya keloid kembali. 

Waktu terbaik untuk melakukan perawatan radiasi adalah pada hari berikutnya atau seminggu kemudian. 

6. Ligatur

Unsplash/Sharon McCutcheon

Yang terakhir adalah melakukan perawatan ligatur. Caranya dilakukan dengan mengikat benang bedah di sekitar keloid. Benang ini akan memotong keloid secara bertahap. 

Untuk melakukannya, dokter kulit perlu mengikat benang bedah baru di sekitar keloid setiap dua hingga tiga minggu, sampai keloid benar-benar terlepas. 

Itu dia beberapa cara yang bisa dilakukan untuk perawatan keloid karena operasi caesar. ingin memilih yang mana?

Baca juga:

The Latest