TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

12 Nutrisi bagi Ibu Menyusui agar Bayi Gemuk

Dari sayur hingga daging, Ma

Freepik/Freepik

Pada bayi yang masih ASI eksklusif, asupan Mama sangatlah berpengaruh untuk si Kecil Inilah kenapa, Mama perlu mengonsumsi makanan dnegan nutrisi seimbang.

Tak hanya enak di lidah dan kenyang di perut, namun perlu dengan takaran seimbang agar nutrisi bayi terjaga. Faktanya, asupan makanan Mama akan masuk juga ke ASI, demikian menurut Mayo Clinic. 

Nah, supaya si Kecil tumbuh dengan gemuk dan sehat, Mama perlu mengetahui apa saja nutrisi yang baik untuk bayi. Mama disarankan untuk mengonsumsi minimal 2.000 kalori per hari untuk mencukupi kebutuhan nutrisi. 

Dirangkum Popmama.com, inilah nutrisi bagi ibu agar bayi tak hanya gemuk, tapi juga sehat. 

1. Susu

Freepik

Susu dan turunannya kaya akan kalsium, dan mineral ini sangat baik untuk pertumbuhan si Kecil. Kalsium juga bisa membantu mencukupi kebutuhan ASI si kecil setiap harinya. Jika kebutuhan ASI tercukupi, atau malah lebih, maka bayi pun lebih mudah gemuk. 

2. Pisang

Freepik/KamranAydinov

Buah yang kaya nutrisi ini baik untuk tubuh dan juga si Kecil. Makan pisang secara rutin bisa membantu melancarkan ASI, baik dari kualitas dan kuantitasnya. 

 

3. Jeruk

Freepik

Satu lagi buah yang bisa membantu meningkatkan produksi ASI adalah jeruk. Kandungan vitamin C yang tinggi di jeruk bisa menjaga imun tubuh anak dan Mama. Bayi yang jarang sakit akan lebih mudah gemuknya dibanding bayi yang sering sakit, Ma. 

 

4. Sayuran hijau

Freepik/Racool_studio

Selain buah, Mama juga perlu mengonsumsi sayuran hijau. Beberapa sayuran yang baik untuk Mama yang sedang menyusui adalah bayam dan brokoli. Kedua sayuran ini mengandung banyak vitamin yang baik untuk pertumbuhan bayi dan juga menjaga asupan ASI. 

 

5. Yoghurt

Freepik

Yoghurt adalah turunan susu yang kaya akan prebiotik. Yoghurt mengandung banyak vitamin dan mineral yang bisa meningkatkan produksi ASI dan menjaga kesehatan pencernaan. Semakin sehat, semakin cepat si Kecil gemuknya. 

6. Ikan laut

freepik/kamranaydinov

Salmon atau ikan laut lainnya memiliki kandungan DHA yang tinggi dan penting untuk perkembangan sistem saraf bayi. Dilansir Sanford Health, ikan laut, termasuk salmon, baik untuk meningkatkan berat badan bayi. 

7. Daging merah

Freepik/jcomp


Daging sapi atau daging merah mengandung mineral zinc yang lebih banyak dibanding daging ayam. Zinc sendiri berguna untuk membantu menjaga tenaga sehingga bisa maksimal dalam menyusui si Kecil. Jika tubuh sehat, maka sesi menyusui pun jadi lebih optimal!

 

 

8. Telur

Freepik/jcomp

Mengandung protein, kolin, lutein, vitamin B12, vitamin D, riboflavin, dan folat yang tinggi, telur selalu jadi protein andalan bagi siapa saja. Bagi ibu menyusui, telur bisa membantu si Kecil mendapatkan ASI berkualitas sehingga badanya bisa sehat dan gemuk. 

 

9. Ubi

Freepik/dashu83

Selanjutnya, ada ubi yang mengandung vitamin A. Diketahui, vitamin A sangat penting untuk perkembangan bayi terutama untuk pertumbuhan tulang, pembentukan sel, dan fungsi sistem imun. 

Bayi yang sehat akan menyusu lebih semangat!

10. Kacang panjang dan buncis

inspiredtaste.com

Sayuran yang termasuk dalam kelompok kacang-kacangan mengandung protein, zat besi, dan serat. Buncis dan kacang panjang juga mampu membentuk zat alami fitokimia yang bermanfaat untuk meningkatkan sistem imun, memperbaiki kerusakan DNA, dan mengatur kadar hormon. 

11. Kacang dan biji-bijian

freepik/8photo

Kacang-kacangan dan biji-bijian mengandung protein, serat, vitamin, mineral, antioksidan, dan lemak tak jenuh tunggal dan tak jenuh ganda. 

Kandungan tersebut sangat baik untuk meningkatkan kualitas ASI dan membuat bayi lebih cepat gemuk. 

 

12. Ayam

freepik/jcomp


Daging ayam bisa jadi andalan menu sehat dan lezat untuk ibu menyusui. Selain itu, daging ayam juga kaya akan protein dan nutrisi penting lain yang bisa membantu membantu bayi lebih cepat gemuk. 

Kandungan vitamin B12 yang larut dalam air sangat penting dalam pertumbuhan bayi. 

Demikianlah makanan yang baik dikonsumsi ibu menyusui agar bayinya cepat gemuk. Jangan asal gemuk, namun tetap harus dipastikan kesehatannya, ya!

Baca juga:

The Latest