TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

Ingat, Ini 7 Aktivitas yang Jadi Pantangan Pasca Operasi Caesar

Kurangi aktivitas ini agar proses pemulihan lebih cepat ya, Ma!

Freepik/jcomp

Melahirkan secara caesar tampaknya sudah sangat wajar dilakukanya ya, Ma? Belum lagi saat ini semakin banyak juga yang melewati persalinan dengan metode yang satu ini. 

Ngomongin soal caesar tentu kita sudah tahu ya, jika prosedur dari persalinan ini adalah melahirkan bayi lewat sayatan di perut dan rahim Mama.

Maka nggak heran nih, Ma jika pasca persalinan Mama membutuhkan waktu yang lebih lama untuk merawat luka jahitan operasi- dibandingkan melahirkan secara normal. 

Nah agar proses pemulihan luka caesar cepat dan Mama segera pulih, ada beberapa aktivitas yang umumnya tidak disarankan untuk dilakukan selama masa pemulihan. 

Menghindari aktivitas ini dari keseharian Mama bertujuan untuk mengurangi risiko komplikasi yang dapat membahayakan kesehatan, serta mempercepat proses penyembuhan. 

Lantas, apa saja ya Ma aktivitas yang menjadi pantangan pasca operasi caesar?

Berikut Popmama.com rangkumkan di bawah ini!

1. Mengangkat beban yang terlalu berat

Freepik/freepik

Aktivitas pertama yang wajib dihindari pasca operasi caesar ialah mengangkat beban yang terlalu berat ya, Ma. 

Sebab, mengangkat benda berat dapat meningkatkan tekanan pada luka operasi yang memicu pendarahan akibat jahitan perut yang terbuka, juga memperpanjang waktu penyembuhan karena luka yang tak kunjung kering. 

Maka dari itu, hindarilah mengangkat benda berat seperti bayi yang berat, barang belanjaan yang berat, atau barang-barang rumah tangga yang berat.

2. Berolahraga yang berat

Pinterest/Creative Market

Sama halnya dengan hal yang disebutkan sebeulumnya, olahraga terlalu berat pasca caesar hendaknya dihindari ya, Ma. 

Jika ingin berolaraga, Mama cukup berjalan kaki beberapa langkah di halaman, tanpa harus berolahraga yang menghasilkan keringat berlebih layaknya olahraga yang dilakukan sebelum Mama hamil. 

3. Menyetir

Unsplash/samuelfoster

Meskipun saat menyetir lebih banyak duduknya, aktivitas ini juga nyatanya memerlukan gerakan tubuh yang intensif, terutama di bagian perut dan panggul, di mana area tersebut terlibat dalam operasi caesar. 

Maka dari itu, agar luka di sekitar perut dan panggul pasca caesar mengering, hindarilah menyetir selama berapa mingu setelah operasi. Akan lebih baik Mama menunggu sampai luka jahitan benar-benar mengering ya, Ma!

4. Berhubungan intim

Freepik/freepik

Selanjutnya tak kalah penting nih, Ma. Bagi Mama dan pasangan yang ingin berhubungan seksual, akan lebih baik ditunda dahulu, ya. 

Sebab, berhubungan intim dapat meningkatkan risiko terbukanya kembali luka operasi. Akan lebih baik jika konsultasikan kepada dokter kapan waktu yang aman untuk kembali berhubungan seksual pasca operasi caesar. 

5. Naik tangga

Pexels/Andrea Piacquadio

Kegiatan selanjutnya yang dilarang pasca caesar adalah terlalu sering naik tangga. 

Apabila Mama sering naik turun tangga lantaran rumah Mama memiliki dua tingkat, dikhawatirkan dapat menyebabkan pendarahan pada luka bekas operasi. 

Sehingga disarankan agar Mama melakukan semua aktivitas sehari-hari di lantai dasar dan hindari bolak-balik menaiki tangga. 

6. Begadang

curemysleepapnea.com

Selanjutnya tak kalah penting nih, Ma yakni begadang. Kondisi kesehatan Mama pasca operasi tentu berbeda jauh dengan kesehatan Mama sebelum operasi maupun sebelum masa kehamilan. 

Sehingga apabila Mama kurang tidur, hal ini dikhawatirkan dapat membuat imun Mama menurun, tubuh lemas, mood swing, hingga berpengaruh pada produksi ASI.

7. Mandi terlalu sering dengan durasi yang lama

Pexels/KampusProduction

Terakhir adalah mandi terlalu sering dengan durasi yang lama. Hal ini dikhawatirkan membuat luka operasi lama mengering sehingga memperlambat penyembuhan luka. 

Jika ingin mandi pasca operasi, tunggulah dua atau tiga hari, atau setidaknya hingga luka mengering. Sehabis mandi jangan lupa untuk selalu mengeringkan luka supaya tidak basah agar penyembuhan luka cepat. 

Itu dia Ma 7 aktivitas yang menjadi pantangan pasca operasi caesar. Agar lekas pulih jangan lupa untuk diingat ya, Ma. Semoga bermanfaat!

Baca juga: 

The Latest