TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

Penjelasan Dokter Kapan Bisa Kembali Olahraga setelah Operasi Caesar

Olahraga secara bertahap setelah operasi caesar

Unsplash/Aditya Romansa

Setelah operasi caesar, Mama biasanya membutuhkan waktu pemulihan yang lebih lama untuk dapat beraktivitas kembali. Biasanya, aktivitas fisik ringan seperti berjalan atau stretching dapat diizinkan setelah beberapa minggu. 

Namun sebelum memutuskan untuk olahraga, pastikan Mama telah berkonsultasi dahulu dengan dokter atau tenaga ahli profesional. Sebagai spesialis kandungan, dr. Purnawan Senoaji, Sp.OG-KFM menjawab keresahan Mama yang ingin kembali olahraga setelah operasi caesar.

Berikut Popmama.com telah merangkum seputar penjelasan dokter kapan bisa kembali olahraga setelah operasi caesar. Simak di bawah ini. 

1. Bertahap setelah operasi caesar

Unsplash/Jonathan Borba

Setelah operasi caesar, tubuh membutuhkan waktu untuk pulih. Seperti yang disarankan oleh dokter Purnawan Senoaji, Mama dapat memulai aktivitas di rumah sakit dengan berjalan kaki sedikit demi sedikit. 

"Kapan boleh olahraga abis caesar itu prinsipnya bertahap, jadi dari pasca-operasi, belum pulang ke rumah tapi di rumah sakit sudah mulai jalan," ungkap dokter Purnawan melalui unggahan video di Instagram pribadinya. 

Setelah pulang ke rumah, aktivitas berjalan yang sudah menjadi rutinitas harian bisa ditingkatkan secara perlahan selama seminggu. Dokter satu ini bahkan menekankan untuk tidak langsung melakukan aktivitas berat. 

"Dari situ aja, ibu bertahap kan seminggu itu sudah nyaman banget. Ibu naik kelas lagi aktivitasnya, jadi prinsipnya begitu jangan langsung ke level yang olahraga yang tinggi," sambungnya. 

2. Peningkatan aktivitas mingguan

Freepik/freepik

Aktivitas olahraga ringan Mama mulai dijalankan pada minggu pertama. Dokter Purnawan Senoaji menyarankan pada minggu pertama setelah operasi caesar, fokus untuk pemulihan dan aktivitas ringan.

Seminggu setelahnya, Mama dapat meningkatkan aktivitas dengan berjalan lebih jauh. Namun, perlu pastikan peningkatan aktivitas harian ini tidak dilakukan secara keras. 

"Semuanya harus ada tahapannya. Pulang rumah sakit aktivitas harian di rumah, kemudian agak jalan lebih jauh," tutur dokter Purnawan. 

3. Peningkatan olahraga setelah sebulan

Unsplash/Jonathan Borba

Pada fase ini, olahraga Mama mulai meningkat dan diperbolehkan untuk aerobik setelah sebulan lamanya. Pada masa ini, kondisi tubuh Mama umumnya telah mengalami sejumlah perubahan positif dalam proses penyembuhan. 

"Kalau sudah sebulan itu mulai olahraga angkat beban terus aerobik ringan, itu boleh, nah nanti bulan kedua itu sudah boleh olahraga yang pakai otot perut seperti squat, crunch, atau situp, itu boleh," pungkas dokter Purnawan. 

Baru setelahnya pada bulan kedua, perlahan intensitas olahraga mulai ditingkatkan. Olahraga kardio juga dapat ditingkatkan secara bertahap. 

"Kalau olahraga kardio sih sebenarnya pada dasarnya aman aja, bertahap lagi kan jarak segini dulu baru makin meningkat atau pakai treadmill dulu pokoknya intinya operasi Caesar itu tidak menghalangi pasien untuk cepat kembali ke aktivitas semula," sambungnya. 

4. Aktivitas ringan lainnya setelah operasi caesar

Unsplash/Fitsum Admasu

Melansir Milton Keynes University Hospital, setelah operasi caesar, ibu dapat melakukan latihan pernapasan untuk mengurangi risiko terkena infeksi dada saat tidak sering bangun dari tempat tidur dan berjalan. Tarik napas dalam-dalam melalui hidung, tahan selama 2 detik sebelum menghembuskan napas perlahan melalui mulut dan ulangi cara ini selama 3-4 kali.

Mama juga penting untuk melakukan latihan sirkulasi untuk membantu melancarkan aliran dan sirkulasi darah setelah operasi caesar, terutama saat tidak beraktivitas seperti biasanya. 

Adapun aktivitas sederhana seperti naik dan turun dari tempat tidur, penting untuk memungkinkan otot perut pulih setelah operasi caesar. Akan tetapi, konsultasikan aktivitis dengan dokter masing-masing yang mengetahui kondisi tubuh Mama. 

5. Perawatan setelah operasi caesar

Freepik/jcomp

Setelah operasi caesar, Mama perlu memerhatikan hal-hal penting seperti perawatan bekas operasi. Melansir National Health Service UK, berikut cara merawat luka operasi caesar:

  • Bersihkan dan keringkan luka dengan lembut setiap hari.
  • Kenakan pakaian longgar dan nyaman serta celana dalam berbahan katun.
  • Minum obat pereda nyeri jika lukanya perih.
  • Hati-hati terhadap tanda-tanda infeksi.

Nah, itu dia informasi seputar penjelasan dokter kapan bisa kembali olahraga setelah operasi caesar. Semoga bermanfat, Ma!

Baca juga:

The Latest