TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

5 Jenis Daun yang Bermanfaat untuk Meningkatkan Produksi ASI

Mulai dari daun katuk hingga daun pepaya bisa jadi booster ASI nih, Ma!

Freepik/Dragana_Gordic

Proses menyusui tidak selamanya berjalan lancar. Dalam perjalanannya, Mama mungkin akan mengalami banyak kendala salah satunya produksi ASI yang kurang maksimal.

Hal ini bisa disebabkan oleh banyak faktor, mulai dari kurang gizi, adanya penyakit hingga stres dan kelelahan.

Beruntungnya saat ini, masalah tersebut sudah bisa diatasi dengan cara alami. Salah satunya dengan mengonsumsi beberapa jenis sayur atau daun yang bermanfaat untuk meningkatkan produksi ASI.

Penasaran apa saja jenis daun yang bermanfaat untuk meningkatkan produksi ASI?

Berikut ini Popmama.com akan berikan informasi selengkapnya, dilansir dari berbagai sumber.

1. Daun katuk

Pinterest/Fitriani

Jenis daun yang bermanfaat untuk meningkatkan produksi ASI yang pertama yakni daun katuk. Memiliki nama latin Sauropus Androgynous (L.) Merr, daun berwarna hijau ini mengandung karoten dan asam askorbat. Kandungan ini sudah sejak lama dipercaya bisa bantu meningkatkan produksi ASI.

Mama bisa mengonsumsi daun katuk secara rutin sebagai booster ASI. Caranya daun katuk bisa diolah menjadi sayur, untuk dinikmati bersama nasi hangat.

2. Daun bayam

Freepik/Racool_studio

Daun bayam dikenal kaya akan nutrisi mulai dari serat, zat besi, hingga antioksidan. Semua nutrisi tersebut tentunya bermanfaat untuk kesehatan tubuh Mama selama fase menyusui dan di masa pemulihan pasca persalinan.

Kandungan zat besi pada bayam menjadi satu yang paling dibutuhkan. Sebab zat besi dianggap memiliki kemampuan untuk meningkatkan produksi ASI, sehingga proses menyusui Mama bisa berjalan dengan optimal.

3. Daun kelor

krishijagran.com

Selanjutnya ada daun kelor yang dalam nama latin disebut Moringa Oleifera. Daun kelor kaya akan zat besi, kalsium, dan flavonoid yang bisa memperlancar produksi ASI. Selain itu, ada juga kandungan asam amino dan antioksidan yang dibutuhkan tubuh selama Mama menyusui, untuk cegah terjadinya anemia.

Daun kelor bisa diolah menjadi sayur, untuk menu sarapan atau makan malam. Jika tidak bisa mengonsumsinya secara langsung, daun kelor juga bisa dibuat menjadi minuman seperti teh, diminum pagi atau sore hari.

4. Daun bangun-bangun

benefitsplantforhealth.blogspot.com onerror="this.src='https://hikaru.popmama.com/images/image-not-found.png';

Menurut sebuah jurnal yang diterbitkan oleh Institut Pertanian Bogor (IPB), daun bangun-bangun masuk ke dalam jenis sayuran yang bersifat galactogogue. Artinya jika dikonsumsi secara rutin, daun bangun-bangun bisa membantu meningkatkan sekresi dan produksi ASI di payudara.

Di sisi lain, daun ini juga kaya dengan polifenol dan flavonoid yang bisa menjadi booster hormon prolaktin dan oksitosin. Kedua hormon ini memiliki peran penting dalam meningkatkan produksi ASI.

5. Daun pepaya

Pixabay/Nanthapongs

Menurut International Journal of Current Microbiology and Applied Sciences, disebutkan bahwa daun pepaya banyak mengandung mineral penting seperti zat besi, natrium, magnesium, kalium, asam amino, dan vitamin (A, B, C). Selain itu ada juga kandungan senyawa lain seperti quercetin, kaempferol, dan caffeic acid.

Semua kandungan dalam daun pepaya dipercaya bisa bantu Ibu menyusui untuk melancarkan ASI.

Sebab kandungan-kandungan tersebut, bisa merangsang hormon prolaktin, sehingga produksi ASI lebih optimal.

Namun Mama perlu berhati-hati dalam mengonsumsinya ya. Karena daun ini dikenal dengan rasanya yang pahit.

Demikian informasi mengenai 5 jenis daun yang bermanfaat untuk meningkatkan produksi ASI. Mulai sekarang, jangan ragu untuk mengonsumsinya ya, Ma!

Baca juga:

The Latest