TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

10 Manfaat Buah Pepaya untuk Ibu Menyusui, Bantu Tingkatkan ASI

Jadi makanan galactogogue yang bisa tingkatkan kualitas dan kuantitas ASI

Pixabay/varintorn

Saat menyusui, Mama memang disarankan untuk mengonsumsi makanan sehat kaya nutrisi, salah satunya buah pepaya. Pepaya merupakan sumber makanan kaya vitamin dan mineral esensial yang sangat dianjurkan untuk Ibu menyusui.

Melansir dari laman resmi Kementerian Kesehatan RI, buah pepaya termasuk buah kaya gizi yang mengandungn kalori, karbohidrat, protein, lemak, serat, antioksidan, vitamin A, vitamin B1, vitamin B2, vitamin B3, vitamin B5, vitamin B6, asam folat, vitamin C, vitamin E dan vitamin K.

Tapi sayangnya masih banyak Mama di luar sana yang mungkin merasa ragu untuk mengonsumsi buah pepaya. Padahal kenyataannya buah pepaya termasuk super food yang tergolong makanan galactogogue, untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas ASI.

Untuk lebih jelasnya, berikut Popmama.com rangkumkan 10 manfaat buah pepaya untuk Ibu menyusui dilansir dari berbagai sumber.

1. Sebagai galactogogue untuk booster ASI

Freepik/Freepic.Diller

Melansir dari Mom Junction, buah pepaya terutama yang berwarna hijau adalah galactogogue yang cukup populer di Asia. Galactogogue adalah makanan yang bisa dikonsumsi oleh Ibu menyusui, untuk bantu meningkatkan kualitas dan kuantitas ASI.

Asupan pepaya, mampu meningkatkan produksi hormon oksitosin. Di mana hormon ini memiliki peran penting dalam meningkatkan produksi ASI. Dengan produksi ASI yang meningkat, tentunya proses mengASIhi jadi lebih lancar dan optimal.

2. Bantu menurunkan risiko penyakit jantung

Freepik/freepik

Buah pepaya dikenal dengan kandungan serat, potasium, dan vitamin yang bisa bantu menurunkan risiko penyakit jantung pada Ibu menyusui, demikian menurut WebMD.

Ini karena buah pepaya bisa menjaga kesehatan pembuluh darah, karena tinggi akan kandungan antioksidan termasuk vitamin A, C, dan E yang bisa cegah terjadinya oksidasi kolesterol. Dengan pembuluh darah yang sehat dan lancar, maka darah dapat dialirkan dengan baik ke seluruh tubuh. Sehingga risiko penyakit jantung bisa menurun.

3. Bantu meredakan perut kembung

freepik/benzolx

Tak jarang, selama fase menyusui Mama mungkin mengalami perut kembung. Ini disebut juga sebagai posrtpartum gas, yang umum terjadi pada tubuh pasca melahirkan. Kondisi ini disebabkan karena otot-otot di perut bergerak lebih lambat, sehingga menghasilkan gas berlebih di sistem pencernaan.

Untuk mengatasinya, Mama bisa konsumsi buah pepaya. Buah pepaya dikenal tinggi akan serat, kandungan air, serta enzim bernama papain. Semua kandungan tersebut berguna untuk meningkatkan keteraturan buang air besar, mencegah terjadinya sembelit, serta menyehatkan sistem pencernaan.

4. Bantu meningkatkan sistem imun selama menyusui

Freepik/wayhomestudio

Selama menjalani fase menyusui, tubuh Mama mungkin mudah lelah akibat kurang istirahat. Kondisi ini jika dibiarkan terus menerus akan menyebabkan sistem imun menurun dan penyakit mudah datang.

Guna meningkatkan sistem imun tubuh, Timesofindia menyarankan Ibu menyusui mengonsumsi buah pepaya. Buah pepaya merupakan sumber vitamin C terbaik yang bisa bantu meningkatkan kekebalan tubuh, serta mencegah terjadinya infeksi. Di sisi lain, kandungan antioksidan yang ada dalam pepaya juga bisa bantu tubuh dalam menghadang serangan virus.

5. Bantu menurunkan berat badan

Freepik/rom_check

Memiliki berat badan ideal pasca persalinan tentu jadi satu hal yang diidamkan oleh Mama. Karenanya tak jarang Mama memilih untuk menjalani diet, meski sedang dalam fase menyusui.

Untuk mendukung program diet yang dijalani, Mama bisa coba konsumsi buah pepaya.Buah tropis yang satu ini termasuk rendah kalori lho.

Dalam semangkuk pepaya dengan berat 100 gram, kalori yang ditawarkan hanya 39 kalori. Tentunya selain menyehatkan tubuh, makan pepaya juga bisa mengenyangkan tanpa perlu khawatir berat badan naik pasca melahirkan.  

    6. Menjaga kesehatan kulit

    Pexels/Ron Lach

    Perubahan hormon selama hamil dan melahirkan, tak jarang menyebabkan masalah pada kulit. Mulai dari jerawat, iritasi, bahkan bisa menyebabkan kulit tampak kusam.

    Nah, pasca melahirkan dan selama menyusui, Mama bisa konsumsi buah pepaya. Di dalam buah pepaya terkandung vitamin A dan C, yang bisa bantu mengurangi kerutan dan bintik hitam di wajah.

    Selain itu, menurut hasil penelitian Photochemical and Photobiological Sciences, disebutkan bahwa pepaya kaya akan likopen yang bisa mengoptimalkan kesehatan kulit wajah. Jadi, jangan ragu untuk mengonsumsinya setelah melahirkan, ya!

    7. Mengurangi stres

    Freepik/freepik

    Stres jadi salah satu keluhan yang banyak dialami oleh Ibu pasca melahirkan dan menyusui. Kondisi ini biasanya terjadi karena tubuh mengalami kelelahan dan kurang tidur selama menyusui.

    Untuk menghindari hal tersebut, Mama bisa mengonsumsi buah pepaya. Pepaya mengandung vitamin C yang cukup tinggi, yang bisa bantu mengurangi stres. Di sisi lain, vitamin C juga berperan penting untuk menjaga hormon stres dalam tubuh agar tidak meningkat. Ini tentunya bisa menurunkan risiko stres dan depresi pasca persalinan.

    8. Meredakan rasa nyeri pada tubuh

    Freepik/Lifestylememory

    Tak jarang saat menyusui, Mama mungkin mengalami nyeri di tubuh. Ini bisa terjadi karena, tubuh belum terbiasa melakukan direct breastfeeding atau mengalami sejumlah kendala menyusui hingga timbul nyeri di tubuh.

    Jika Mama mengalami nyeri pada tubuh, tak ada salahnya untuk memasukkan buah pepaya ke dalam diet harian mulai sekarang ya. Enzim papain yang terdapat dalam pepaya, memiliki peran penting dalam mengatur dan melancarkan aliran dalam di tubuh. Ini tentunya bisa membantu meredakan nyeri yang Mama alami.

    9. Menjaga sistem pencernaan tetap sehat

    Freepik/katemangostar

    Selama menyusui, sembelit mungkin jadi satu masalah kesehatan yang kerap Mama alami. Untuk mengatasi hal ini, cobalah mengonsumsi buah pepaya.

    Pepaya kaya akan serat, folat, serta vitamin (A, C, E) yang bisa bantu melancarkan sistem pencernaan. Selain itu, ada juga kandungan papain dan pektin yang dapat melancarkan pergerakan di saluran pencernaan, sehingga buang air besar menjadi mudah dan lancar.

    Rasa manis dalam buah pepaya juga dianggap mampu mengatasi gangguan pencernaan lainnya seperti gejala irritable bowel syndrome atau sindrom iritasi usus besar (IBS), demikian melansir dari Healthline.

    10. Menyehatkan rambut

    Freepik/freepik

    Perubahan hormon yang terjadi setelah melahirkan, tak jarang menjadi penyebab rambut mudah rontok. Atasi hal ini dengan perbanyak mengonsumsi buah pepaya.

    Pepaya mengandung vitamin A, antioksidan, dan asam folat, yang bermanfaat untuk menutrisi kulit kepala hingga ujung rambut. Dengan mengonsumsinya secara rutin, nantinya rambut jadi lebih glowing, berkilau, dan nggak mudah rontok.

    Itulah tadi Ma, 10 manfaat buah pepaya untuk Ibu menyusui. Jadi selama fase menyusui, nggak ada salahnya untuk melengkapi nutrisi tubuh dengan mengonsumsi buah pepaya ya. Selamat mencoba!

    Baca juga:

    The Latest