TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

Menanti 9 Bulan, Ibu Ini Bahagia Bisa Makan Sushi setelah Lahiran

Tak tanggung-tanggung, sang Suami sampai belikan 8 porsi sushi!

Instagram.com/_christiancarlin

Sushi dan sashimi jadi salah satu makanan yang sebaiknya dihindari selama masa kehamilan. Salah satu alasannya karena, ikan mentah yang menjadi bahan dasarnya berisiko menyebarkan bakteri dan parasit yang bisa membahayakan kehamilan.

Namun, pasca melahirkan, dokter biasanya akan mengizinkan Mama menyantap makanan khas Jepang yang satu ini. Sebab, kandungan nutrisi pada ikan dalam sushi dianggap penting untuk mendukung proses pemulihan tubuh usai melahirkan.

Sama seperti yang dialami oleh Gabby Carlin, seorang kreator video YouTube Channel The Carlin Family. Pasca melahirkan anak ketiga, ia begitu bahagia karena diperbolehkan makan sushi sebanyak yang ia mau. Sang Suami pun tak ragu untuk mendukung penuh keinginannya, dengan membelikan banyak sushi.

Berikut Popmama.com ulas bagaimana Ibu ini bahagia bisa makan sushi setelah lahiran.

1. Ibu ini bahagia bisa makan sushi setelah lahiran

Gabby Carlin, perempuan asal Florida, Amerika Serikat diketahui melahirkan anak ketiga pada 28 November 2023 lalu, tepat pukul 04.12 waktu setempat. Ia melahirkan bayi berjenis kelamin perempuan dengan sehat, melalui proses persalinan normal.

Beberapa saat usai melahirkan, Gabby diberikan surprise oleh sang Suami. Surprise tersebut berupa 8 porsi sushi, yang begitu dinantinya selama 9 bulan.

“Kamu sudah siap menyantap ini (sushi)?,” tanya Christian Carlin kepada istrinya.

Dengan raut bahagia, Gabby pun mengaku tak sabar mengonsumsi sushi dan sashimi di hadapannya. Sebab, saat kehamilan berlangsung Gabby mengaku tak diperbolehkan makan sushi, demi alasan keselamatan janin dalam kandungannya.

“Oh, aku sudah menunggu lama untuk momen ini, sembilan bulan,” kata Gabby.

2. Penantiannya selama sembilan bulan seperti tak sia-sia

Instagram.com/_christiancarlin

Dalam sebuah video yang dibagikan di media sosial Instagram @_christiancarlin pada Bulan Desember 2023 tersebut, Gabby menyebut jika penantiannya selama sembilan bulan, terbayarkan sudah. Ia pun menyantap satu persatu sushi di hadapannya, sambil terus tersenyum menatap sang Suami.

I love it, ini worth it setelah aku tunggu sembilan bulan lamanya, terima kasih sayang,” kata Gabby dalam video tersebut.

3. Amankah Ibu makan sushi setelah melahirkan?

Freepik/benzoix

Melansir dari Verywell Family, menurut seorang konsultan laktasi bersertifikat asal Texas, Ibu yang baru melahirkan dan sedang menyusui tak perlu menghindari sushi, asalkan semua bahan yang digunakan berasal dari sumber yang aman.

Ikan menjadi salah satu sumber protein tanpa lemak dan vitamin, yang dipercaya baik untuk kesehatan Ibu pasca melahirkan dan selama menyusui.

Namun memang, dalam mengonsumsinya, Mama perlu menghindari ikan yang mengandung merkuri tinggi. Sebab merkuri merupakan suatu zat yang memiliki dampak negatif, bagi fungsi kerja otak dan saraf.

4. Manfaat makan sushi setelah melahirkan

Freepik/ azerbaijan_stockers

Sushi jadi satu jenis makanan yang diperbolehkan untuk dikonsumsi usai melahirkan. Makanan yang dibungkus dengan nori atau rumput laut ini, rupanya memiliki sejumlah manfaat bagi tubuh Mama. Berikut ini beberapa manfaat makan sushi setelah melahirkan:

  • Mengandung asam lemak omega 3 yang baik untuk kesehatan Mama dan bayi yang menyusu.
  • Mengandung vitamin B12 untuk bantu menjaga sel-sel darah tetap sehat dan terhindar dari risiko anemia. Anemia merupakan kondisi kurang darah, yang membuat Mama merasa lelah dan lesu saat menyusui.
  • Yodium dalam nori bermanfaat untuk menjaga fungsi tiroid dalam tubuh. Serta menghasilkan hormon untuk kesehatan tulang dan otak bayi yang menyusu.
  • Mengandung vitamin D yang baik untuk memaksimalkan penyerapan kalsium dan fosfor, sehingga tulang menjadi lebih sehat dan kuat.

5. Beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum makan sushi

Pexels/Isabella Mendes

Meski diperbolehkan, Mama harus memperhatikan beberapa hal berikut ini sebelum mengonsumsi sushi ya.

  • Pastikan sushi berasal dari restoran atau pedagang yang sudah terjamin kualitasnya.
  • Pastikan sushi terbuat dari bahan-bahan segar.
  • Pilih sushi dengan ikan mentah yang memiliki aroma segar, tidak amis, dan tidak berbau busuk.
  • Batasi konsumsi sushi, meski diperbolehkan bukan berarti Mama bisa mengonsumsinya secara berlebihan.

Nah, demikian informasi mengenai seorang Ibu yang begitu bahagia bisa makan sushi setelah melahirkan. Kalau Mama, adakah jenis makanan tertentu yang ingin dimakan usai melahirkan?

Baca juga:

The Latest