TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

Tips Menyusui untuk Ibu Bekerja ala Michimomo, Rutin Pumping dan DBF

Michi pastikan sudah menyusui langsung dan menyiapkan stok ASIP sebelum bekerja

Instagram.com/michimomo

Momen kembali bekerja pasca melahirkan memang jadi satu hal yang dikhawatirkan para Mama. Hal ini juga yang dirasakan vlogger asal Indonesia, Michimomo sebagai Ibu menyusui.

Pasca melahirkan anak pertama tepatnya pada 23 Mei 2023, perempuan bernama asli Michelle Hendra tersebut kini memutuskan untuk kembali bekerja. Tentunya ini bukan keputusan yang mudah, lantaran ia terpaksa harus meninggalkan buah hatinya yang masih menyusu, untuk sementara waktu.

Agar tanggung jawab pekerjaan dan proses menyusui bisa berjalan lancar, Michi punya beberapa tipsnya nih, Ma. Diantaranya ia memastikan bayi dalam kondisi kenyang saat ditinggal bekerja, serta memenuhi kebutuhan ASIP dengan melakukan pumping, baik saat di rumah atau di tempat kerja.

Buat Mama yang penasaran, kali ini Popmama.com rangkumkan tips menyusui untuk Ibu bekerja ala Michimomo. Simak selengkapnya Ma!

1. Siapkan ASI perah untuk si Kecil

Instagram.com/michimomo

Tips menyusui untuk Ibu bekerja ala Michimomo yang pertama yaitu menyiapkan stok ASIP (Air Susu Ibu Perah). Ini dilakukan Michi untuk memenuhi kebutuan nutrisi putrinya yang kini sudah berusia lebih dari satu bulan.

“Biasa pas ak keluar rumah (2-3 jam max biasa), ak udah siapin ASIP buat Soo Ah,” kata Michi dalam unggahan Instagram story-nya pada (27/6).

ASIP biasanya akan disimpan di rumah untuk diberikan pada bayi. ASIP bisa diberikan dengan mudah kepada bayi menggunakan cup feeder, sendok, atau botol. Di mana untuk memberikannya, Mama bisa meminta bantuan orang lain yang berada di rumah.

2. Lakukan direct breastfeeding sebelum pergi bekerja

Instagram.com/michimomo

Sebelum pergi bekerja, Michimomo juga memastikan Soo Ah dalam kondisi kenyang. Perempuan kelahiran 15 April 1992 ini biasanya meluangkan waktu untuk menyusui putrinya secara langsung atau melakukan direct breastfeeding (DBF).

“Sebelum pergi ak make sure udah nyusuin,” ungkapnya.

Menyusui bayi secara langsung bisa bantu meningkatkan produksi ASI. Ini karena saat bayi menyusu, hisapannya dinilai mampu meningkatkan produksi hormon oksitosin, yang nantinya akan merangsang produksi ASI di payudara. Dengan produksi ASI yang meningkat, tentunya proses menyusui juga lebih optimal.

3. Pumping ASI jika payudara sudah terasa penuh

Instagram.com/michimomo

Mama yang memutuskan untuk kembali bekerja sebelum bayi genap berusia enam bulan, disarankan untuk melakukan pumping tiap tiga jam sekali, ini menurut International Lactation Consultant Association.

Dengan melakukan pumping, nantinya payudara Mama akan terasa nyaman karena terhindar dari bengkak. Selain itu, pumping ASI juga bermanfat untuk memastikan stok ASIP si Kecil terpenuhi.

Hal ini juga yang dilakukan oleh Michimomo untuk memenuhi kebutuhan ASI untuk Baby Soo Ah. Michi biasanya melakukan pumping setibanya di rumah atau saat payudaranya sudah terasa kencang.

“Pas ak sampe rumah biasanya soo ah udah makan kenyang bobo dan ak suka udah kenceng bgt boobsnya, jdi pumping aja, biar isi lagi, terus dpt stok ASIP lgi,” tutupnya.

Demikian tadi tips menyusui untuk Ibu bekerja ala Michimomo. Semoga tips dari Michi ini bisa membantu Mama ya. Tetap semangat dalam mengASIhi!

Baca juga:

The Latest