TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

Popmama Parenting Academy Agustus 2024: Pijat Laktasi yang Tepat!

Mama belajar langsung cara pijat laktasi yang tepat dengan ahlinya!

Popmama.com/Zafirah Nurtsanyah

Bertepatan dengan Pekan ASI Sedunia yang diperingati pada 1-7 Agustus 2024, Popmama Parenting Academy kembali hadir dengan tajuk “Breastfeeding Success: Breast Massage”.

Diselenggarakan di IDN HQ pada Sabtu (10/8/24), di POPAC edisi Agustus 2024 kali ini para Mama yang hadir belajar salah satu kiat sukses menyusui, yakni pijat laktasi yang baik dan benar.

Pijat laktasi ini dapat mendukung kelancaran ASI, sebab itu penting untuk dipahami dan tidak boleh asal dilakukan, Ma. Ada beberapa cara pijat laktasi yang dibagikan oleh Konselor Menyusui Intania Amanda Larasaty dari Cerita Lahir.

Mau tahu bagaimana keseruannya?

Dipandu oleh Sheila Octarina, simak rangkuman acara yang diselenggarakan Popmama.com berikut ini!

1. Acara dibuka dengan sambutan dari Editor In Chief Popmama.com, Sandra Ratnasari

Popmama.com/Zafirah Nurtsanyah

Popmama Parenting Academy 2024 kali ini dihadiri oleh para Mama yang sedang menunggu kelahiran buah hatinya maupun yang aktif menyusui bayinya. 

Menyadari mengASIhi bukanlah hal yang mudah Popmama.com hadir menjadi wadah bagi Mama untuk belajar merawat si Kecil langsung dengan ahlinya.

"Jadi memang inilah tujuan Popmama Parenting Academy, kita mulai dari awal, dari si Kecil masih ada di dalam kandungan, sampai sekarang sudah lahir. Mudah-mudahan nanti sampai anak kita usia 12 tahun masih bisa stay di komunitas Popmama," ujar Sandra Ratnasari selaku Editor In Chief Popmama.com, Sabtu (10/8/24).

Selaras dengan yang dikatakan olehnya, kelas yang diadakan pada POPAC kali ini merupakan kelas lanjutan mengenai perawatan bayi. Pijat laktasi ini merupakan salah satu cara yang dapat Mama lakukan untuk memaksimalkan produksi ASI untuk si Kecil.

“Kita belajar bareng-bareng, ya, supaya kita sukses mengASIhi dan pastinya kita sukses menjadi orangtua yang terbaik versi kita,” tambahnya.

2. Kiat sukses menyusui oleh Intania AL

Popmama.com/Zafirah Nurtsanyah

Acara kemudian dilanjutkan oleh pemaparan seputar kiat sukses menyusui termasuk pijat laktasi dari Intania Amanda Larasaty selaku Konselor Menyusui. 

Ia menjelaskan bagaimana payudara memproduksi ASI hingga bagaimana ASI dapat keluar dan memberi nutrisi pada si Kecil. Ada banyak hal yang memengaruhi keberhasilan dalam menyusui, Ma.

“Menyusui itu kuncinya di hormon, ada dua hormon prolaktin sama oksitosin,” kata Intania, Sabtu (10/8/24).

Dua hormon ini berperan penting dalam produksi ASI pada Mama, hormon prolaktin sendiri untuk menyimpan stok ASI sedangkan hormon oksitosin berperan untuk mengeluarkan ASI.

3. Pijat laktasi berperan dalam keberhasilan menyusui

Popmama.com/Zafirah Nurtsanyah

Selanjutnya pemaparan berfokus pada pijat laktasi terutama fungsinya. Ada tiga fungsi dari pijat laktasi yang akan membantu kelancaran dalam menyusui.

“Ini (pijat laktasi ) adalah untuk relaksasi ibu menyusui karena ketika dipijat ibu rileks. Ketika rileks, tujuannya biar hormon oksitosin nya ada, biar ASI nya keluar karena ASI itu pasti ada,” jelas Intan.

Selain merelaksasi Mama, Intania juga menjelaskan pijat laktasi ini juga bermanfaat dalam mengurangi sumbatan pada saluran ASI. Pijatan yang dilakukan dapat memperlancar jalan ASI.

Pijat laktasi juga bermanfaat dalam mengurangi nyeri pada payudara karena ASI keluar lebih banyak di minggu pertama kelahiran bayi. Pijatan ini dapat membantu Mama dalam mengurangi nyeri atau mengeluarkan ASI yang sudah penuh.

4. Mama juga belajar pijat oksitosin untuk memaksimalkan produksi ASI

Popmama.com/Zafirah Nurtsanyah

Setelah pemaparan mengenai pijat laktasi, ternyata peranan hormon juga penting dalam produksi ASI. Sebelum belajar pijat laktasi yang benar, Mama juga belajar secara langsung bagaimana pijat oksitosin untuk mendukung produksi ASI. 

Diperagakan langsung oleh Intania AL, ada beberapa titik pijatan yang berperan dalam meningkatkan hormon oksitosin. Dengan meningkatkan oksitosin dalam tubuh, produksi ASI Mama tentu akan lebih lancar.

5. Challenge session! Mama ditantang praktik pijat laktasi

Popmama.com/Zafirah Nurtsanyah

Mama juga belajar bagaimana cara pijat ASI atau pijat laktasi dengan benar. Ada tiga cara yang dapat dilakukan, yakni dengan dua telapak tangan, dengan ujung jari tangan, dan menggunakan lipatan jari tangan.

Mama praktik secara langsung menggunakan alat peraga tiga cara pijat laktasi yang dapat dilakukan. Pijatan ini harus dilakukan dengan lembut, konsisten, merelaksasi Mama, dan juga harus dibarengi konsultasi dengan ahli jika perlu.

Ada tiga Mama yang mendapat tantangan maju kedepan untuk mempraktikan ulang bagaimana cara pijat laktasi yang benar. Ada Mama Jean, Mama Octa, dan Mama Rina yang memberanikan diri mempraktikan di depan konselor ASI.

Tentunya Mama yang berhasil menjalankan challenge ini mendapat hadiah dari Popmama!

6. Pengumuman pemenang Instagram Challenge dan pembagian bingkisan

Popmama.com/Zafirah Nurtsanyah

Sampai di penghujung acara, tiba saatnya pengumuman unggahan terbaik di Instagram. Bagi Mama yang telah mengunggah keseruan acara POPAC kali ini baik di Instagram Story, Feeds, ataupun Reels dengan konten yang menarik, ada hadiah yang menanti, lho!

Challenge ini dimenangkan oleh Mama dengan akun Instagram @jeanindria dan @febyiyum. Pemenang mendapat bingkisan dari Bambi dan Biolage.

Mama yang telah hadir di kelas kali ini juga mendapat bingkisan dari Mothercare, Arummi, dan sajian makan siang dari Cup Bop. 

Acara yang berjalan seru dengan banyak pembelajaran ini kemudian ditutup dengan foto bersama.

7. Kesan dan pesan dari peserta POPAC edisi Agustus 2024

Popmama.com/Zafirah Nurtsanyah

Ada kesan tersendiri dari Mama yang hadir setelah mengikuti kelas di POPAC edisi Agustus 2024 kali ini. Mama Megan yang ditemani oleh Papa Rico dari Jakarta Pusat turut memberikan kesannya selama acara berlangsung.

"Acaranya sih benar-benar useful banget terutama materinya karena memang kita kan lagi persiapan kelahiran jadi benar-benar bisa mempelajari gimana caranya breast massage yang tepat," ujar Megan, salah satu peserta POPAC edisi Agustus 2024.

Kelas yang berlangsung kali ini sangat bermanfaat untuk persiapan dirinya dan suami yang sebentar lagi menyambut buah hati. Tak hanya kesan dan testimoninya saja, ia juga menambahkan pesan untuk acara POPAC kedepannya.

"Lebih banyak memberikan materi-materi yang memang akan berguna terutama untuk ibu-ibu yang sedang hamil dan mempersiapkan persalinan nanti," tambahnya.

Sang suami, Rico juga menambahkan bahwa POPAC selanjutnya dapat mendampingi para Mama yang menjalani kehamilan dan persalinan pertamanya dimana baru saja masuk ke "dunia baru" setelah si Kecil lahir.  

Nah, itu dia rangkuman acara POPAC 2024 edisi Agustus yang bertepatan dengan Pekan ASI Sedunia. Popmama.com juga berterimakasih pada Cerita Lahir, Mothercare, Arummi, dan Cup Bop yang turut mendukung kelancaran acara kali ini.

Nantikan keseruan Popmama Parenting Academy 2024 di edisi berikutnya. Sampai bertemu di kelas selanjutnya, Ma!

Baca juga:

The Latest