TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

Tips dari Dokter agar Bayi Tidak Gigit Puting saat Menyusui

Salah satunya adalah dengan cara memberikan teether kepada bayi

Freepik/freepik

Saat menyusui, salah satu tantangan yang sering dialami para Mama adalah ketika bayi menggigit puting. Meski tampak menyakitkan, perilaku ini sebenarnya cukup umum, terutama saat bayi mulai tumbuh gigi. 

Namun, kondisi ini bisa membuat Mama merasa tidak nyaman bahkan membuat proses menyusui menjadi lebih sulit. Untuk membantu mengatasi hal ini, terdapat beberapa tips yang bisa Mama ikuti. 

Berikut Popmama.com siap membahas tips agar bayi tidak gigit puting saat menyusui melansir dari unggahan Instagram @breastfeedo.mom. 

1. Memberikan teether kepada bayi

Freepik/User9995248

Memberikan teether kepada bayi memang dapat menjadi salah satu solusi agar si Kecil tidak menggigit puting mama saat menyusui. 

Ketika bayi mulai tumbuh gigi, bayi cenderung merasakan gatal atau tidak nyaman pada gusi, sehingga menggigit menjadi cara alami untuk meredakan rasa tersebut. Teether bisa membantu memenuhi kebutuhan bayi yang gusinya sedang gatal. 

“Pertama, bisa kasih anak teether dingin dari kulkas, biar dia gerogoti, kan baal tuh gusinya yang lagi tumbuh gigi. Jadi, pas menyusui, anak nggak ada perasaan pengen gigit-gigit karena nggak terlalu gatal,” kata dr Shane Tuty Cornish, CBS, IBCLC mengutip dari akun Instagram pribadinya, @breastfeedo.mom. 

Teether sebaiknya diberikan di luar sesi menyusui. Dengan cara ini, bayi dapat menyalurkan keinginannya menggigit melalui teether, bukan puting. 

Selain itu, penting untuk tetap mengawasi bayi saat menggunakan teether agar penggunaannya tetap aman dan efektif.

2. Membuka mulut bayi dari samping saat menyusui

Pexels/Mart Production

Membuka mulut bayi dari samping bisa menjadi salah satu cara untuk menghentikan bayi agar tidak menggigit saat menyusui. 

Ketika bayi mulai menggigit, Mama dapat dengan lembut memasukkan jari ke sudut mulut bayi untuk menghentikan gigitan. Hal ini membantu melepaskan hisapan bayi tanpa menarik payudara secara langsung. 

“Pas dia (anak) mulai gigit, kita coba buka mulutnya dari samping, biar dia stop gigitnya,” jelas dr Shane Tuty Cornish, CBS, IBCLC. 

Selain itu, cara ini juga bisa menjadi sinyal kepada bayi bahwa menggigit tidak boleh dilakukan saat menyusui. Dengan melakukannya secara konsisten, bayi akan belajar bahwa menggigit saat menyusui tidak boleh dilakukan.

3. Memberitahukan bayi bahwa menggigit saat menyusui tidak diperbolehkan

freepik/cookiestudio

Cara terakhir yang bisa Mama lakukan adalah memberikan afirmasi atau kata-kata lembut kepada bayi. Pada dasarnya, bayi merespons intonasi suara dan ekspresi orangtuanya.

Sehingga, memberikan arahan yang lembut, seperti mengatakan "jangan menggigit" dengan nada tenang tapi tegas, bayi bisa mulai memahami bahwa menggigit bukanlah perilaku yang diinginkan.

“Kita bisa kasih afirmasi ke dia ‘tolong jangan gigit, kasian Mama’,” ujar dr Shane Tuty Cornish, CBS, IBCLC. 

Meskipun bayi belum sepenuhnya memahami bahasa, si Kecil dapat menangkap nada suara dan reaksi orangtua. Mengombinasikan afirmasi dengan tindakan, seperti menghentikan sementara sesi menyusui ketika bayi menggigit, bisa membantunya memahami bahwa menggigit tidak boleh dilakukan.

Seiring berjalannya waktu, bayi bisa belajar menghubungkan kata-kata positif dan arahan tersebut dengan perilaku yang diinginkan.

Nah, itu dia beberapa tips agar bayi tidak gigit puting saat menyusui berdasarkan saran dari dokter. Semoga informasinya bisa menambah wawasan Mama, ya!

Baca juga:

The Latest