TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

14 Makanan Penghilang Mual saat Hamil, Bisa Tenangkan Perut

Redakan morning sickness dengan berbagai makanan ini, Ma

Freepik/KarmanAydinov

Mual dan muntah di trimester pertama kehamilan kerap menjadi momok bagi para Ibu hamil. Gejala ini sering disebut sebagai morning sickness, yang dapat terjadi kapan saja dan sangat mengganggu kenyamanan serta aktivitas sehari-hari. 

Rasa mual dan muntah yang berkepanjangan tidak hanya mempengaruhi nafsu makan, tetapi juga dapat menyebabkan dehidrasi dan kelelahan pada ibu hamil. Apalagi ketika perut kosong atau kadar gula darah rendah bisa memperparah mual.

Mual dan muntah bisa disebabkan oleh berbagai faktor, termasuk perubahan hormonal, gangguan pencernaan, stres, dan bahkan konsumsi makanan tertentu. Namun Mama tidak perlu khawatir, karena ada beberapa jenis makanan yang dapat membantu meredakan gejala mual saat hamil dan bisa menenangkan perut.

Berikut ini Popmama.com telah merangkum sejumlah makanan penghilang mual saat hamil.

1. Greek yoghurt plain dengan buah beri beku

Freepik

Kombinasi greek yoghurt plain dan buah beri beku adalah pilihan camilan yang sempurna bagi ibu hamil. Greek yoghurt kaya akan protein, kalsium, dan probiotik, yang penting untuk menjaga kesehatan dan energi selama kehamilan. Sementara itu, buah beri beku mengandung antioksidan, serat, dan vitamin penting yang mendukung sistem kekebalan tubuh dan pencernaan.

Kombinasi kedua bahan ini begitu ideal. Rasanya yang ringan dan menyegarkan tidak akan memicu mual atau mual di pagi hari yang sering kali dialami oleh ibu hamil. Hidangan ini juga mampu menenangkan perut mama.

2. Keju cottage dan nanas

Freepik/Timolina

Keju cottage adalah sumber protein yang baik, dalam setengah cangkir gelas mengandung sebanyak 13 gram protein. Protein ini penting untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi, serta mempertahankan kesehatan otot ibu hamil.

Kandungan serat, vitamin C, dan antioksidan dalam nanas juga mendukung sistem pencernaan, meningkatkan daya tahan tubuh, dan memperkuat tulang dan gigi.

Perpaduan keju cottage dan nanas tidak akan menyebabkan mual di pagi hari pada ibu hamil karena keduanya memiliki rasa yang ringan dan tidak berbau tajam. Namun perlu diingat bahwa nanas mengandung enzim bromelain yang dapat merangsang kontraksi rahim jika dikonsumsi berlebihan. Jadi, batasi jumlah konsumsinya, ya!

3. Puding chia seed dengan santan

Freepik

Puding chia seed dengan santan merupakan makanan yang kaya nutrisi dan cocok untuk ibu hamil. Biji chia mengandung serat, protein, omega-3, dan berbagai mineral seperti kalsium dan magnesium, sementara santan memberikan lemak sehat, vitamin, dan mineral.

Asam laurat yang terkandung dalam santan dapat membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh selama kehamilan. Selain itu, senyawa ini juga memiliki sifat antimikroba dan antiinflamasi yang bermanfaat bagi Mama.

Makanan ini memiliki tekstur yang lembut, ringan, sekaligus bisa menenangkan perut, sehingga tidak menyebabkan mual, serta ramah pada lambung yang sensitif.

4. Smoothies pisang

Freepik

Pisang mengandung vitamin B6 yang diyakini dapat meredakan mual, menjaga keseimbangan hormon, serta membantu pencernaan ibu hamil. 

Selain itu, serat dalam pisang mudah dicerna dan memberikan rasa kenyang lebih lama, kandungan kalsium dan protein di dalamnya juga memberikan manfaat tambahan bagi kesehatan Mama dan perkembangan janin. Mama juga bisa mengkreasikan smoothies pisang ini dengan berbagai buah lainnya.

5. Roti panggang

Freepik

Roti panggang sering kali menjadi penyelamat selama trimester pertama kehamilan. Cobalah variasi roti panggang dengan alpukat yang dihaluskan dan sedikit garam untuk mendapatkan nutrisi lemak nabati yang baik. 

Atau pilihan lainnya adalah roti panggang dengan potongan telur rebus dan sedikit garam atau keju di atasnya. Kombinasi karbohidrat kompleks, protein, dan lemak akan membantu menenangkan perut yang tidak nyaman selama kehamilan.
 

6. Trail mix dengan sereal kering

Freepik/Stocking

Trail mix dengan sereal kering bisa menjadi solusi untuk meredakan mual pada ibu hamil trimester pertama, tergantung pada bahan-bahan yang digunakan.

Utamakan menggunakan bahan yang tidak terlalu kuat atau berbau tajam, karena ini membantu meredakan mual. Campuran yang ideal terdiri dari sereal kering, kacang-kacangan, buah kering, dan biji-bijian, yang biasanya mudah dicerna dan memiliki rasa netral.

Trail mix yang dibuat dari bahan-bahan sehat seperti sereal kering rendah gula tambahan, kacang-kacangan, dan buah kering. Tidak hanya membantu meredakan mual tetapi juga memberikan nutrisi penting bagi ibu hamil dan perkembangan janinnya.

7. Pisang dan selai kacang

Freepik

Pisang dan selai kacang bisa menjadi pilihan makanan yang baik untuk membantu meredakan morning sickness pada ibu hamil. Pisang mengandung vitamin B6, serat, dan kalium.

Selai kacang mengandung beragam nutrisi penting, termasuk protein, vitamin B, vitamin E, selenium, dan zinc, yang berperan dalam menjaga kekuatan sistem kekebalan tubuh. Oleh karena itu, selai kacang sangat baik dikonsumsi sebagai salah satu makanan untuk meningkatkan imunitas ibu hamil.

8. Protein bar

Freepik

Ibu hamil memerlukan asupan protein berkualitas tinggi yang cukup. Untuk itu, disarankan untuk memiliki persediaan protein bar yang mudah dicerna. Kandungan proteinnya bisa memperbaiki jaringan tubuh pada janin seperti otot, tulang, mata kulit, jantung, hati dan, berperan dalam pembentukan sel darah.

Protein bar merupakan sumber nutrisi yang baik dan tidak menyebabkan mual pada ibu hamil trimester pertama. Disarankan untuk menyimpannya di lemari es sehingga dapat dinikmati dalam keadaan dingin sebagai camilan di pagi atau sore hari.

9. Air-popped popcorn

Freepik

Popcorn air-pop dibuat dengan memanaskan jagung menggunakan udara panas, tanpa tambahan minyak atau lemak. Oleh karena itu, popcorn ini sering dianggap sebagai camilan sehat dan rendah kalori.

Popcorn jenis ini juga bisa menjadi alternatif camilan yang baik bagi ibu hamil. Biasanya, popcorn ini tidak mengandung bahan tambahan yang dapat memicu mual pada ibu hamil, sehingga aman untuk dikonsumsi.
 

10. Biskuit biji rami dan keju

Freepik/Azaerbaijan_stockers

Makanan penghilang mual saat hamil selanjutnya adalah biskuit biji rami dan keju. Biskuit biji rami memiliki kandungan serat yang baik untuk pencernaan.

Dalam uji coba terkontrol secara acak pada tahun 2020, suplemen minyak biji rami juga terbukti mengurangi gejala tertentu diabetes gestasional pada ibu hamil. Keduanya juga ringan untuk lambung dan mudah dicerna, sehingga tidak menyebabkan mual dan ketidaknyamanan pada ibu hamil.

11. Roasted chickpeas

Freepik

Siapa bilang camilan sehat harus membosankan? Buncis panggang atau buncis panggang adalah pilihan camilan menarik yang tidak hanya lezat tetapi juga ramah bagi ibu hamil. Buncis panggang kaya serat dan nutrisi, sehingga baik untuk pencernaan dan perkembangan bayi.

Tidak hanya enak dan menggugah selera, buncis panggang juga bisa menghilangkan mual yang sering dirasakan selama kehamilan. 

12. Edamame

Freepik

Edamame atau kacang kedelai muda yang masih berada dalam polong memiliki protein tinggi. Proteinnya membantu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh, menjaga kesehatan jantung, dan tentu saja cocok untuk ibu hamil.

 

13. Kurma

Freepik

Makanan penghilang mual selanjutnya adalah kurma. Selain memberikan efek menenangkan pada perut, kurma juga cocok dijadikan camilan sehat selama masa kehamilan. 

Kaya akan serat dan gula alami, kurma membantu menjaga kadar gula darah stabil dan memberikan energi tahan lama. Tidak hanya itu, buah khas Timur Tengah ini juga mengandung nutrisi penting seperti zat besi, potasium, dan vitamin, yang mendukung kesehatan ibu hamil dan perkembangan bayi. 

14. Telur rebus

Freepik/mdjaff

Telur rebus dengan sayuran segar bukan hanya camilan lezat, melainkan juga pilihan makanan kaya nutrisi yang baik untuk ibu hamil trimester pertama.

Kombinasi protein tinggi dari telur dan nutrisi alami dari sayuran segar, tidak hanya menyehatkan tetapi juga menghilangkan risiko mual yang sering dialami ibu hamil selama kehamilan.

Pada trimester pertama kehamilan, mual dan muntah sering menjadi tantangan yang tidak menyenangkan bagi ibu hamil. Namun, dengan memilih makanan yang tepat, Mama dapat meredakan gejala ini secara alami.

Itulah rekomendasi makanan penghilang mual saat hamil. Mama juga dapat berkreasi dengan makanan di atas sesuai selera. Semoga bermanfaat.

Baca juga:

The Latest