TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

Apakah Pusing, Mual, dan Lemas Tanda Hamil? Ini Faktanya

Pusing, mual, dan lelah bisa menjadi tanda kehamilan

freepik/user15285612

Rasa mual, pusing, dan lemas sering menimbulkan rasa yang tidak nyaman pada siapa pun yang mengalaminya. Rasa tersebut muncul sebagai pertanda kesahatan yang mungkin terganggu, seperti masuk angin, mag, hingga kehamilan.

Nah, untuk mengetahui apakah pusing, mual, dan lemas tanda hamil, Mama perlu mengetahui ciri-cirinya.

Di bawah ini Popmama.com sudah merangkum secara lengkap mengenai hal tersebut. Disimimak, ya, Ma!

Apakah Pusing, Mual, dan Lemas Tanda Hamil?

freepik/freepik

Ya, beberapa indikasi kehamilan biasanya ditandai dengan munculnya pusing, mual, dan lemas. Melansir NCT, ada sekitar 50 – 80% ibu hamil akan merasakan gejala tersebut yang terjadi pada dua hingga delapan minggu setelah pembuahan terjadi.

Peningkatan pada hormon progesteron dan sirkulasi darah di dalam tubuh membuat Mama mengalami gejala tersebut sebagai tanda awal kehamilan atau trimester pertama. Rasa mual muncul sebagai akibat dari indra penciuman yang menjadi lebih sensitif.

Peningkatan pada hormon progesteron di dalam tubuh membuat Mama mengalami gejala tersebut sebagai tanda awal kehamilan atau trimester pertama. Peningkatan hormon itu juga berpengaruh pada lambatnya proses metabolisme.

Akibatnya, tubuh mengeluarkan lebih banyak energi terutama pada proses pencernaan makanan sehingga ibu hamil merasa lebih lelah dari biasanya. Selain itu, kelalahan juga bisa disebabkan oleh anemia.

Pada dasarnya, seluruh gejala tersebut akan menghilang ketika trimester pertama telah berlalu serta tidak memiliki risiko untuk membahayakan ibu hamil dan janin.

Namun, jika mengalami pusing, mual, dan lelah secara tak wajar dan terjadi secara terus-menerus, sebaiknya Mama segera pergi ke dokter untuk berkonsultasi dan mendapatkan penanganan yang tepat.

Ciri-Ciri Kehamilan pada Trimester Pertama

freepik/senivpetro

Selain pusing, mual, dan lelah yang menjadi gejala umum di awal kehamilan, terdapat beberapa tanda hamil lainnya, berupa:

1. Membuang air kecil lebih sering

Frekuensi buang air kecil yang lebih sering menjadi salah satu tanda kehamilan yang terjadi pada enam hingga delapan minggu setelah pembuahan.

Hal ini terjadi akibat peningkatan kadar hormon human chorionic gonadotropin (hCG) dalam tubuh. Kadar hCG yang tinggi meningkatkan sirkulasi aliran darah ke ginjal sehingga produksi urin pun turut meningkat.

2. Menstruasi yang terlambat

Tanda ini adalah yang paling umum pada ibu hamil. Biasanya kehamilan dapat terdeteksi jika Mama mengalami keterlambatan menstruasi selama empat hingga enam hari dari tanggal yang seharusnya.

3. Peningkatan suhu tubuh

Tanda kehamilan lainnya adalah meningkatnya suhu tubuh basal (BBT) yang terjadi setiap bangun tidur di pagi hari. Hal ini terjadi selama 18 hari atau lebih karena adanya peningkatan hormon progesteron setelah masa ovulasi.

4. Pendarahan implantasi

Pendarahan implantasi atau flek terjadi sesaat setelah embrio menempel di dinding rahim. Gejala ini terjadi pada hari ke-10 sampai ke-14 setelah pembuahan. Flek akibat pedarahan implantasi biasanya berjumlah lebih sedikit berupa bercak.

5. Perubahan suasana hati

Perempuan yang sedang hamil mengalami perubahan perasaan yang lebih sensitif. Gejala ini terjadi akibat adanya perubahan hormonal berupa peningkatan kadar progesteron dan esterogen dari biasanya.

     

    Bagaimana Cara Mengatasi Pusing, Mual, dan Lemas?

    freepik/user15285612

    Tidak ada penangan khusus yang perlu dilakukan untuk menghilangkan pusing, mual, dan lelah pada ibu hamil karena seluruh gejala tersebut akan hilang seiring berjalannya waktu.

    Namun, terdapat beberapa cara yang bisa Mama lakukan ketika sedang mengalami seluruh gejala tersebut, di antaranya adalah sebagai berikut:

    • Mengonsumsi makanan sehat dan bergizi membuat Mama dan janin tetap terjaga dengan baik melalui asupan yang kaya akan nutrisi.
    • Istirahat yang cukup terutama ketika rasa pusing dan lelah menyerang. Penting bagi ibu hamil untuk mengambil banyak istirahat agar kesehatan dan kehamilannya berjalan baik.
    • Berolahraga ringan seperti berjalan. Ini berguna untuk memberi energi dan membantu Mama tidur lebih nyenyak.
    • Perbanyak minum air putih dan hindari minuman berkafein atau bersoda agar tidak memicu dehidrasi dan tekanan darah yang tinggi.
    • Tenangkan pikiran agar tidak memicu stres dan tekanan tinggi dalam darah.
    • Hindari kebiasaan merokok.

    Itulah informasi mengenai apakah pusing, mual, dan lemas tanda hamil yang sering menjadi pertanyaan calon mama. Semoga informasi di atas bisa menjawab rasa penasaran mama. 

    Baca juga:

    The Latest