TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

Bolehkah Ibu Hamil 2 Bulan Minum Air Kelapa?

Air kelapa muda sangat baik untuk ibu hamil. Tapi bolehkah dikonsumsi saat hamil dua bulan?

freepik/stockking

Bagi ibu hamil, kehamilan menjadi salah satu momentum berharga dan membahagiakan. Pada masa itu, para ibu hamil biasanya akan sangat berhati-hati dalam memilih makanan yang dikonsumsi agar tidak memberikan dampak buruk untuk dirinya maupun sang janin.

Selain itu, kandungan nutrisi menjadi hal yang tak kalah penting untuk diperhatikan, terutama jika kehamilan Mama masih berada di usia dua bulan atau trimester pertama. Pada tahap tersebut, organ tubuh bayi mulai mengalami perkembangan dan dioptimalkan melalui makanan atau minuman bernutrisi.

Salah satu minuman yang memiliki manfaat baik tersebut adalah air kelapa. Mama mungkin bertanya bolehkah ibu hamil 2 bulan minum air kelapa muda?

Nah, Popmama.com akan menjawab pertanyaan tersebut di bawah ini. Disimak, ya, Ma!

Bolehkah Ibu Hamil 2 Bulan Minum Air Kelapa?

freepik

Ibu hamil berusia dua bulan sangat diperbolehkan minum air kelapa muda karena mengandung elektrolit seperti kalium, magnesium, dan natrium yang bertugas untuk menghidrasi tubuh dengan baik. Hal ini penting karena kekurangan cairan atau dehidrasi selama kehamilan bisa menyebabkan komplikasi seperti infeksi saluran kemih atau persalinan prematur.

Elektrolit juga bertugas dalam mengoptimalkan fungsi otot dan saraf. Air kelapa muda juga mampu meningkatkan fungsi ginjal, menurunkan tekanan darah tinggi, serta meningkatkan kekebalan tubuh melalui kandungan antioksidan.

Bagi Mama yang ingin menjaga berat badan selama kehamilan, air kelapa muda sangat cocok untuk dikonsumsi karena rendah kalori dan kaya serat sehingga membantu menjaga berat badan tetap stabil.

Selain itu, air kelapa muda juga dapat menghilangkan kolestrol jahat secara perlahan dan mencegah penumpukan sel lemak yang berlebih. Dengan minum air kelapa, kesehatan sistem pencernaan terjaga dengan baik, melawan sembelit, dan mengatur pH.

Manfaat lain dari air kelapa muda adalah melancarkan metabolisme tubuh dan mendetoksifikasi berbagai racun. Morning sickness yang biasa terjadi pada awal kehamilan juga dapat teratasi dengan minum air kelapa secara rutin.

Vitamin C berperan dalam mendukung sistem kekebalan tubuh mama, meningkatkan kesehatan kulit, dan vitamin B menjadi sumber utama energi. Kesehatan tulang dan gigi Mama maupun janin diperkuat oleh kalsium dan fosfor yang terkandung di dalamnya.

Selama kehamilan, Mama mungkin akan merasakan kelelahan secara fisik yang berujung pada rasa nyeri di persendian dan otot. Hal ini dapat diatasi melalui konsumsi air kelapa muda karena mengandung magnesium yang berfungsi mengendurkan sistem saraf serta meredakan nyeri otot dan sendi.

Setelah berolahraga, Mama disarankan untuk mengonsumsi air kelapa untuk menggantikan elektrolit yang hilang.

Efek Samping Minum Air Kelapa Muda saat Hamil

freepik/kireyonok_yuliya

Meskipun air kelapa muda sangat bagus untuk dikonsumsi ibu hamil, minuman menyegarkan itu juga memiliki efek samping jika dikonsumsi secara berlebihan. Adapun efek sampingnya adalah sebagai berikut:

  1. Ketidakseimbangan elektrolit. Kandungan elektrolit pada air kelapa memang baik untuk tubuh tetapi jika dikonsumsi secara berlebihan dapat mengganggu keseimbangan elektrolit di dalam tubuh. Kelebihan kadar natrium disebut sebagai hyponatremia dan kelebihan kalium dalam tubuh disebut sebagai hiperkalemia. Kondisi ini menyebabkan detak jantung yang tidak teratur dan kelemahan otot.
  2. Gula yang tinggi. Air kelapa mengandung gula alami dalam jumlah yang cukup tinggi. Jika Mama memiliki riwayat penyakit diabetes, sebaiknya perhatikan jumlah atau batasan mengonsumsi air kelapa agar tidak menyebabkan tinggi kadar gula dalam darah.
  3. Kalori yang berlebih. Meskipun kalori yang dimiliki air kelapa cenderung rendah, tetapi konsumsi yang berlebihan mampu berkontribusi pada penambahan jumlah kalori dalam tubuh dan memicu kenaikan berat badan.
  4. Reaksi alergi. Jika Mama memiliki alergi terhadap kelapa, tidak menutup kemungkinan akan mengalami reaksi alergi setelah minum air kelapa. Gejala dari alergi tersebut seperti gatal-gatal dan bengkak.

Mencegah Efek Samping Air Kelapa Muda pada Ibu Hamil

Pexels/taryn elliott

Untuk mencegah terjadinya efek samping dari kelebihan minum air kelapa, Mama bisa melakukan beberapa cara di bawah ini:

  • Membatasi jumlah konsumsi sebanyak satu hingga dua porsi per hari dan tetap menjadikan air mineral sebagai minuman utama agar tidak menambah kadar gula dalam darah serta menjaga elektrolit tetap seimbang.
  • Pilihlah air kelapa segar yang didapat langsung dari kelapa dan bukan kemasan agar terhindar dari konsumsi gula atau pengawet buatan.
  • Kombinasikan dengan bahan makanan lainnya agar nutrisi yang didapat lebih lengkap.
  • Jika Mama memiliki riwayat alergi kelapa akan lebih baik untuk tidak mengonsumsinya.

Itulah informasi dan jawaban mengenai bolehkah ibu hamil 2 bulan minum air kelapa muda. Air kelapa muda sangat baik untuk ibu hamil selama dikonsumsi dalam batas yang wajar. Hal ini dilakukan untuk mengurangi risiko efek samping yang mungkin timbul.

Baca juga:

The Latest