TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

Hasil Test Pack 2 Garis Berjauhan, Apa Artinya?

Jangan sampai salah tes sehingga hasilnya positif palsu

Photo by cottonbro from Pexels

Ketika melihat hasil test pack dengan dua garis, biasanya ini diartikan sebagai tanda positif kehamilan. Namun, bagaimana jika dua garis tersebut tampak berjauhan? Apakah ini masih berarti positif atau ada arti lain.

Test pack kehamilan adalah alat yang sangat populer digunakan oleh banyak pasangan untuk mendeteksi kehamilan dengan cepat dan mudah. Meski begitu, hasilnya bisa menimbulkan kebingungan, terutama jika tampilannya tidak seperti yang diharapkan.

Sebagai informasi, test pack bekerja dengan mendeteksi human chorionic gonadotropin (hCG) di dalam tubuh perempuan. Hormon hCG sendiri secara otomatis diproduksi tubuh setelah sel telur yang sudah dibuahi menempel di dinding rahim.

Saat positif hamil, maka test pack akan memunculkan dua garis, sementara bagi mereka yang negatif hamil, maka test pack hanya menunjukkan satu garis.

Berikut Popmama.com rangkum apakah hasil test pack 2 garis berjauhan positif hamil?

1. Garis berjauhan bisa menandakan positif hamil

Pexels/RDNE Stock project

Ada banyak tafsir mengenai hasil test pack kehamilan. Termasuk dua garis yang berjauhan yang bisa diartikan sebagai hasil positif. Perlu diketahui bahwa setiap merek test pack akan memiliki jarak dan letak garis yang berbeda.

Sehingga dua garis yang berjauhan sebenarnya tidak benar-benar dapat didefinisikan. Jika dua garis yang berjauhan muncul dan keduanya merupakan garis penanda, maka besar kemungkinan ibu positif hamil.

Namun, pastikan juga bahwa dua garis yang muncul bukanlah garis batas rembesan urine pada alat tersebut. Jika ternyata dua garis yang berjauhan salah satunya adalah garis batas rembesan urine, hal ini menandakan Mama keliru dalam membaca hasilnya.

Maka, dapat disimpulkan bahwa dua garis yang muncul secara berjauhan pada test pack seharusnya tidak memengaruhi hasil interpretasi alat tersebut, jika keduanya merupakan garis penanda apalagi terlihat sangat jelas.

2. Ada baiknya memeriksakan diri ke dokter untuk hasil jelasnya

Pexels/Nataliya Vaitkevich

Oleh sebab itu, agar hasilnya lebih pasti, Mama bisa langsung memeriksakan diri ke dokter. Terutama jika Mama mengalami telat haid dan disertai oleh gejala kehamilan seperti mual dan muntah di pagi hari atau morning sickness.

Tujuannya tentu saja agar kehamilan dapat benar-benar dipastikan melalui pemeriksaan mendalam seperti USG.

Meski cukup akurat, alat penguji kehamilan seperti test pack juga dapat menunjukkan positif keliru saat digunakan akibat beberapa faktor. Misalnya penggunaan yang salah, efek samping penggunaan obat tertentu, adanya penyakit yang berkaitan dengan organ reproduksi, hingga terjadinya kehamilan ektopik.

3. Garis dua samar berjauhan apakah positif hamil?

Freepik/jcomp

Jika garis dua berjauhan tetapi jelas bisa diartikan hamil, bagaimana jika hasil test pack menunjukkan garis samar? Ini juga sering menjadi pertanyaan. Nah, jika Mama menggunakan test pack dan hasilnya menunjukkan dua garis yang samar, kemungkinan ibu hamil juga besar.

Dalam kasus ini, garis positif yang samar bisa saja disebabkan oleh rendahnya kadar hormon kehamilan (hCG). Perlu diketahui bahwa segera setelah terjadi pembuahan, maka tubuh perempuan akan mulai memproduksi hCG.

Ketika kehamilan berlanjut, maka tingkat hormon hCG pada tubuh juga akan berlanjut dan muncul pada urine. Tes kehamilan di rumah dirancang untuk mendeteksi hormon hCG tersebut, sehingga semakin banyak hormon tersebut pada tubuh, maka hasil tes positif akan menunjukkan garis yang jelas terlihat.

Itulah tadi ulasan mengenai hasil test pack 2 garis berjauhan. Semoga bisa menjawab kebingungan Mama mengenai hasil test pack.

Baca juga:

The Latest