TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

Bolehkah Ibu Hamil Minum Air Dingin Setiap Hari? Ini Fakatanya

Apakah minum air dingin setiap hari dapat memengaruhi kehamilan?

Freepik/yanalya

Penting untuk ibu hamil menjaga kebutuhan cairan tubuh tetap terpenuhi dengan cukup minum. Minum air dapat mencegah ibu hamil mengalami dehidrasi yang dapat membahayakan kehamilan.

Saat cuaca sedang terik, minum air dengan suhu dingin tentu dapat menyegarkan tubuh. Namun minum air dingin saat hamil masih menuai banyak pro dan kontra terlebih jika setiap hari.

Ada yang berkata air dingin dapat berdampak buruk bagi janin, ada juga yang mengatakan minum air dingin selama hamil boleh-boleh saja. Jadi, mana yang benar?

Berikut ini Popmama.com telah merangkum penjelasan mengenai bolehkah ibu hamil minum air dingin setiap hari. Simak, yuk, Ma!

Bolehkah Ibu Hamil Minum Air Dingin Setiap Hari?

freepik/jcomp

Selama kehamilan, ibu hamil memang disarankan untuk banyak minum air agar tubuh tetap terhidrasi. Kebutuhan cairan tubuh harian ibu hamil harus tercukupi agar tidak menyebabkan penyakit dan membahayakan janin.

Namun masyarakat masih percaya ibu hamil tidak disarankan untuk minum air dengan suhu dingin. Faktanya, minum air dingin selama hamil boleh-boleh saja, Ma.

Tidak ada bukti ilmiah yang mendukung pernyataan minum air dingin selama kehamilan dapat membahayakan janin. Selain itu, suhu dari minuman yang Mama konsumsi juga tidak memengaruhi tumbuh kembang janin, Ma.

Mitos Seputar Air Dingin yang Masih Banyak Dipercaya

Freepik/yanalya

Masih banyak beredar di masyarakat bahwa minum air dingin apalagi setiap hari dapat membahayakan janin di dalam kandungan. Ada beberapa mitos yang masih dipercaya sebagian ibu hamil meski tidak ada penjelasan ilmiahnya.

Misalnya, banyak yang beranggapan bahwa air dingin dapat menyebabkan janin memiliki masalah pernapasan saat lahir. Kemudian ada juga yang beranggapan minum air dingin saat hamil dapat menyebabkan bayi lahir besar.

Bukan hanya itu saja, minum air dingin selama hamil dapat membuat ibu hamil menjadi rentan gemuk. Hingga saat ini, mitos-mitos tersebut tidak memiliki penjelasan secara ilmian, sehingga Mama tidak perlu memercayainya.

Suhu Air Tidak Pengaruhi Janin

Unsplash/engin akyurt

Selain tidak memiliki bukti penjelasan secara ilmiah terkait larangan minum air dingin saat hamil, Mama juga tidak perlu khawatir sebab suhu minuman yang Mama konsumsi tidak akan pengaruhi janin.

Semua minuman termasuk air dingin yang Mama minum tidak memiliki perbedaan suhu, sebab suhu air es akan disesuaikan dengan suhu tubuh.

Dengan ini, minum air dingin tidak akan berdampak signifikan terutama pada kondisi janin di dalam kandungan, Ma.

Jangan Minum Air Dingin dengan Tambahan Pemanis

Freepik/kamranaydinov

Minum air dingin memang diperbolehkan sekalipun setiap hari, namun air yang diminum sebaiknya tidak diberi tambahan pemanis, ya, Ma. 

Air dingin yang diperbolehkan untuk dikonsumsi ibu hamil adalah air putih atau mineral. Ibu hamil justru disarankan untuk minum air putih sebanyak 2-3 liter dalam sehari atau 8-12 gelas setiap harinya.

Sebaiknya hindari konsumsi minuman manis sebab dapat membahayakan kesehatan Mama dan janin yang ada di dalam kandungan.

Bukan air dingin yang dapat menyebabkan bayi lahir besar, namun kandungan gula yang terdapat pada minuman dingin dengan pemanis, Ma.

Pastikan Air Dingin Bersih dan Higienis

Freepik

Mama juga harus memastikan kebersihan air dingin yang akan dikonsumsi, baik air dingin yang disimpan di kulkas atau air dingin dengan tambahan es batu. Jika air yang diminum tidak bersih, besar risiko bakteri dapat menjangkit tubuh mama.

Bakteri yang terdapat pada air yang Mama konsumsi dapat menyebabkan penyakit dan membahayakan janin. Untuk itu, sebaiknya Mama perhatikan hal-hal berikut sebelum minum air dingin:

  • Minumlah air kemasan agar kebersihannya terjamin,
  • Pastikan es batu yang ada pada air higienis dan dibuat dengan air yang sudah masak,
  • Es batu yang digunakan untuk mendinginkan berwarna bening dan bersih,
  • Pastikan tempat yang digunakan untuk minum juga bersih.

Nah, itu dia penjelasan mengenai bolehkah ibu hamil minum air dingin setiap hari. Ibu hamil boleh saja mengonsumsi air dingin setiap hari, asalkan tidak ditambahkan pemanis.

Semoga informasi di atas bermanfaat!

Baca juga:

The Latest