TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

7 Manfaat Buah Naga untuk Ibu Hamil Trimester Pertama

Buah naga jadi sahabat sehat bagi ibu hamil

Buah naga, atau pitaya, adalah salah satu buah super yang sangat baik untuk ibu hamil, terutama di trimester pertama. Dengan warna yang cerah dan rasa yang segar, buah ini tidak hanya menggugah selera, tetapi juga kaya akan nutrisi penting.

Dalam perjalanan kehamilan, Mama perlu ekstra perhatian pada asupan gizi agar si Kecil dapat tumbuh sehat.

Nah, Popmama.com sudah merangkum manfaat buah naga untuk ibu hamil trimester 1. Yuk, simak manfaatnya!

1. Meningkatkan sistem imun tubuh

Freepik

Mengonsumsi buah naga secara rutin saat hamil, dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh. Berdasarkan informasi dari Nutrients Journal, vitamin C yang terkandung dalam buah ini berfungsi sebagai antioksidan, berkontribusi dalam menjaga kekebalan tubuh.

Selain itu, antioksidan dalam buah naga dapat melindungi tubuh dari radikal bebas, yang dapat menyebabkan berbagai penyakit berbahaya bagi kesehatan ibu dan janin. Jadi, jangan ragu untuk menjadikan buah naga sebagai pilihan camilan sehat selama kehamilan, Ma.

2. Mencegah anemia

Freepik

Buah naga bisa jadi pilihan yang tepat untuk mencegah anemia selama trimester pertama kehamilan lho, Ma. Kandungan zat besinya membantu tubuh memproduksi hemoglobin, yaitu protein dalam sel darah merah yang berfungsi mengangkut oksigen ke seluruh tubuh.

Asupan zat besi yang cukup penting banget buat mencegah anemia dan menjaga kesehatan Mama serta si Kecil di dalam kandungan. Tidak cuma itu, buah naga juga mengandung vitamin C yang bantu tubuh menyerap zat besi dengan lebih baik.

3. Mengatasi sembelit

Freepik

Sembelit sering menjadi masalah pencernaan yang dialami oleh ibu hamil. Untuk meredakannya, Mama bisa mengonsumsi makanan tinggi serat seperti buah naga. Buah ini kaya akan serat yang dapat membantu memperlancar buang air besar.

Tak hanya itu, serat dari buah naga juga berfungsi untuk mengeluarkan racun dari tubuh dan menjaga kesehatan pencernaan mama.

4. Menjaga kestabilan kadar gula darah

Freepik

Mengonsumsi buah naga ternyata juga dapat membantu mengatur kadar gula darah. Dengan cara ini, buah naga berperan penting dalam mencegah risiko diabetes, termasuk diabetes gestasional pada ibu hamil.

Walaupun memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, diperlukan lebih banyak penelitian untuk mengonfirmasi efektivitas buah naga dalam pencegahan diabetes selama masa kehamilan.

Meski demikian, menambahkan buah ini ke dalam pola makan sehari-hari tetap merupakan langkah yang cerdas untuk mendukung kesehatan Mama dan janin.

5. Mengurangi risiko keguguran

Freepik

Peluang keguguran memang paling tinggi di trimester pertama, karena pada masa itu janin belum sepenuhnya kuat. Untuk membantu menurunkan risiko keguguran, Mama bisa rutin mengonsumsi buah naga.

Buah ini kaya akan asam folat yang berperan penting dalam meningkatkan kekuatan janin dalam kandungan. Dengan mengonsumsi buah naga secara teratur selama kehamilan, bisa membantu mengurangi kemungkinan terjadinya keguguran.

6. Meningkatkan kesehatan kulit

Freepik

Buah naga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan kulit ibu hamil, terutama karena kandungan vitamin C yang tinggi. Rutin mengonsumsinya dapat mengurangi masalah kulit seperti jerawat, kulit kering, garis halus, kerutan, dan flek hitam.

Selain itu, buah naga juga membantu detoksifikasi kulit, menjaga agar kulit dapat bernapas dengan baik, dan memberikan tampilan glowing. Dengan memperbaiki sel-sel kulit yang rusak, buah naga membantu Mama menjaga penampilan agar tetap awet muda.

7. Menurunkan risiko infeksi

Freepik

Infeksi dari berbagai mikroba bisa jadi sangat berbahaya bagi janin. Virus, bakteri, atau parasit dapat menembus plasenta dan sampai ke bayi, sehingga janin dalam kandungan bisa terancam.

Namun, Mama jangan khawatir! Buah naga memiliki banyak manfaat untuk ibu hamil muda, salah satunya membantu regenerasi sel yang penting dalam proses penyembuhan luka. Dengan begitu, tubuh ibu hamil bisa mencegah infeksi lebih lanjut.

Selain itu, buah ini juga memiliki sifat antijamur dan antibakteri, yang membantu mengatasi mikroba yang tidak sengaja masuk ke dalam tubuh.

Itu tadi manfaat buah naga untuk ibu hamil trimester 1. Dengan berbagai manfaat yang luar biasa, tidak ada alasan untuk tidak memasukkan buah naga dalam menu harian Mama selama kehamilan. Selain enak, buah ini juga dapat mendukung kesehatan Mama dan si Kecil. Selamat menikmati kehamilan yang sehat dan penuh warna!

Baca juga:

The Latest