TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

Bolehkah Mengonsumsi Sup Miso Khas Jepang saat Hamil?

Sebelum Mama mencobanya, simak dulu penjelasannya ya

Wikipedia

Miso adalah bumbu masakan Jepang yang populer, dibuat dari fermentasi kacang kedelai dengan koji dan garam. Bahan-bahan seperti jelai, beras, dan rumput laut juga terkadang digunakan selama fermentasi.

Setelah fermentasi, residunya adalah pasta miso kental yang dapat digunakan untuk beragam masakan, salah satunya adalah sup miso.

Kaya akan vitamin B, E, K, asam folat, mineral, dan protein. Semua ini baik meningkatkan kesehatan usus. Miso cukup populer, tidak hanya di Jepang.

Namun apakah ini aman untuk dikonsumsi oleh ibu hamil? Berita baiknya, konsumsi sup miso dapat membantu meringankan ketidaknyamanan terkait kehamilan seperti gangguan pencernaan, gas, kembung, dan sembelit. Semangkuk sup miso juga tidak mengandung banyak kalori.

Tapi sebelum Mama memutuskan untuk mengonsumsinya, simak dulu penjelasan tentang mengonsumsi sup miso khas Jepang saat hamil, keamanan dan manfaatnya pada ulasan Popmama.com berikut ini ya.

Apakah Ibu Hamil Boleh Mengonsumsi Sup Miso?

Wikipedia/Ocdp

Biasanya sup miso dianggap aman untuk kehamilan. Tapi, itu juga tergantung pada bahan dalam sup tersebut. Ada banyak varian sup miso di pasaran. Jadi, sulit untuk menandai mana yang aman dan tidak.

Mama juga harus memperhatikan kandungannya, terutama karena sup miso memiliki banyak sodium di dalamnya. Hal ini dapat menyebabkan retensi air dalam tubuh, sehingga menyebabkan kembung pada ibu hamil, khususnya pada trimester ke-2 atau ke-3.

Berikut beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum mengonsumsi sup miso atau pasta miso:

  • Jangan membeli sup miso instan karena memiliki kandungan natrium yang tinggi.
  • Gunakan sup miso yang lebih ringan yaitu miso putih. Jangan mengkonsumsi varietas yang lebih gelap seperti miso coklat dan merah (kandungan natrium tinggi).
  • Pilih miso yang difermentasi secara alami dan tidak dipasteurisasi.
  • Jangan rebus miso. Perebusan menyebabkan hilangnya enzim alami. Hangatkan perlahan dan angkat dari api sebelum mulai mendidih.

Apakah sup miso aman untuk dikonsumsi di setiap trimester kehamilan? Ya, ibu hamil bisa mengonsumsi sup miso di semua trimester.

Satu-satunya syarat adalah untuk mengawasi label. Terutama pada trimester ke-3, jangan makan makanan yang mengandung natrium tinggi. Jangan melewati batas asupan natrium dan garam harian.

Bahan-bahan yang Terkandung dalam Sup Miso

Unsplash/White.Rainforest

Selain kandungan natrium, beberapa bahan tidak cocok untuk Mama jika sedang hamil. Berikut daftarnya:

  • Telur

Telur mentah atau berair tidak cocok dikonsumsi saat hamil. Jika sup miso memiliki telur, goreng atau rebus sampai kuningnya matang.

  • Seafood

Sup miso dengan seafood seperti udang, kerang, dan udang harus dimasak hingga matang.

  • Sayuran laut dan rumput laut

Ini adalah bahan umum sup miso. Namun, pastikan ini juga dimasak dengan matang.

  • Kedelai atau tahu

Tahu aman dikonsumsi saat hamil. Namun, ibu hamil yang didiagnosis dengan hipotiroidisme atau kanker payudara harus membatasi konsumsi kedelai. Karena miso sudah memiliki jumlah kedelai yang baik di dalamnya, akan lebih baik jika menghindari kedelai dalam bentuk lain.

  • Sayuran

Sayuran digunakan sebagai topping dalam sup miso. Pastikan sayuran dicuci bersih dan aman dikonsumsi.

  • Mi

Mi aman dikonsumsi saat hamil tetapi dalam jumlah yang lebih sedikit. Itu karena kandungan pati yang tinggi di dalamnya.

  • Pasta miso buatan sendiri atau tidak dipasteurisasi

Hindari mengonsumsi pasta miso buatan sendiri. Itu karena ada kemungkinan kontaminasi silang di rumah selama atau setelah fermentasi. Namun, pasta miso yang diproduksi secara komersial aman dikonsumsi selama kehamilan. Karena ini diproduksi di pabrik yang steril sehingga lebih aman untuk ibu hamil.

  • Sake dan mirin

Sup tradisional Jepang ini mengandung sake dan mirin untuk menambah rasa. Alkohol sepenuhnya dimasak dalam resep dan tidak memengaruhi kehamilan.

Manfaat Konsumsi Sup Miso saat Hamil

Unsplash/GTrình Minh Thư

Konsumsi sup miso memberikan beberapa manfaat bagi ibu hamil, seperti:

  • Sup miso merupakan sumber mangan, seng, tembaga, vitamin K, dan riboflavin yang sangat baik.
  • Sup miso kaya akan protein dan memastikan perkembangan mama dan janin yang sehat. Sup miso juga membuat Mama merasa kenyang lebih lama.
  • Memilih bahan yang tepat untuk mangkuk sup miso akan membuatnya menjadi makanan yang lengkap.

Apakah Sup Miso Dapat Meredakan Morning Sickness?

Freepik/Racool_studio

Tidak ada laporan atau bukti klinis yang mendukung keyakinan ini. Namun, banyak ibu hamil melaporkan bahwa mual di pagi hari berkurang karena konsumsi sup miso.

Akan sangat bagus jika Mama mulai mencobanya dalam jumlah kecil. Jika Mama belum pernah mencoba sebelumnya, amati reaksi setelah mengonsumsi sup miso. Itu karena setiap kehamilan berbeda karena tubuh yang terlibat berbeda. Jadi, sesuatu yang bekerja untuk Mama mungkin tidak bekerja untuk orang lain.

Jadi, Mama boleh mengonsumsi sup miso khas Jepang saat hamil namun tetap perhatikan beberapa faktor keamanannya ya, Ma. Apa makanan Jepang kesukaan mama?

Baca juga:

The Latest